• kevramadhani

Cara mengelola stok barang perusahaan secara optimal

Diperbarui: 28 Sep

Manajemen stok barang yang baik merupakan hal penting dalam bisnis. Melakukan kelola stok barang yang baik akan memberi banyak keuntungan bagi bisnis. Mulai dari penggunaan sumber daya yang optimal, memaksimalkan ruang penyimpanan barang secara efektif hingga kontrol penuh terhadap data barang maupun keuangan.


Namun, pada praktiknya masih ditemukan kesalahan yang berakibat pada pemborosan. Baik dari segi biaya operasional hingga performa manajemen stok yang kurang optimal menjadi kendala besar bagi suatu bisnis.


Permasalahan dalam mengelola stok barang


Permasalahan Stock Management

Untuk dapan mengoptimalkan manajemen stok barang, perlu adanya identifikasi dari permasalahan yang ada. Berikut merupakan beberapa kesalahan yang sering dialami dalam mengelola stok barang , diantaranya :

  1. Kerugian pada Stock maupun Sparepart

  2. Stok Mati yang tidak teridentifikasi

  3. Durasi yang lama untuk melakukan Stok Opname

  4. Pelacakan Stok Barang yang kurang Baik

  5. Ketidaksiapan Karyawan saat proses Keluar-Masuk Barang

Permasalahan diatas dapat ditekan dengan proses digitalisasi. Dengan menggunakan Warehouse Management System, proses pengelolaan stok barang akan menjadi lebih optimal.


Solusi kelola stok barang secara efektif dan efisien


Solusi Stock Management

Kegiatan kelola stok barang secara manual perlahan akan diganti dengan sistem digital. Melakukan digitalisasi pada sistem kelola stok barangmenjadi solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Beberapa solusi tersebut diantaranya :

  1. Menggunakan sistem RFID dan Barcode untuk melacak stok barang di berbagai lokasi.

  2. Integrasi sistem RFID dengan Warehouse Management System untuk mendapatkan update stok secara otomatis.

  3. Implementasi Face Recognition System pada sistem keamanan.

  4. Melakukan penilaian pada stok barang melalui data laporan yang terintegrasi.

  5. Menerapkan Quality Control Checking untuk mendeteksi dan mengembalikan stok barang yang rusak

  6. Membuat penjadwalan barang datang dan keluar yang terintegrasi dengan sistem.

Penerapan solusi diatas dilakukan dengan menggunakan Warehouse Management System. Penggunaan WMS sangat berpengaruh bagi kegiatan bisnis di berbagai tingkat serta dapat menjawab permasalahan yang ada.


Pengaruh penerapan WMS dalam manajemen stok barang


Pengaruh Warehouse Management System pada Stock Management

Penerapan Warehouse Management System dapat membantu mengurangi kendala dan juga meminimalisir pengeluaran bagi bisnis. Dengan bantuan WMS, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan stok opname jauh lebih singkat, penggunaan suku cadang yang optimal serta dapat meminimalisir terjadinya stok mati. Tentunya dengan proses instalasi dan integrasi yang sangat mudah dan fleksibel. Sehingga pelaku bisnis dapat menggunakan modalnya sesuai dengan kebutuhan dari bisnis yang dijalani.



Dengan menerapkan Warehouse Management System pada manajemen stok barang, akan banyak keuntungan yang dapat dirasakan bagi bisnis anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua