• kevramadhani

Pentingnya Menjaga keselamatan kerja pada Warehouse

Bekerja pada sektor pergudangan memiliki resiko yang cukup tinggi. Kecelakaan kerja di area gudang bisa saja terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu jika staff gudang tidak berhati-hati.


Faktor selain human error, seperti mesin yang sudah berusia, juga bisa menjadi potensi terjadinya kecelakaan kerja. Tentunya, hal tersebut dapat dihindari dengan melakukan sejumlah langkah untuk memastikan keselamatan kerja di area gudang.


Menurut Bureau of Labor Statistics, lebih dari 3 juta kecelakaan kerja terjadi setiap tahun, sebagian besar terjadi di gudang. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk merencanakan keselamatan pekerja gudang sedini mungkin.


Jenis Kecelakaan Kerja yang umum terjadi di Gudang

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kecelakaan kerja merupakan hal yang dapat terjadi dimana saja. Salah satu lokasi dengan resiko keselamatan kerja yang tinggi yaitu area pergudangan.

kecelakaan kerja jatuh dari ketinggian

Area gudang memiliki beragam alat berat yang bertujuan untuk mempermudah staff gudang saat melakukan tugasnya. Selain itu, terdapat beberapa stok barang yang memang harus ditangani secara hati-hati, seperti bahan mudah terbakar, pecah belah dan bahkan peralatan elektronik.


Jika dilihat dari komposisi area gudang, berikut beberapa jenis kecelakaan kerja yang mungkin terjadi di area gudang :

  1. Kecelakaan terkait peralatan berat.

  2. Kecelakaan terkait dengan mesin tanpa sengaja.

  3. Terjatuh karena berbagai hal.

  4. Terpapar bahan berbahaya.

  5. Kejatuhan objek berat.

Agar seluruh staff gudang terhindar dari potensi terjadinya kecelakaan kerja, perlu adanya sebuah peraturan dan panduan yang wajib ditaati oleh seluruh staf yang hendak memasuki area gudang.


Menjaga keselamatan kerja staff di area Gudang

Selain peraturan yang wajib ditaati, kecelakaan kerja dapat dihindari dengan melakukan beberapa hal berikut :


Peralatan keselamatan kerja lengkap

Memastikan seluruh staff yang bekerja dalam area gudang memakai helm, jaket dan peralatan keselamatan lain sebagai alat pelindung diri. Penggunaan label dan papan tanda peringatan pada area berbahaya di gudang juga menjadi opsi yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja di area gudang.


Pelatihan kerja yang memadai bagi staff di gudang

pelatihan keselamatan kerja untuk mengatasi kecelakaan kerja dalam area gudang

Training atau pelatihan secara berkala menjadi hal yang tidak kalah penting dalam melakukan antisipasi kecelakaan kerja. Melalui pelatihan, seluruh staf dapat melakukan pekerjaannya masing-masing dengan efektif, efisien dan aman di gudang. Selain itu, staff gudang akan memiliki pengetahuan tambahan terkait pentingnya keselamatan kerja dan penanganan pertama bila terjadi kecelakaan.


Penataan gudang yang lebih teratur

Melakukan layouting pada gudang memiliki beberapa manfaat. Selain mempermudah staff gudang saat mencari dan menyimpan stok barang, penggunaan layouting juga memiliki kaitan dengan keselamatan kerja. Dengan memastikan segala produk pada tempatnya, seperti memposisikan barang berat di bagian paling bawah dan dengan teratur melakukan pembersihan, dapat meminimalisir kecelakaan kerja di gudang.


Baca Juga:

  1. Pengertian Warehouse Management System dan manfaatnya bagi Bisnis anda

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. WMS Prieds: Tingkatkan efisiensi ekosistem supply chain


Aplikasi Manajemen Gudang Prieds membantu Staf mengurangi terjadinya Kecelakaan kerja pada Gudang

Penggunaan Aplikasi Manajemen Gudang Prieds dapat membantu bisnis untuk mengumpulkan data dan memantau aktivitas pada gudang seperti, layouting area penyimpanan pada gudang, jumlah stok barang memantau proses Inbound, Inventory Outbound hingga Purchase Order. Selain itu, dengan implementasi aplikasi manajemen gudang, staff juga dapat menjalankan aktivitas dengan mengutamakan keselamatan kerja. Sehingga aktivitas pekerjaan di area gudang dapat berjalan secara efektif, efisien dan aman.


Penerapan Warehouse Management System memiliki banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

27 tampilan0 komentar