top of page

Digitalisasi manajemen stok barang untuk hadapi tahun 2023 dengan Sistem Gudang Prieds

Saat ini hampir seluruh sektor bisnis memanfaatkan teknologi digital untuk mencapai potensi kinerja yang lebih optimal. Salah satu digitalisasi bisnis yaitu pada proses manajemen gudang. Dengan menerapkan sistem gudang (WMS), perusahaan dapat memiliki kontrol lebih pada proses manajemen stok barang dan meningkatkan potensi kinerja manajemen.


Sepanjang tahun 2022, banyak tantangan yang dihadapi oleh perusahaan tertama dalam melakukan manajemen stok barang dalam gudang. Beberapa permasalahan tersebut datang akibat dampak dari COVID-19. Berkaca dari sepanjang tahun ini, perusahaan perlu mempersiapkan sistem pergudangan yang baik agar siap menghadapi tantangan pada tahun 2023.


Pentingnya digitalisasi proses manajemen stok barang dengan sistem gudang (WMS)

pentingnya digitalisasi manajemen stok barang dengan sistem gudang Prieds

Sistem gudang atau WMS memberikan kontrol penuh pada perusahaan untuk memantau, mengevaluasi dan optimalisasi manajemen stok barang dalam gudang. Melalui penerapan sistem gudang perusahaan bisa mengelola hal-hal yang berkaitan dengan manajemen stok barang agar lebih tersusun, mulai dari proses penerimaan stok barang, produksi, penyimpanan, hingga pengiriman.


Digitalisasi proses manajemen stok barang sudah menjadi hal yang penting, agar perusahaan dapat tetap bersaing dan memenuhi permintaan konsumen secara cepat dan akurat. Di tengah kondisi pasar yang tidak pasti, membuat proses digitalisasi menjadi opsi terbaik agar perusahaan siap dengan tantangan di tahun 2023. Salah satunya, melalui fitur integrasi data yang berguna untuk menghitung perkiraan kebutuhan stok barang.


Beberapa kelebihan dari penerapan Sistem Gudang

kelebihan dari penerapan Sistem Gudang Prieds

Sebelum implementasi sistem gudang, tentu perusahaan perlu terlebih dahulu mengetahui kelebihan dari fitur-fitur yang ditawarkan. Pertimbangan lain dari perusahaan sebelum melakukan implementasi yaitu berdasarkan pada ketahanan sistem gudang terhadap kondisi yang tidak pasti. Berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan dari implementasi sistem gudang :


Tersedia Fitur terbaru yang Fungsional

Sistem Gudang dilengkapi berbagai fitur yang fungsional bagi manajemen gudang perusahaan. Fitur-fitur tersebut dapat meningkatkan kinerja pengelolaan pergudangan yang tidak bisa dilakukan secara optimal oleh sistem konvensional. Misalnya, pencatatan stok barang masuk, rekap data yang terpusat dan cepat dengan IoT dan juga kemampuan untuk mengetahui perkembangan kinerja manajemen stok barang dari kumpulan data yang ada.


Selain itu, sistem gudang memiliki fitur terbaru dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini dapat dilakukan karena sistem gudang menerapkan IoT dan juga sistem cloud. Sehingga dengan penerapan sistem gudang, perusahaan dapat lebih berfokus untuk melakukan evaluasi dan optimalisasi kinerja agar bisnis dapat berkembang.


Mengoptimalkan penggunaan biaya operasional

Melakukan implementasi sistem gudang memang terbilang tidak murah. Akan tetapi, sistem gudang merupakan investasi bagi kinerja perusahaan. Jika dilihat dari perhitungan jangka panjang, biaya pengeluaran perusahaan justru bisa lebih hemat.


Sistem gudang memberikan kontrol penuh pada perusahaan terkait pergudangan. Sehingga, perusahaan dapat memantau penggunaan alat, jumlah tenaga kerja hingga mengukur waktu dati tiap proses yang ada dalam manajemen gudang. Dari kumpulan data tersebut, perusahaan dapat mengetahui biaya operasional yang dibutuhkan dalam waktu tertentu dengan cepat dan akurat. Sehingga, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan biaya operasional berdasarkan hasil data yang ada.


Penggunaan Sumber Daya Perusahaan yang lebih efektif dan efisien

Penggunaan sumber daya untuk pengelolaan gudang jadi lebih efektif dan efisien berkat penerapan sistem gudang. Baik dari penggunaan staff gudang hingga pengadaan stok barang akan lebih optimal sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemenuhan pesanan. Sistem gudang memberikan kemudahan akses informasi terhadap data-data yang dibutuhkan, seperti jadwal kedatangan stok barang, pekerjaan yang harus dilakukan hingga pengiriman.


Menjaga kualitas produk dan meningkatkan pelayanan

Terakhir, sistem gudang dapat membantu perusahaan untuk menjaga kualitas produk serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen. Mulai dari proses stok barang masuk, pencatatan dan pendataan sudah dilakukan untuk mengetahui lokasi penyimpanan dan usia stok barang. Dengan begitu, ketika konsumen melakukan pesanan, perusahaan dapat mempersiapkan dengan lebih cepat dan akurat. Selain itu, dengan adanya sistem gudang, perusahaan dapat menjadwalkan pengiriman stok barang untuk memenuhi permintaan, sehingga mengurangi terjadinya keterlambatan penerimaan dari sisi konsumen. Dengan menjaga kualitas produk dan meningkatkan pelayanan, perusahaan akan mendapatkan kepuasan pelanggan yang berdampak baik bagi kredibilitas bisnis perusahaan.



Siap hadapi tantangan manajemen stok barang tahun 2023 dengan menggunakan Sistem Gudang Prieds

Setiap tahun, bisnis akan dihadapkan dengan berbagai jenis tantangan. Terlebih lagi, tantangan yang belum terpecahkan dari COVID-19. Tahun 2023 juga tidak menutup kemungkinan perusahaan akan dihadapkan dengan problematika serupa. Untuk itu perusahaan harus selalui siap untuk menghadapi tantangan manajemen stok barang di tahun 2023. Salah satunya, dengan melakukan digitalisasi manajemen dengan menerapkan sistem gudang Prieds.


Dengan melakukan implementasi sistem pada proses pengelolaan stok barang, perusahaan dapat melakukan pengawasan, evaluasi dan optimalisasi pada aktivitas pergudangan secara akurat dan cepat. Selain itu, perusahaan dapat dengan lebih mudah untuk mengukur kinerja sistem gudang, serta memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen.


Sebagai startup penyedia Sistem Pengelolaan Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam kelebihan yang ditawarkan oleh Software Manajemen Gudang Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses manajemen stok barang dalam gudang secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen stok barang melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Sistem Gudang Prieds pada bisnis Anda.


173 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page