• Vanessa Geraldine

Mengenal Warehouse Management System atau Sistem Gudang


Bagi pelaku usaha di bidang grosir atau distributor tentunya tak asing dengan Warehouse Management System (WMS) untuk manajemen inventori. Manajemen inventori adalah kegiatan bisnis untuk memastikan penyimpanan ada pada kondisi optimal sehingga mampu menyimpan sejumlah barang untuk dijual sembari mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Bisnis yang menerapkan WMS dapat menurunkan biaya pengelolaan bisnis dan meningkatkan produktivitas penyimpanan stok dan inventory. Apa saja komponen Warehouse Management System? Bagaimana WMS dapat membantu bisnis Anda? Yuk kenalan!






Apa sih bedanya stok dan inventory? Apa itu WMS?


Pelaku bisnis wajib tahu perbedaan stok dan inventory. Stok merujuk pada produk jadi yang siap dijual di pasar. Sedangkan inventory bisa berupa produk yang siap didistribusikan, barang setengah jadi, atau bahan baku. Inventory biasanya digunakan di perusahaan manufaktur yang memproduksi barang jadi dari bahan baku atau barang setengah jadi. Inventory memperhitungkan semua aset bisnis yang digunakan untuk memproduksi barang. Sedangkan stok digunakan untuk menghitung pendapatan bisnis karena semakin banyak stok terjual semakin tinggi pula pendapatan (revenue) perusahaan. Inventory dihitung dengan memperhitungkan biaya yang dikeluarkan perusahaan dengan metode Last In First Out (LIFO), First In First Out (FIFO), atau Average Cost Method. Di sisi lain stok dihitung dengan menggunakan harga pasar atau harga jual pada pelanggan. Nah, sedangkan Warehouse Management System (WMS) merujuk pada aplikasi software yang menunjang manajemen gudang dan manajemen distribusi, seperti mengelola inventory, stok, maupun supply chain.


Mengapa WMS penting bagi bisnis?


Efisiensi dan pengurangan biaya

Efisiensi terkait dengan pengelolaan penyimpanan akan berakibat positif pada waktu dan biaya. Dengan pengelolaan yang tepat maka tidak perlu membuang biaya yang tidak diperlukan dan akan merugikan bisnis. Biaya yang ditanggung karena kelebihan stok dapat dihindari. Waktu yang dihabiskan untuk melakukan stok opname juga akan berkurang berkat WMS yang mengetahui akurasi stok. Sistem WMS juga efisien bagi pekerja untuk mengoperasikannya sehingga lebih banyak sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk aspek lain, misalnya strategi bisnis.





Peningkatan layanan pada customer

Penggunaan WMS yang baik secara tidak langsung akan berpengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini karena pelanggan akan puas dengan pelayanan dimana produk yang mereka inginkan dapat dengan cepat mereka dapatkan. Adanya data secara real-time memungkinkan untuk melakukan pengecekan ketersediaan stok kapan saja.





Planning yang lebih baik

Dengan data yang real-time, Anda dapat melakukan planning dengan lebih baik. Perubahan data akan cukup cepat mengikuti perubahan kegiatan bisnis yang ada. Laporan mengenai inventory dan stok yang masuk dan keluar dalam sebuah penyimpanan akan lebih otomatis dan cepat didapatkan. Tidak hanya dapat melacak letak dan jumlah stok, tetapi juga mengetahui barang yang paling laku sehingga bisa memesan dan menyimpan lebih banyak untuk masa yang akan datang. Selain itu, informasi yang terintegrasi akan memudahkan pekerja di bidang lainnya untuk mengakses sistem yang terpadu. Analisis laporan yang real-time juga akan membantu dalam memperkirakan, merencanakan, menyesuaikan, dan mengambil tindakan pada perubahan pasar yang cepat.


Gunakan Prieds untuk solusi WMS bisnis Anda!

Prieds menyediakan solusi Smart Warehouse Management System, manajemen gudang yang terintegrasi menyeluruh di semua proses produksi, inventaris, dan distribusi. Solusi WMS dari Prieds terhubung dengan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Internet of Things (IoT) yang akan memberikan kemudahan akses dari mana saja dan kapan saja, andal, dan efisien. Solusi WMS dari Prieds telah digunakan untuk gudang distributor perusahaan ritel maupun manufaktur. Banyak manfaat yang bisa Anda peroleh untuk mengelola bisnis menggunakan WMS yang terintegrasi dengan ERP dan IoT. Solusi dari Prieds bisa jadi pilihan paling tepat untuk pengelolaan bisnis Anda!


Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik disini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.


29 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua