• kevramadhani

Dorong Sistem Logistik Indonesia dengan Warehouse Management System

Diperbarui: 28 Sep

Belanja online sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia, terutama dengan adanya pandemi. Namun, durasi pengiriman menjadi problematika yang banyak dirasakan oleh pembeli online.


Permasalahan serupa juga ditemukan pada pengiriman paket, salah satunya seperti pengiriman kendaraan. Kendala ini tentu perlu untuk ditangani jika ingin meningkatkan sistem logistik di Indonesia.


Hambatan Sistem Manajemen Gudang pada Logistik


Proses pengiriman barang perlu melewati beberapa tahap yang tak sederhana. Selain itu, masih ada faktor-faktor yang dapat menghambat proses pengiriman barang, diantaranya :


Teknologi dan Informasi

Tidak sedikit dari perusahaan logistik yang belum sepenuhnya menerapkan teknologi pada sistem pengiriman. Bahkan penggunaan sistem transaksi manual juga masih ditemukan pada logistik.


Digitalisasi melalui penerapan teknologi dapat menjadi stimulus bagi pengembangan perusahaan logistik. Penggunaan Warehouse Management System dapat membantu menghilangkan hambatan dalam proses transaksi, pelayanan, dan pengelolaan barang yang akan dikirim.


Manajemen Gudang


Manajemen Gudang

Banyak perusahaan logistik telah menerapkan sistem digital seperti barcode maupun dengan penjadwalan melalui sistem digital. Akan tetapi, infrastruktur tersebut belum merata diseluruh wilayah di Indonesia.


Pemerataan infrastruktur logistik melalui penerapan Warehouse Management System diperlukan untuk meningkatkan manejemen gudang yang lebih baik dan efisien.


Infrastruktur dan Konektivitas

Kondisi geografis Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan logistik untuk dapat mengoptimalkan pelayanannya. Penting meningkatkan jumlah jaringan transportasi logistik untuk menghadapi kondisi geografis tersebut.


Infrastruktur dan Konektivitas

Selain itu kendaraan logistik juga perlu dipantau secara detail dan dibekali sistem teknologi yang memadai untuk meningkatkan performa dari perusahaan logistik.


Warehouse Management System sebagai solusi Sistem Logistik

Kegiatan transaksi dan proses logistik secara manual perlahan akan diganti dengan sistem digital. Banyak kelebihan yang ditawarkan dengan melakukan digitalisasi pada logistik, diantaranya efisiensi dan efektivitas.


Penerapan Warehouse Management System

Penerapan Warehouse Management System pada perusahaan logistik datang dengan banyak manfaat. Penjadwalan kedatangan dan penjemputan barang, pendataan keluar masuk barang, stock opname hingga laporan manajemen gudang menjadi kelebihan yang akan didapat dari WMS.


Anda dapat Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Warehouse Management System pada bisnis Anda.

33 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua