Memaksimalkan kinerja Staf Gudang dengan Aplikasi Manajemen Gudang

Diperbarui: 14 Sep

Perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur dan distributor tentu memiliki area gudang sebagai penyimpanan stok barang. Beberapa bahkan memiliki gudang yang tersebar diberbagai wilayah guna mempermudah pemenuhan permintaan konsumen.


Dalam proses manajemen gudang perlu ada individu-individu yang bertugas untuk melakukan kontrol terhadap stok barang. Tugas tersebut biasa dilakukan oleh Staf gudang. Apa itu Staf gudang dan apa saja tugasnya? Simak tulisan berikut.


Pengertian Staf Gudang

pengertian staf gudang

Perusahaan yang memiliki gudang perlu memiliki staf yang ditugaskan untuk melakukan manajemen gudang. Staf gudang adalah orang - orang yang bekerja di area penyimpanan atau gudang untuk melakukan beragam aktivitas manajemen gudang, seperti memastikan dan mengatur keluar masuk barang, packing, picking dan juga menata area gudang agar mempermudah proses perpindahaan stok barang.


Tugas Staf Gudang

Agar proses bisnis lancar, Staf gudang perlu melakukan beberapa tugas yang berkaitan dengan manajemen gudang, diantaranya :


Melakukan Pencatatan Stok Barang

Melakukan Pencatatan Stok Barang

Proses manajemen gudang dimulai ketika ada stok barang yang masuk dan keluar. Pada tahap ini, staf gudang perlu melakukan pencatatan dan pendataan stok baru secara detail. Fungsinya, agar stok barang yang baru masuk tidak tercampur dengan stok lama dan juga akan mempermudah proses quality control barang. Melakukan pencatatan stok barang juga berfungsi untuk menyamakan jenis dan jumlah pesanan dengan stok barang yang dikirim atau diterima.


Menyusun Stok Barang sesuai Lokasi Penyimpanan

Setelah pendataan stok barang dilakukan, staf gudang perlu menyimpan stok tersebut sesuai kategori jenis dan ukurannya. Biasanya, untuk mempermudah pencarian stok barang, perusahaan akan menerapkan sistem racking yang telah diberi label, dan staf gudang akan melakukan penyimpanan sesuai lokasi yang ditentukan. Melakukan proses menyusun dan menyimpan stok barang perlu dilakukan staf secara hati-hati dan teliti. Tujuannya agar mempermudah proses pendataan, pencarian, pengambilan serta quality control stok barang pada gudang.


Quality Control berkala pada Stok Barang

Quality Control Stok Barang pada Gudang

Untuk menjaga kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap produk, tentunya perusahaan perlu menjaga kualitas barangnya. Melakukan kontrol kualitas stok barang dilakukan oleh Staf gudang secara detail. Proses ini perlu dilakukan sejak stok barang datang, penataan hingga pengiriman. Pencatatan detail seperti tanggal stok datang maupun kadaluarsa juga perlu diperhatikan. Dengan begitu kualitas barang akan merata dan tetap terjaga hingga sampai pada konsumen.


Mempersiapkan Stok Barang Untuk Didistribusi

Salah satu tugas Staf gudang adalah pengambilan dan packing stok barang untuk didistribusikan. Agar dapat memenuhi order secara akurat, proses ini wajib dilakukan dengan teliti dan melakukan pengecekan kembali. Selain itu, staf gudang juga membuat laporan pengiriman stok barang sesuai dengan order yang diterima. Dengan begitu stok barang yang terkirim akan sesuai dan jumlah sisa stok pada gudang juga akan terupdate.


Tingkatkan Produktivitas Staf dengan Aplikasi Gudang dari Prieds

Agar proses manajemen gudang menjadi lancar, perusahaan perlu melakukan investasi pada aplikasi gudang Prieds. Penerapan aplikasi gudang dari Prieds dapat membantu bisnis untuk mengumpulkan data dan memantau aktivitas pada gudang. Selain itu, kinerja staf gudang akan jauh lebih optimal sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian baik dari segi waktu, maupun biaya. Proses manajemen gudang seperti, layouting area penyimpanan pada gudang, jumlah stok barang memantau proses Inbound, Inventory Outbound hingga Purchase Order dan beragam tugas staf gudang dapat diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat dan juga akurat.

Tingkatkan Produktivitas Staf dengan Aplikasi Gudang dari Prieds

Penerapan Warehouse Management System memiliki banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.


18 tampilan0 komentar