• kevramadhani

3 Metode Picking Stok Barang saat Mengelola Gudang yang Cocok untuk Bisnis Anda

Perusahaan wajib memperhatikan proses mengelola gudang, karena hal tersebut berhubungan dengan siklus permintaan pasar. Dengan melakukan pengelolaan stok barang dalam gudang dengan baik, maka perusahaan akan dapat bersaing dengan kompetitor dan memenuhi kebutuhan konsumen.


Untuk memenuhi permintaan dengan tepat dan cepat, perusahaan baiknya memiliki kontrol penuh pada proses mengelola gudang. Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu pada proses picking, atau pengambilan stok barang untuk dikemas dan dikirim. Karena jika terjadi kesalahan pada tahap ini, maka tingkat pemenuhan permintaan dari perusahaan jadi menurun.


Metode Picking stok barang saat mengelola gudang

Metode picking stok barang saat mengelola gudang

Menciptakan pengelolaan gudang yang optimal menjadi tujuan utama bagi perusahaan. Karena hal tersebut akan berdampak pada penjualan dan pertumbuhan bisnis.


Perusahaan dapat mengupayakan hal tersebut dengan memperbarui dan mengoptimalkan kinerja dalam proses mengelola gudang. Salah satunya pada proses picking stok barang perusahaan dapat menerapkan metode picking berikut :


Picker to Goods

Metode ini sangat umum diterapkan saat pengelolaan gudang. Staff gudang (picker) mengambil stok barang pada lokasi tertentu yang disesuaikan dengan pesanan. Terdapat 4 jenis dari metode picker to goods, yaitu :


  • Pick to Order

Ini merupakan metode yang paling banyak diterapkan. Pada metode ini, staff gudang melakukan pengambilan stok barang di berbagai lokasi sesuai jumlah dan jenis pesanan yang masuk.


Keuntungan dari menerapkan metode pick to order adalah meminimalisir kegiatan penanganan (handling), karena perpindahan stok barang terjadi hanya dalam 1 kali proses handling..


  • Batch Picking

Cara kerja metode batch picking yaitu staff gudang mengambil satu produk untuk beberapa pesanan dalam waktu yang sama yang kemudian diurutkan berdasarkan waktu pesanan masuk.


Metode batch picking menawarkan efisiensi waktu dan jarak tempuh operator saat memenuhi permintaan dengan item serupa dan meningkatnya akurasi picking.


  • Zone Picking

Untuk menerapkan metode ini, perusahaan perlu menerapkan layout gudang yang terbagi-bagi untuk mengelompokkan produk pada area tertentu. Kemudian, staff gudang ditugaskan untuk melakukan picking pada area yang telah ditentukan secara spesifik.


Keuntungan dari metode ini yaitu dapat meningkatnya kecepatan picking stok barang karena beberapa jenis pesanan dikerjakan dalam waktu bersamaan.


  • Wave Picking

Metode wave picking yaitu metode pengambilan stok barang pada jadwal atau waktu tertentu. picking stok barang disesuaikan berdasarkan kesamaan dalam pesanan seperti waktu pengiriman, waktu order masuk, kesamaan stok barang dan sebagainya.


Penerapan wave picking memiliki kelebihan yaitu dapat memenuhi jumlah order tertentu dalam satu waktu shift.


Goods to Picker

Berbeda dengan picker to goods, metode goods to picker ini menyesuaikan area tempat penyimpanan dengan area kerja staff gudang, dengan demikian staff gudang tidak perlu berjalan berkeliling area gudang.


Metode goods to picker menawarkan beberapa keuntungan, diantaranya:

  1. Efisiensi waktu dan beban kerja staff gudang

  2. Mengurangi footprint staff dalam sistem gudang

  3. Pemilihan dan pengambilan stok barang yang efektif dan akurat

  4. Optimalisasi penggunaan ruang kerja

  5. Meningkatkan efisiensi sistem yang dipakai untuk mengelola gudang


Automated Picking

Berbeda dengan metode sebelumnya, automated picking dilakukan dengan memanfaatkan teknologi otomatisasi, sehingga tugas dari staff gudang untuk mengambil digantikan oleh Automated Guided Vehicle (AGV). penerapan metode ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan akurasi, kecepatan, dan produktifitas pengelolaan gudang untuk memenuhi pesanan dalam jumlah besar.


Keuntungan yang ditawarkan dari metode automated picking diantaranya :

  1. Optimalisasi penggunaan ruang penyimpanan

  2. Dapat dioperasikan pada lorong yang sangat sempit

  3. Menekan biaya penggunaan energi (untuk ruang penyimpanan dingin)

  4. Bisa digunakan secara terus-menerus dan terhindar dari human error


Baca Juga:

  1. Alur Proses Manajemen Pergudangan yang perlu Anda Ketahui

  2. Kenali 4 metode pengelolaan stok barang agar manajemen gudang optimal

  3. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!


WMS Permudah bisnis tentukan metode picking stok barang saat mengelola gudang yang tepat

Picking stok barang lebih mudah dengan WMS Prieds

Perusahaan perlu memperhatikan secara detail seluruh proses mengelola gudang. Salah satunya yaitu proses picking stok barang untuk disiapkan sebelum dilakukan pengiriman. Menerapkan sistem WMS dapat membantu perusahaan untuk melakukan evaluasi proses picking dan melakukan optimalisasi dengan menerapkan metode picking yang tepat. Dengan begitu, perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja operasional dan penggunaan anggaran.


Sebagai startup penyedia sistem WMS, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen distribusi perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan sistem WMS. Beragam fitur dari Aplikasi WMS Prieds dapat membantu bisnis anda untuk mengevaluasi kinerja pengelolaan gudang dan menerapkan metode yang tepat untuk proses picking agar seluruh proses manajemen dapat berjalan secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi supply chain management ataupun manajemen distribusi melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Aplikasi WMS Prieds pada bisnis Anda.

8 tampilan0 komentar