• kevramadhani

Pengertian Warehouse Management System dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Industri manufaktur dan distributor sangat erat kaitannya dengan manajemen stok barang dalam gudang. Melakukan kelola stok secara efektif dan efisien menjadi faktor penting dalam suksesnya bisnis.


Dengan bantuan sistem teknologi, yaitu Warehouse Management System, proses manajemen stok barang menjadi lebih mudah dan detail. Mulai dari pencatatan dengan komputer, pengawasan arus barang, hingga usia barang dalam gudang dapat dilihat secara detail.


Pengertian Warehouse Management System

Meningkatkan efisiensi manajemen gudang melalui warehouse management system dapat membantu bisnis manufaktur maupun distributor berkembang. Sebelum menerapkan sistem manajemen gudang, berikut pengertian dari wms atau sistem manajemen gudang.


Contoh Warehouse Management System (WMS)

Warehouse Management System (WMS) adalah sistem yang berfungsi untuk membantu pelaku bisnis mengelola arus barang dalam gudang. Sistem manajemen gudang memungkinkan stakeholder untuk mengetahui transaksi dan jumlah stok barang secara cepat dan real-time, mengoptimalkan ruang penyimpanan dan mempercepat alur distribusi barang.


Memanfaatkan teknologi seperti CCTV, RFID Scanner dan juga Barcode, memungkinkan Warehouse Management System untuk dapat memantau arus stok barang secara detail. Selain itu, dengan integrasi dari software dan hardware yang baik, perencanaan barang masuk dan keluar, lokasi detail sebuah produk serta jumlah stok dapat dipantau dari berbagai perangkat dan berbagai pihak yang memiliki akses. Sehingga penggunaan WMS dapat mengurangi terjadinya kehilangan stok barang, biaya operasional dan menghindari kekurangan maupun kelebihan stok barang pada gudang.


Baca juga:

  1. Cek Otomatis Stok dengan Sistem Manajemen Gudang (WMS)

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. Cara mengelola stok barang perusahaan secara optimal


Fungsi Penerapan Warehouse Management System

Optimalisasi warehouse management pada industri manufaktur maupun distributor dapat dilakukan dengan implementasi sistem manajemen gudang (WMS). Beragam fitur yang ada dan sistem yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan akan membantu bisnis seperti manufaktur maupun distributor mengelola stok pada gudang. Dengan mengerti fungsi WMS secara detail, penerapan sistem manajemen gudang menjadi lebih optimal. Simak beberapa fungsi dari Warehouse Management System berikut :


Mengorganisir Stok Barang dalam Gudang

Penjadwalan kedatangan dan keberangkatan stok barang secara real-time akan mempercepat proses arus barang pada gudang. Mengorganisir stok juga termasuk pendataan barang baru yang masuk kedalam sistem dan juga lokasi penyimpanan spesifik dalam gudang yang ditandai menggunakan QR Code.


Mengelola Inbound dan Outbound Stok Barang

Manajemen daftar stock barang yang siap diambil (outbound) maupun barang masuk (inbound) dapat dilakukan dengan mengintegrasi WMS dengan ERP. Penyusunan daftar barang masuk dilakukan melalui ERP yang telah terintegrasi, mendapat QR Code untuk barang baru serta lokasi tertentu dalam gudang.


Saat mendapat permintaan outbound stok barang, fitur RFID dan Barcode berperan penting dalam pencatatan otomatis pada sistem. Dengan begitu waktu proses menjadi efisien. Selain itu, Penjadwalan armada untuk mengirim dan juga pendataan permintaan pengiriman terekam secara detail pada sistem.


Otomatisasi Manajemen Barang

Pengawasan dan penyusunan data dari seluruh stok barang pada gudang lebih mudah menggunakan Warehouse Management System. Dengan fitur seperti Barcode dan RFID, membantu pekerja dalam menyingkat waktu untuk melakukan stock opname dan memberikan data arus keluar masuk barang secara real time.


Menyusun Laporan Performa Gudang

Penggunaan WMS mempermudah dalam koleksi data terkait jumlah stok barang, estimasi ruang penyimpanan serta data penjualan, stock transfer maupun permintaan stok ke dalam gudang. Dengan begitu, bisnis dapat mengukur penjualan stok, melacak pergerakan stok serta memaksimalkan area penyimpanan gudang.


Manfaat Penerapan WMS Prieds bagi Bisnis Anda

Manfaat penerapan warehouse management system bagi bisnis

Smart Warehouse Management System menawarkan banyak keuntungan melalui fitur-fitur yang tersedia. Fitur ini dapat membantu bisnis manufaktur dan distributor untuk dapat mengoptimalkan ruang pada gudang, mempertahankan jumlah stock barang serta dapat menganalisa pasar melalui data keluar masuk barang. Karena dari proses Inbound, Inventory Outbound hingga Purchase Order produk memiliki jejak rekam secara digital dan dapat dipantau dengan mudah.


Penerapan Smart Warehouse Management System memiliki banyak keuntungan bagi bisnis distribusi Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua