• kevramadhani

Manfaat Integrasi Sistem Manajemen Gudang dengan ERP

Penggunaan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) banyak ditemui pada berbagai industri. Melihat kebutuhan perusahaan yang berbeda, sistem ini dapat dikembangkan fungsinya melalui proses integrasi. Dengan begitu, perusahaan dapat memiliki kontrol pengawasan dan pengelolaan secara penuh terhadap beragam proses bisnisnya.


Sistem ERP memiliki semacam modul yang digunakan untuk memperluas fungsinya. Salah satu modul yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan yaitu modul Sistem Manajemen Gudang. Modul ini dapat memberikan kontrol lebih untuk mengelola beragam aktivitas pergudangan yang akan mempermudah staff untuk menjalankan manajemen gudang.


WMS dapat diintegrasi ke berbagai sistem ERP

Perusahaan dengan bisnis manufaktur maupun distributor umumnya telah menerapkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) pada proses bisnisnya. Kelebihan yang ditawarkan sistem ERP yaitu memiliki beragam modul, salah satunya yaitu Warehouse Management System (WMS).

integrasi Sistem Manajemen Gudang dengan berbagai sistem ERP

Untuk mendapatkan beragam keuntungan dan kontrol yang akurat pada manajemen gudang, WMS Prieds menawarkan kemampuan untuk bisa diintegrasikan dengan berbagai sistem ERP yang sudah ada. Integrasi ini berfungsi untuk membantu efisiensi dan akurasi proses operasional melalui API integration, sehingga data transaksi dan seluruh aktivitas yang terjadi di ERP bisa dilanjutkan ke WMS Prieds.


Secara garis besar, proses integrasi WMS Prieds ke berbagai sistem ERP dapat dilakukan dengan 3 cara yang dibedakan melalui flow data, yaitu manual, semi-automatic dan fully-automatic. Sehingga perusahaan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut tahapan integrasi WMS Prieds dengan sistem ERP yang sudah ada.


Integrasi Data Manual

integrasi data manual dari sistem manajemen gudang wms ke erp

Cara pertama yaitu ​​flow data manual. Metode ini menerapkan konsep ekspor-impor data yang dilakukan secara manual antar sistem. Pegawai gudang melakukan proses perpindahan data sesuai dengan format data yg bisa diterima oleh sistem ERP, seperti XML, CSV, atau JSON. Cara integrasi manual sangat bergantung pada ketelitian dari pegawai gudang saat melakukan perpindahan data. Kekurangan dari cara ini yaitu rentan terjadi human error.


Integrasi Data Semi-automatic

integrasi data semi-automatic dari sistem manajemen gudang wms ke erp

Cara kedua yaitu flow data semi-automatic. Cara ini hanya memungkinkan data dari sistem ERP masuk ke sistem WMS secara otomatis, tetapi untuk flow data dari WMS ke sistem ERP perlu dilakukan secara manual oleh pegawai gudang. Cara semi-automatic biasanya terjadi ketika sistem WMS memiliki otorisasi untuk mengakses ke database sistem ERP untuk menarik data, tetapi akses untuk mengupdate database ERP tidak ada. Hal ini bisa dikarenakan sistem ERP belum memiliki fitur Open-API. Jika dilihat, cara kedua sedikit meminimalisir terjadinya human error, namun saat melakukan perpindahan data dari WMS ke sistem ERP perlu dilakukan dengan teliti.


Integrasi Data Automatic

integrasi data automatic dari sistem manajemen gudang wms ke erp

Cara terakhir yang sangat direkomendasikan yaitu flow data yang fully-automatic. Perpindahan data dari WMS ke sistem ERP maupun sebaliknya terjadi secara otomatis dan real-time. Untuk menerapkan cara ini diperlukan fitur Open-API, baik pada sistem ERP maupun sistem WMS. Keunggulan yang ditawarkan dengan perpindahan data yang otomatis yaitu menekan angka kesalahan akibat human error. Sehingga data yang diperoleh memiliki akurasi yang tinggi dan proses manajemen menjadi lebih efisien.


Manfaat integrasi WMS Prieds dengan sistem ERP

Melakukan integrasi WMS Prieds dengan sistem ERP memiliki beragam manfaat bagi proses bisnis. Setidaknya terdapat 5 manfaat yang akan didapat perusahaan dari proses integrasi WMS Prieds dengan sistem ERP yang sudah ada.


Mengurangi terjadinya Human Error

Umumnya ERP belum dilengkapi fitur-fitur dan laporan kompleks yang dapat diberikan dengan menerapkan sistem WMS. Penerapan sistem WMS dapat dilakukan dengan menjadikan WMS sebagai sistem stand-alone namun berjalan paralel dengan sistem ERP.

sistem manajemen gudang Prieds mengurangi human error

Namun, metode penerapan seperti ini masih sangat rentan dengan human-error dari team operasional user. Hal ini dikarenakan data yg di input di sistem ERP dan sistem WMS bisa berbeda karena keduanya dilakukan manual. Untuk itu, integrasi WMS dan ERP dengan cara fully-automatic menjadi pilihan tepat untuk menekan terjadinya human error.


Meningkatkan efisiensi operasional

Seluruh data, baik dari WMS maupun ERP, secara otomatis akan langsung diterima tanpa perlu melakukan proses input manual di kedua sistem. Bahkan, melakukan input data dengan cara ekspor-impor, lebih mengurangi waktu pegawai untuk melakukan aktivitas perpindahan data jika dibanding dengan input manual. Sehingga, kinerja pegawai operasional gudang menjadi lebih efektif dan efisien dengan penerapan sistem WMS.


Menghemat pengeluaran biaya Operasional

Beberapa produk ERP sudah memiliki modul WMS didalamnya, namun sistem yang sudah lengkap sering kali memiliki harga yang tinggi. Bahkan, untuk menambah beberapa fitur pada sistem, biaya investasi yang perlu dikeluarkan menjadi sangat tinggi. Kelebihan yang ditawarkan oleh third-party WMS provider seperti Prieds, yaitu menawarkan modul WMS yang dapat dimodifikasi perusahaan, seperti melakukan penambahan fitur sesuai kebutuhan dengan biaya lebih rendah.


Kemampuan integrasi dengan beragam Sistem dan IoT

WMS PRIEDS memiliki banyak possibility untuk bisa di integrasikan dengan berbagai teknologi terbaru yang dapat menunjang aktivitas manajemen gudang.

sistem manajemen gudang Prieds terhubung dengan perangkat IoT

Beberapa contoh perangkat teknologi yang umum diterapkan yaitu RFID system, IoT system, Automated Guided Vehicle (AGV) system atau kendaraan robot yang bisa digunakan untuk memindahkan,menyimpan danmengeluarkan stok barang, Electronic Article Surveillance (EAS) system yang umum ditemukan di toko ritel untuk mencegah terjadinya pencurian, security system yang berguna untuk meningkatkan pengawasan pada pegawai gudang seperti sistem pengenal wajah, dan beragam perangkat teknologi lain.


Mempercepat proses pengambilan keputusan dan meningkatkan akurasi reporting

Manfaat dari penerapan WMS PRIEDS yaitu selalu melakukan riset dan menambahkan fitur baru. Sebagai penyedia sistem, pembaruan fitur menjadi hal yang penting karena dapat membantu pengguna untuk bisa mendapatkan laporan gudang yang akurat dan tepat.


Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi perusahaan, baik untuk para pegawai dan juga para decision-maker. Data yang akurat dan dapat dipantau secara real-time membantu proses evaluasi dan pengambilan keputusan menjadi lebih cepat dan efektif.

Baca Juga:

  1. Pengertian Warehouse Management System dan manfaatnya bagi Bisnis anda

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. WMS Prieds: Tingkatkan efisiensi ekosistem supply chain


Integrasikan Sistem ERP Anda dengan Sistem Manajemen Gudang Prieds

Sistem Manajemen Gudang Prieds dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem ERP yang telah ada pada perusahaan anda. Dengan melakukan integrasi sistem, perusahaan dapat memiliki kontrol yang lebih luas dan lengkap pada proses manajemen gudang. Selain itu, mengintegrasikan sistem manajemen gudang Prieds membuat proses pengelolaan jauh lebih cepat, efektif dan terhindar dari kerugian.


Penerapan dan Integrasi Sistem Manajemen Gudang Prieds memiliki banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

31 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua