• kevramadhani

Warehouse Manager : Pengertian, Fungsi dan Peran dalam manajemen gudang

Setiap divisi dalam perusahaan tentu memiliki struktur kepemimpinan. Mulai dari bagian penjualan, keuangan, pimpinan perusahaan maupun juga pada bagian gudang. Umumnya, struktur kepemimpinan memiliki manager atau kepala dan juga staff.


Hal tersebut juga berlaku pada manajemen gudang. Didalamnya terdapat warehouse manager, sebagai individu yang melakukan pengawasan terhadap staff gudang. Selain itu, manajer gudang juga berhubungan langsung dengan pimpinan perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut pengertian dan tugas manajer gudang.


Apa itu Warehouse Manager atau Manajer Gudang?

Seorang manajer gudang adalah bertanggung jawab untuk mengelola seluruh aktivitas dalam gudang. Ia mengelola sistem yang mengawasi proses produksi atau penyimpanan barang untuk produksi, bahan atau ketersediaan bahan, dan berakhir dengan distribusi produk.


Selain berperan sebagai pengawas aktivitas manajemen pergudangan, warehouse manager juga memiliki peran sebagai pemimpin dalam keseluruhan operasional gudang. Sehingga, manajer gudang wajib mengetahui secara detail kondisi, proses dan kendala yang ada pada seluruh proses operasional gudang.


Mengutip dari Ackerman, ada sembilan kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh Warehouse Manager. Kemampuan seperti komunikasi, pendelegasian, motivator, problem solving, fleksibilitas, customer oriented, bekerja sama dalam tim, melatih, serta mengetahui seluk beluk prosedur perusahaan secara detail. Maka dari itu, seorang manajer gudang memiliki kompetensi diatas, dipastikan dapat menjalankan tugasnya dengan lancar.


Tugas Warehouse Manager atau Manajer Gudang

Seperti yang telah disebutkan diatas, warehouse manager memiliki tugas dalam mengelola aktivitas pergudangan. Kompetensi dari manajer gudang menunjukkan bahwa ia dapat memenuhi tugas-tugasnya, yaitu :


Menjadi pemimpin bagi supervisor dan pekerja gudang

warehouse manager sebagai pemimpin staff gudang

Menjadi manajer gudang berarti memiliki tugas untuk memimpin seluruh staff. Sebagai pemimpin, ia berperan penting dalam mengkoordinasi seluruh bagian dalam proses manajemen gudang, dan memastikan seluruh proses operasional berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan.


Pengawasan dan pengelolaan operasional gudang

warehouse manager mengawasi aktivitas operasional gudang

Mengawasi aktivitas operasional gudang juga menjadi salah satu tanggung jawab manajer gudang. Mulai dari pengawasan stok barang masuk, pengawasan jumlah stok pada gudang, proses packaging, pengiriman, hingga melakukan pengadaan tidak luput dari pemantauan warehouse manager.


Merencanakan pengadaan logistik dan distribusi

Warehouse manager merencanakan pengadaan logistik dan distribusi

Aspek logistik dan kegiatan distribusi menjadi hal yang termasuk dalam operasional pergudangan. Melakukan pengawasan terhadap pengadaan untuk logistik, baik penerimaan atau pengiriman menjadi tugas yang dilakukan oleh manajer gudang. Selain itu, manajer gudang juga memastikan bahwa distribusi produk berjalan sesuai jadwal dan mencapai tujuan yang tepat.


Pengawasan masuk dan keluar gudang sesuai SOP

warehouse manager melakukan Pengawasan masuk dan keluar gudang sesuai SOP

Peraturan atau SOP yang telah dibuat oleh manajer gudang mengatur bagaimana stok barang, karyawan ataupun peralatan penunjang berpindah keluar masuk area gudang. Agar SOP dijalankan, manajer gudang bertugas untuk memantau aktivitas masuk keluar pada area gudang, sehingga tidak terjadi kehilangan ataupun kerugian dalam bentuk lain.


Konfirmasi jumlah dan kondisi barang sesuai SOP

warehouse manager melakukan Konfirmasi jumlah dan kondisi barang sesuai SOP

Melakukan pengecekan stok barang yang baru masuk, menghitung jumlah dan melihat kondisinya, juga merupakan tugas yang wajib dilakukan oleh manajer gudang. Tugas ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerugian seperti, jumlah stok berlebih atau kurang, ada stok barang yang rusak, hingga memastikan tidak ada selisih jumlah stok barang.

Baca Juga:

  1. Pengertian Warehouse Management System dan manfaatnya bagi Bisnis anda

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. WMS Prieds: Tingkatkan efisiensi ekosistem supply chain


Aplikasi Manajemen Gudang Prieds mempermudah warehouse manager menjalankan tugasnya

Menggunakan Aplikasi Manajemen Gudang Prieds dapat membantu warehouse manager untuk menjalankan tugas dan fungsinya, seperti mengumpulkan data dan memantau aktivitas pada gudang. Selain itu, menerapkan aplikasi manajemen gudang Prieds membuat proses pengelolaan jauh lebih cepat, efektif dan terhindar dari kerugian. Sehingga warehouse manager dapat melakukan pengawasan dan pengelolaan secara optimal.


Penerapan Aplikasi Manajemen Gudang Prieds memiliki banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua