• kevramadhani

Hadapi Peak Season, berikut tips memeprsiapkan inventory gudang

Musim libur merupakan contoh peak season bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan. Permintaan konsumen terhadap produk meningkat dikarenakan adanya promo yang diberikan oleh berbagai industri.


Untuk dapat memenuhi permintaan konsumen yang meningkat, pelaku bisnis perlu meningkatkan performa proses bisnis, terutama pada pengelolaan gudang. Karena, arus perpindahan barang dalam gudang akan meningkat dan perlu sistem manajemen yang baik untuk dapat memastikan permintaan konsumen terpenuhi.


Tips Mempersiapkan Manajemen Gudang saat Peak Season

Mengelola gudang saat musim libur akan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Ada beberapa bagian dalam manajemen gudang yang perlu diperhatikan untuk dapat mengoptimalkan bisnis pada musim libur. Berikut beberapa tips mempersiapkan inventory gudang :


Melakukan analisis data untuk memproyeksi Permintaan Pasar

analisis permintaan pasar dengan database WMS

Analisis riwayat data berguna untuk memperkirakan jumlah stok barang yang harus ada dalam gudang. Kejadian seperti understock dan overstock dapat mengakibatkan sejumlah kerugian bagi bisnis. Maka penting bagi bisnis untuk memiliki data permintaan pasar dan juga melakukan analisis riwayat data.


Memastikan Perangkat dan SDM gudang siap dan dalam kondisi prima

Sebelum memasuki peak season, proses bisnis pada gudang perlu mempersiapkan beberapa hal. Mulai dari perawatan perangkat mesin, melakukan opname stok, mengoptimalkan pengelolaan inventory dan memastikan seluruh produk sudah mendapat label barcode dan sesuai pada lokasinya. Selain itu, bagian gudang mungkin perlu ditambah personil dan memiliki pengetahuan teknologi yang baik. Dengan begitu, proses arus stok barang pada gudang menjadi optimal.


Menata layout gudang sesuai Kebutuhan saat Peak Season

Warehouse Management System memudahkan proses penataan stok barang

Untuk menciptakan ruang penyimpanan yang efisien, anda perlu untuk melakukan layouting pada gudang. Terutama saat menjelang peak season. Perlu adanya penyesuaian terhadap tata ruang pada gudang untuk mempermudah proses arus stok barang dalam gudang. Selain itu, melakukan layouting akan membuat gudang dapat menampung stok barang lebih banyak.


Memanfaatkan Sistem Manajemen Pergudangan (WMS)

WMS membantu manajemen gudang saat peak season

Semua proses gudang yang rumit dapat dipermudah dengan sistem manajemen gudang. Kegiatan seperti analisis riwayat data, melacak stok barang, melakukan kontrol kualitas produk hingga proses pengiriman maupun penerimaan stok dapat dipantau pada satu sistem. Selain itu, akses informasi dapat diberikan sesuai tanggungjawab personnel pada gudang. Dengan begitu, proses pemantauan dan perpindahan stok dapat dilihat dengan akurat.


Baca juga:

  1. Cek Otomatis Stok dengan Sistem Manajemen Gudang (WMS)

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. Cara mengelola stok barang perusahaan secara optimal

Manfaatkan Sistem Manejemen Pergudangan (WMS) sebagai solusi bisnis menghadapi Peak Season

Sistem manajemen pergudangan menawarkan banyak keuntungan melalui fitur-fitur yang tersedia. Fitur yang disematkan pada sistem manajemen gudang membantu mengatasi permasalahan yang ada pada manajemen gudang dan membantu bisnis untuk memenuhi permintaan pasar saat peak season. Keuntungan dari penggunaan wms seperti memaksimalkan ruang penyimpanan pada gudang, mempertahankan jumlah stok barang serta dapat menganalisa permintaan pasar melalui data keluar masuk barang dapat dipantau dengan mudah.


Penerapan Smart Warehouse Management System memiliki banyak keuntungan bagi bisnis tekstil Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.


28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua