• kevramadhani

Manfaat data manajemen gudang yang terintegrasi bagi bisnis

Kemudahan yang ditawarkan dari penerapan teknologi membantu efisiensi proses bisnis berbagai industri. Mulai dari sistem produksi industri manufaktur, pengelolaan stok barang bisnis distribusi hingga toko ritel dapat memanfaatkan perangkat IoT dan sistem manajemen.


Sebagian besar industri bertumpu pada manajemen pergudangan sebagai inti dari proses bisnisnya. Untuk itu, seluruh data aktivitas yang berkaitan dengan stok barang dan gudang perlu disimpan secara terorganisir.


Penerapan sistem manajemen pergudangan memungkinkan perusahaan untuk melakukan integrasi data kedalam satu sistem yang dapat diakses oleh berbagai pihak dengan tingkatan tanggungjawabnya. Sehingga, evaluasi, analisis dan pengambilan keputusan manajemen didasari oleh data gudang yang akurat.


Beberapa manfaat integrasi data gudang bagi bisnis

Sistem pendataan yang terintegrasi pada satu sistem memiliki beragam manfaat bagi perusahaan. Proses bisnis pun juga menjadi lebih efisien, efektif dan optimal. Perusahaan anda dapat merasakan beberapa manfaat berikut setelah menerapkan integrasi data gudang :


Pencatatan Stok Barang otomatis terupdate pada sistem

data pencatatan stok barang terintegrasi pada sistem manajemen gudang

Kelebihan dari implementasi teknologi pada proses bisnis yaitu konektivitas dari perangkat keras (RFID, Barcode Scanner, CCTV) dan perangkat lunak. Proses pencatatan dan pendataan stok barang menjadi lebih presisi, efisien dan efektif.


Data dari pencatatan tersebut secara otomatis akan masuk kedalam sistem yang dapat diakses dari berbagai perangkat. Data yang termuat pada sistem lebih akurat dan tidak lagi terduplikasi. Hal ini akan membantu tahap evaluasi proses bisnis dan pengambilan keputusan yang lebih baik.


Memproyeksikan kebutuhan Stok Barang secara presisi

integrasi data gudang mempermudah proyeksi kebutuhan stok barang

Integrasi data gudang yang terintegrasi juga mempermudah staff untuk memperkirakan kebutuhan bahan baku atau pengadaan stok. Data gudang seperti stok barang masuk, keluar dan kualitas produk dapat terpantau secara menyeluruh pada sistem. Data tersebut dapat menunjukkan kebutuhan gudang dan juga dipakai sebagai acuan dalam memproyeksi pengadaan stok barang. Sehingga manajemen gudang berjalan dengan optimal dan perusahaan dapat menjaga stok barang sekaligus memenuhi permintaan konsumen.


Menekan biaya operasional manajemen gudang

integrasi data manajemen gudang menekan biaya operasional

Kegiatan mengelola gudang seperti peletakan stok barang, packing, pengadaan stok barang, penggunaan perangkat teknologi dapat diawasi dengan detail. Manajer gudang selaku pengawas dapat memanfaatkan data tersebut untuk menggunakan biaya operasional gudang secara hemat. Baik dari penggunaan sumber daya, pengiriman, perawatan perangkat dan kebutuhan gudang dapat dioptimalisasi penggunaannya sehingga biaya operasional dapat ditekan tanpa mempengaruhi performa manajemen gudang.


Proses analisis akurat dan pengambilan keputusan yang cepat

integrasi data mempermudah evaluasi dan percepat pengambilan keputusan

Seluruh data aktivitas gudang yang terintegrasi menjadi satu tentu akan mempermudah proses pengawasan. Selain itu, dengan data yang lengkap, manajer dan petinggi perusahaan dapat melakukan berbagai analisis, seperti penjualan, produk terlaris, pengeluaran hingga performa manajemen gudang. Proses analisis data yang akurat kemudian dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Baca Juga:

  1. Minimalisir dokumen hilang saat mengelola gudang dengan Penerapan WMS

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. WMS Prieds: Tingkatkan efisiensi ekosistem supply chain


Integrasi data manajemen pergudangan yang cepat dan mudah dengan WMS Prieds

Manajemen pergudangan yang baik memiliki data yang terorganisir dan akurat. Untuk itu, perusahaan sudah saatnya untuk menerapkan sistem seperti WMS yang dapat mempermudah integrasi data menjadi terpusat. Karena, jika mengelola data dilakukan secara manual membuat keseluruhan proses manajemen gudang tidak efisien dan rentan terhadap kesalahan.


Sebagai startup penyedia Warehouse Management System dan Enterprise Resource Planning System di Indonesia, Prieds Technology hadir sebagai solusi tantangan manajemen pergudangan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan sistem WMS dan juga ERP.


Proses integrasi data gudang cepat dan mudah perlu menjadi pertimbangan bagi perusahaan anda yang belum mengimplementasikan sistem manajemen pergudangan. Beragam fitur dari ERP Prieds dapat membantu bisnis anda lebih efisien, efektif dan optimal.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi supply chain management dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.


1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua