• kevramadhani

Beberapa trik membuat area Gudang Sempit menjadi Luas

Gudang yang dimiliki oleh perusahaan memiliki luas area penyimpanan yang berbeda. Tentunya hal ini menjadi tantangan, terutama jika gudangnya memiliki area yang sempit. Maka dari itu, perusahaan perlu melakukan penyesuaian pada bentuk layout area gudang jika ingin memaksimalkan ruang penyimpanan.


Tips untuk memaksimalkan area penyimpanan pada gudang tidak hanya berlaku bagi gudang dengan ukuran kecil. Gudang dengan ukuran besar juga dapat menerapkan beberapa rekomendasi tips untuk meningkatkan kapasitas penyimpanannya.


7 Trik Penataan Layout Gudang yang baik

Agar dapat memaksimalkan kapasitas ruang penyimpanan gudang, perusahaan perlu menggunakan layouting pada gudang. Selain melakukan layouting ruang penyimpanan, perusahaan juga perlu mempertimbangkan beberapa hal saat mengisi gudang dengan stok barang. Berikut 7 trik untuk menciptakan ruang penyimpanan luas di area gudang yang sempit :


Maksimalkan tata letak vertikal

penataan gudang yang baik memaksimalkan ruang vertikal

Area gudang biasanya memiliki langit-langit yang tinggi, sehingga memungkinkan perusahaan untuk memaksimalkan tata letak penyimpanan secara vertikal. Penggunaan sistem rak pada gudang menjadi salah satu contoh yang umum dilakukan untuk memaksimalkan luas penyimpanan area gudang.


Gunakan lantai Mezzanine

layouting gudang dengan lantai mezzanine

Trik kedua yaitu area gudang dengan langit-langit yang tinggi dapat menggunakan lantai mezzanine. Biasanya, langkah ini dilakukan apabila stok barang yang disimpan berukuran kecil dan tidak terlalu berat, sehingga staff dapat melakukan pemisahan dan penyimpanan stok barang lebih mudah. Namun, penggunaan lantai mezzanine kurang cocok apabila dipadukan dengan alat berat seperti forklift.


Optimalkan lebar antar Rak

permudah manajemen gudang dengan mengoptimalkan lebar antar rak

Penataan rak pada gudang sebaiknya menggunakan sistem layouting dengan hitungan. Dengan melakukan hal tersebut, jumlah rak yang dapat dimasukkan kedalam gudang akan menjadi maksimal. Selain itu, lebar jarak antar rak menjadi optimal dan tidak mengganggu proses pengambilan dan penyimpanan stok barang oleh staff gudang.


Evaluasi volume Rak penyimpanan

Melakukan evaluasi pada sistem layout gudang merupakan hal yang perlu dilakukan. Perushaan dapat mengetahui secara detail penggunaan ruang penyimpanan dengan sistem rak, dan bagian rak yang kurang optimal penggunaannya. Sehingga perusahaan dapat menggunakan ruang tersebut untuk menyimpan stok barang lain atau bahkan mengurangi volume rak untuk stok barang tertentu.


Gunakan sistem manajemen gudang untuk penempatan barang yang jelas

penerapan sistem manajemen gudang membantu penataan letak barang

Implementasi teknologi sudah menjadi hal yang umum dilakukan, tidak terlepas juga untuk pengelolaan gudang. Area gudang yang sempit dapat memanfaatkan beragam fitur yang ditawarkan oleh sistem manajemen gudang. Dengan menerapkan sistem ini, perusahaan dapat melakukan aktivitas gudang seperti penerimaan, penyimpanan, pengambilan dan pengiriman stok barang secara cepat, efektif dan efisien.


Simpan hanya apa yang Anda butuhkan

Melakukan pengadaan stok barang memang perlu untuk dilakukan. Akan tetapi, jika perusahaan anda memiliki gudang dengan area penyimpanan yang sempit, maka stok barang yang dapat disimpan juga menjadi sedikit. Maka dari itu, strategi dalam pengadaan stok perlu dilakukan dengan membuat daftar prioritas stok barang sesuai yang dibutuhkan.


Identifikasi ruang yang belum dimaksimalkan

Beberapa titik dalam ruang penyimpanan gudang biasanya jarang diperhatikan. Padahal, dengan melakukan layouting area gudang, perusahaan dapat memaksimalkan seluruh luas area gudang dan mengidentifikasi apabila ada titik yang dapat digunakan untuk memaksimalkan ruang penyimpanan.


Baca Juga:

  1. Warehouse Management System : Pengertian, Manfaat, Fitur dan Proses Integrasi

  2. Ingin Stock Opname lebih Akurat dan Efisien? Simak beberapa tips berikut!

  3. Penyebab Selisih Jumlah saat Stok Opname dan Cara Mengatasinya


Gunakan WMS PRIEDS untuk Manajemen Gudang yang lebih Efektif dan Efisien!

Menggunakan WMS Prieds dapat membantu perusahaan dalam melakukan manajemen gudang. Selain itu, menerapkan WMS Prieds juga dapat membantu untuk memaksimalkan proses penyimpanan dalam gudang, baik dari penataan stok barang, arus perpindahan stok hingga memanfaatkan seluruh luas area penyimpanan yang tersedia dengan sistem rak yang dilengkapi dengan barcode. Sehingga aktivitas manajemen gudang dapat berjalan secara efektif dan efisien.


Penerapan Aplikasi Manajemen Gudang Prieds memiliki banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

9 tampilan0 komentar