• kevramadhani

Minimalisir dokumen hilang saat mengelola gudang dengan Penerapan WMS

Diperbarui: 13 Okt

Manajemen gudang yang baik tentu memiliki sistem pendataan yang terorganisir. Namun kenyataannya pendataan seluruh aktivitas pengelolaan gudang masih rentan terhadap permasalahan. Salah satu permasalahan yang umum terjadi yaitu dokumen hilang yang sering kali diakibatkan oleh human error.


Sudah seharusnya pelaku bisnis memiliki sistem manajemen dokumen yang terorganisir dan efisien. Manajemen gudang dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari permasalahan seperti dokumen hilang.


Dampak Dokumen Hilang bagi Perusahaan

Permasalahan dokumen hilang memiliki dampak bagi keseluruhan manajemen gudang dan bisnis anda. Perlu dilakukan evaluasi dan optimasi sistem pengelolaan dokumen untuk dapat meminimalisir resiko dari kendala ini.

dampak dokumen hilang bagi manajemen gudang

Jika manajemen gudang pada bisnis anda sering mengalami kehilangan dokumen, maka besar dampak yang akan dirasakan perusahaan, diantaranya :


Terjadi selisih jumlah stok barang

selisih jumlah stok barang akibat dokumen hilang

Salah satu aset pada gudang yang harus dikelola dengan baik adalah stok barang. Mengelola stok barang ini bukanlah hal yang mudah, karena perusahaan tidak hanya memiliki catatan tulis saja tetapi stok di gudang harus sesuai. Selisih jumlah stok barang bisa disebabkan karena dokumen hilang, sehingga staff perlu melakukan pencatatan ulang. Selain tidak efisien dari waktu, selisih jumlah stok barang juga dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.


Proses manajemen gudang tidak optimal

dokumen hilang menyebabkan manajemen gudang tidak optimal

Beragam dokumen saat proses manajemen gudang wajib disimpan dengan baik. Karena seluruh alur stok barang memerlukan dokumen pendamping yang lengkap. Jika dokumen pada salah satu tahap manajemen gudang hilang, maka perlu dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Hal ini tentu memakan banyak waktu dan membuat proses manajemen gudang berjalan dengan tidak optimal.


Biaya operasional tidak terkendali

biaya operasional tidak terkendali akibat dokumen hilang

Dokumen hilang saat melakukan manajemen gudang juga memiliki dampak pada pengeluaran perusahaan. Biaya operasional untuk mengelola gudang menjadi tidak terkendali karena proses pengelolaan tidak efisien. Pengecekan dan pembuatan ulang dokumen oleh staff gudang, pengadaan stok barang hingga pengiriman produk yang berulang akan memakan banyak biaya operasional. Jika permasalahan dokumen hilang tidak segera teratasi, maka perusahaan akan mengalami kerugian.


Analisis penjualan yang tidak akurat

analisis penjualan tidak akurat akibat dokumen hilang

Pentingnya memiliki dokumen yang lengkap membantu proses analisis dan evaluasi kinerja manajemen gudang. Permasalahan dokumen hilang berdampak pada hasil evaluasi yang tidak akurat. Selain itu, analisis penjualan juga terganggu, dan menyebabkan keputusan yang diambil tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Baca Juga:

  1. Area Gudang Terbatas? Berikut Tips Memaksimalkan Penyimpanan barang di Gudang

  2. Cek Otomatis Stok dengan Sistem Manajemen Gudang (WMS)

  3. Dorong Sistem Logistik Indonesia dengan Warehouse Management System


Minimalisir dokumen hilang dengan penerapan sistem WMS

Agar manajemen gudang berjalan dengan optimal dan terhindar dari permasalahan dokumen hilang, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk menerapkan sistem WMS. Selain mengatasi kendala diatas, banyak dampak yang didapat oleh perusahaan, diantaranya :


Manajemen dokumen terorganisir dan terintegrasi pada satu sistem

Manajemen dokumen terorganisir dan terintegrasi pada sistem wms

Seluruh aktivitas pencatatan, pengelolaan dan pengumpulan dokumen manajemen gudang menjadi terorganisir dengan sistem WMS. kelebihan dari sistem ini terletak pada integrasi data dan dokumen kedalam satu sistem yang dapat diakses oleh seluruh pihak. Perusahaan dapat meminimalisir terjadinya dokumen hilang dan terhindar dari kendala lain dengan sistem WMS. Sehingga proses lain pada manajemen gudang dapat berjalan dengan optimal.


Pengawasan menyeluruh pada aktivitas Manajemen Gudang

pengawasan manajemen gudang menyeluruh dengan sistem wms

Selain integrasi data dan dokumen yang terpusat, penerapan sistem WMS membantu staff melakukan manajemen gudang dengan efisien. Manajer dan Petinggi perusahaan juga memiliki akses penuh untuk melakukan pengawasan aktivitas gudang. Beragam kendala manajemen gudang dapat dihindari dan proses evaluasi kinerja dapat dilakukan dengan optimal.


Otomasi perhitungan dan analisis dokumen dengan sistem WMS

sistem wms mempermudah manajemen gudang untuk analisis dokumen

Sistem WMS yang telah diimplementasikan pada perusahaan dapat membantu proses perhitungan dan analisis penjualan maupun pendapatan secara akurat. Data dan dokumen yang lengkap dan terorganisir membantu manajer dan petinggi perusahaan untuk melakukan pengawasan dan pengecekan aktivitas gudang.


Data penjualan, jumlah stok, pengadaan dan sebagainya juga dapat dilacak, sehingga hasil analisis yang didapat lebih akurat. Dengan begitu, keputusan yang diambil, baik untuk strategi penjualan, pengembangan produk maupun optimalisasi proses manajemen gudang, akan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Untuk mendapatkan sistem WMS terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Prieds Technology, startup penyedia Warehouse Management System dan Enterprise Resource Planning System di Indonesia hadir sebagai solusi permasalahan supply chain management melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan sistem WMS dan juga ERP. Beragam fitur dari ERP Prieds dan WMS Prieds dapat membantu bisnis anda untuk mengatasi permasalahan pada proses supply chain seperti dead stock.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi supply chain management dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua