Manfaat ERP untuk Usaha Grosir Distributor

Untuk Anda yang bergerak di bidang distribusi barang, tahukah Anda bahwa sistem ERP dan IoT juga punya manfaat besar bagi distributor grosir (wholesale distributor)? Distributor grosir merupakan distributor yang membeli produk dari pabrik atau supplier dimana dijual secara partai besar atau grosir kepada bisnis lain, ritel, atau distributor lainnya. Banyaknya barang dan pembelian dalam jumlah besar yang melibatkan berbagai kegiatan dan proses kerja tentu akan lebih mudah bila dikelola secara otomatis. Dengan menggunakan sistem ERP dan IoT, Anda dapat mengurangi beban kerja dan meningkatkan efisiensi pengelolaan usaha distributor grosir. Simak manfaat ERP dan IoT bagi distributor grosir sebagai berikut!


1. Manajemen Inventaris

Gudang menjadi tempat penting bagi sebuah distributor grosir. Distributor grosir harus memiliki kontrol total dan pengetahuan terhadap penyimpanan. Penyimpanan barang harus mengantisipasi permintaan, menjaga persediaan minimal, dan menghindari kehabisan persediaan. Sistem ERP dan IoT dapat membantu manajemen inventaris dan melacak barang secara otomatis berdasarkan seri produk, tanggal kedaluwarsa, tanggal produksi, dan lain-lain. ERP juga bisa menampilkan rekap persediaan barang untuk mengetahui kapan terakhir produk disediakan.


2. Meningkatkan komunikasi dengan pihak eksternal dan internal

Dengan menggunakan ERP maka akan mempermudah komunikasi baik dengan customer (eksternal) dan internal dalam satu lokasi. Hal ini mempercepat arus informasi ketika suatu masalah timbul. Selain itu, sistem ERP berbasis IoT juga mengintegrasikan informasi yang dapat diakses oleh pekerja. Oleh karena itu, ERP dapat mempermudah pengambilan keputusan untuk menindaklanjuti masalah dan menawarkan solusi yang menguntungkan bagi semua pihak.


3. Integrasi data dan proses

Sistem ERP memiliki keunggulan di mana informasi yang ada dapat diakses oleh semua pihak. Informasi terintegrasi dan bersifat real-time hanya dengan satu aplikasi. Informasi yang vital pada bagian finansial, penyimpanan, pembelian, penjualan dapat membantu dalam menyusun perkiraan kedepannya, informasi penjualan, dan alur penyimpanan, serta mengetahui detail proses yang sedang terjadi pada distributor grosir.



4. Manajemen rantai pasok (supply chain)

Pembelian barang dari supplier, mengelola penyimpanan dalam gudang, dan mengirim barang kepada konsumen merupakan kegiatan yang dilakukan oleh distributor grosir. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan sistem ERP. Ketika persediaan habis, sistem akan memesan secara otomatis pada supplier yang telah dipilih. Dengan sistem ini dapat menelusuri pesanan yang sudah dibuat dari supplier serta mengelola persediaan yang keluar dan masuk dari gudang penyimpanan kepada customer. Adapun keunggulan lainnya dari sistem ERP ini adalah informasi yang ada dapat dilihat oleh semua sehingga manajemen rantai pasok pun berjalan dengan baik.


Anda dapat mulai mengubah sistem di distributor grosir dengan menerapkan sistem ERP bersama Prieds. Kami menawarkan sistem ERP yang berbasis IoT (Internet of Things) yang terhubung dengan jaringan dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Penggunaan ERP berbasis IoT tiidak hanya mematuhi protokol kesehatan khususnya di saat pandemi ini karena mengurangi kontak fisik, tetapi juga menghemat biaya dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha Anda.



Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik disini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua