• kevramadhani

Tingkatkan Kualitas Produk melalui Smart Warehouse Management System

Menjaga kualitas produk menjadi fokus utama dalam sebuah bisnis. Menghadirkan kualitas yang baik dan konsisten akan menghasilkan kepuasan konsumen. Terlebih lagi kepercayaan konsumen terhadap produk akan mendatangkan pesanan berulang.


Untuk dapat menjaga kualitas produk, pelaku bisnis memerlukan usaha ekstra terutama pada bagian quality control. Penerapan dari proses QC bisa dilakukan secara manual maupun juga otomatis. Tentu jika melakukan quality control secara manual memerlukan banyak personel dan menggunakan sistem shift untuk menghindari jam kerja yang berlebih.


Pentingnya Mengontrol Kualitas Produk


Kontrol Kualitas Produk

Demi menjaga kepuasan konsumen, pelaku bisnis wajib memiliki fokus terhadap kualitas produk yang bagus dan konsisten. Berikut beberapa alasan mengapa sangat penting untuk melakukan Quality Control pada produk :


Produksi semakin Konsisten

Menerapkan kontrol kualitas pada produk akan menghasilkan produk yang baik dan juga konsisten. Hal ini dikarenakan sudah ada standar yang ditetapkan sebelum proses produksi massal dilakukan. Dengan begitu, produk yang dipasarkan akan memiliki kualitas yang sama dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.


Meningkatkan Efisiensi

Dengan adanya standar kualitas yang ditetapkan, maka proses produksi juga dapat menjadi efisien, terutama efisiensi tenaga, produksi dan juga waktu. Dengan standar yang ada, efisiensi produksi dapat dicapai karena proses yang konsisten, dengan waktu yang terukur serta dapat mengurangi terjadinya cacat produksi.


Menjaga Kepuasan Konsumen

Produk berkualitas tentu akan disukai oleh konsumen. Tentunya dengan kontrol kualitas pada produk, akan menghasilkan produk yang baik dan konsisten. Sehingga tidak menutup kemungkinan konsumen yang puas dengan produk tertentu akan dengan mudah merekomendasikan kepada orang sekitar.


Membantu bisnis lebih berkembang

Dengan produksi yang konsisten, efisien dan memiliki standar, tentu akan mudah bagi bisnis untuk berkembang. Perusahaan dapat meningkatkan penjualan, dapat mengoptimalkan pekerja, dapat memperbarui sistem dan juga produk kedepannya.


Menjaga Kualitas Produk lebih mudah dengan Smart Warehouse Management


Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Smart Warehouse Management System yaitu dapat menerapkan Quality Control Checking yang diterapkan dengan bantuan IoT dan juga ERP. Proses kontrol produk secara manual perlahan akan diganti dengan sistem digital yang lebih mudah dan lebih efisien lagi.



Salah satu metode yang diterapkan pada Smart Warehouse Management System dalah FIFO (First In First Out). Metode ini membantu menekan angka stok mati dan stok yang berusia lama. Karena dari proses Inbound, Inventory hingga Outbound produk memiliki jejak rekam secara digital dan dapat dipantau dengan mudah melalui ERP yang sudah ada.


Dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada proses Quality Control produk, akan banyak keuntungan yang dapat dirasakan bagi bisnis anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

18 tampilan0 komentar