top of page
  • kevramadhani

4 Permasalahan stock management dan cara mengatasinya

Aktivitas manajemen stok barang dalam gudang merupakan hal yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Namun realitanya, terdapat beberapa perusahaan yang mengesampingkan pentingnya stock management. Sehingga dalam proses manajemen, perusahaan banyak dihadapkan dengan beragam permasalahan, seperti kualitas produk yang tidak merata ataupun penurunan keuntungan perusahaan.


Salah satu solusi jitu untuk menghadapi permasalahan stock management yaitu dengan melakukan implementasi software manajemen stok barang. Perlu diperhatikan bahwa penerapan software tersebut bertujuan untuk meningkatkan performa stock management. Berikut permasalahan yang umum terjadi saat manajemen stok barang dan bagaimana peran software manajemen menjadi solusi dari permasalahan tersebut.


Permasalahan umum saat proses Stock Management

Permasalahan saat stock management

Pengelolan stok barang dalam gudang perlu dipantau secara menyeluruh. Tujuannya, agar perusahaan dapat mengoptimalkan titik tertentu ketika terjadi permasalahan. Berikut beberapa permasalahan yang banyak ditemukan saat melakukan stock management :


Jumlah stok barang yang tidak akurat

Memiliki hasil pencatatan stok barang yang sama dengan jumlah stok barang fisik pada gudang merupakan hal yang tidak mudah, terlebih lagi jika pencatatan dilakukan dengan cara manual. Selain itu, kendala selisih jumlah stok barang dapat disebabkan karena staff gudang atau human error. Dengan pencatatan manual, tentu hasil pencatatan bisa saja hilang, sehingga staff gudang kesulitan untuk menyamakan jumlah stok barang saat proses stock management berlangsung.


Lokasi penyimpanan dalam gudang tidak efektif

Tiap perusahaan tentu memiliki pengaturan lokasi penyimpanan stok barang yang berbeda dalam gudang, bergantung pada jenis bisnis dan standar yang ada. Tetapi, dalam kenyataanya masih banyak perusahaan yang memiliki gudang tidak melakukan stock management dengan baik. Sebagai contoh, tidak ada pemisahan atau pengelompokkan stok barang berdasarkan klasifikasinya. Lokasi penyimpanan stok barang yang tidak sesuai dengan jenisnya sering kali menimbulkan permasalahan seperti terhambatnya arus stok barang yang masuk dan keluar gudang. Sehingga, proses stock management menjadi kurang optimal dalam mempersiapkan stok barang untuk memenuhi pesanan.


Solusi dari penyimpanan yang kurang efektif yaitu dengan menerapkan sistem layouting gudang. Tentunya solusi ini bisa dilakukan baik pada area penyimpanan yang luas maupun juga area gudang yang kecil. Menerapkan layout gudang dapat membantu meningkatkan efektifitas proses stock management.


Permintaan Stok Barang yang berubah

Permasalahan stock management juga bisa diakibatkan oleh faktor eksternal, seperti yang masih dihadapi saat ini, yaitu pandemi. Pola perubahan aktivitas masyarakat berdampak pada daya konsumsi dan pembelian. Hal ini mengakibatkan perubahan yang cepat pada permintaan stok barang. Sehingga stok barang yang tersimpan dalam gudang tak mampu mendatangkan penjualan. Jika perusahaan kurang mampu beradaptasi, tentu saja akan mengalami kerugian. Sehingga, perusahaan perlu memiliki riwayat data stock management secara lengkap dan terintegrasi, agar dapat melakukan perkiraan permintaan pasar dan selalu siap menghadapi permintaan stok barang yang berubah.


Stok Barang memiliki Kualitas yang tidak merata

Staff gudang yang terlibat dalam aktivitas stock management umumnya memiliki tanggung jawab yang dirangkap, seperti staff pengambilan barang di gudang juga melakukan packing sekaligus kontrol kualitas. Padahal, merangkap pekerjaan justru akan menurunkan performa staff gudang. Perusahaan perlu melibatkan beragam staff gudang untuk proses tertentu dalam stock management. Sebagai contoh manajer gudang dapat melakukan kontrol kualitas stok barang. Selain itu, staff gudang yang bertanggung jawab pada saat inbound ataupun outbound stok juga dapat melakukan kontrol kualitas.


Atasi Permasalahan Stock Management dengan Software Manajemen Stok Barang

optimalisasi proses stock management dengan Software Manajemen Stok Barang

Untuk dapat mengatasi permasalahan yang umum terjadi pada proses stock management, perusahaan perlu mempertimbangkan implementasi software sebagai solusi. Dengan menerapkan software manajemen stok barang perusahaan dapat melakukan proses manajemen yang lebih efisien, efektif dan akurat. Dengan begitu, permasalahan seperti yang telah disebutkan diatas dapat diatasi. Selain itu, stock management yang baik bekerja dengan berbasis data. Sehingga, perusahaan dapat memiliki perkiraan permintaan, melakuakan evaluasi dan mengambil kebijakan yang tepat untuk meningkatakan bisnis.


Sebagai startup penyedia Software Manajemen Stok Barang, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Software Manajemen Stok Barang Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses manajemen secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi permasalahan stock management melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan beragam keuntungan dengan menerapkan Software Manajemen Stok Barang Prieds pada bisnis Anda.

5 tampilan0 komentar