• kevramadhani

Biaya Operasional Gudang dan Tips untuk Menghemat Biaya Operasional

Mengelola gudang merupakan aspek penting dalam bisnis, sehingga perusahaan perlu memperhatikan anggaran untuk operasional gudang. Aktivitas pengelolaan gudang terdengar seperti kegiatan dengan anggaran yang besar. Padahal, jika dilakukan dengan baik, perusahaan tetap dapat menjalankan manajemen pergudangan dengan biaya operasional yang hemat.


Menekan biaya operasional gudang tetap wajib memperhatikan kualitas produk dan kinerja pergudangan. Aktivitas operasional gudang yang kurang baik membuat perusahaan perlu mengeluarkan banyak biaya. Sebelum anda melakukan perubahan anggaran untuk meng hemat biaya operasional, berikut beberapa pengeluaran untuk operasional gudang.


Beberapa Biaya Operasional Gudang

Biaya operasional gudang

Aktivitas operasional gudang yang baik membutuhkan sumber daya yang mumpuni yaitu bangunan gudang, peralatan teknologi, energi dan sumber daya manusia. Berikut beberapa biaya operasional gudang berdasarkan sumber daya yang dibutuhkan:


Biaya Penyimpanan pada Gudang

Biaya penyimpanan (storage cost) adalah biaya yang dikeluarkan untuk penyewaan gudang. Yang termasuk dalam biaya penyimpanan yaitu :

  • Sewa gudang

  • Depresiasi nilai bangunan

  • Pajak Bangunan

  • Penyusutan nilai peralatan dan perlengkapan

  • Biaya Perbaikan dan pemeliharaan bangunan dan peralatan

  • Biaya Kebersihan dan keamanan.

Biaya Penanganan

Biaya penanganan adalah biaya untuk proses penanganan sistem pergudangan Anda. Rincian biaya pengeluaran untuk penanganan diantaranya biaya tenaga kerja (upah, pelatihan, asuransi kesehatan, alat pelindung diri), biaya Material Handling Equipment ( bahan bakar, pemakaian baterai, ban, atau oli) dan yang terakhir biaya packaging.


Biaya Overhead

Yang dimaksud dari biaya overhead yaitu biaya yang tidak berkaitan langsung dengan proses aktivitas manajemen gudang. Yang termasuk dalam anggarang biaya overhead adalah :

  • Biaya sewa kendaraan kantor.

  • Biaya administrasi.

  • Biaya Sewa IT.

  • Biaya peralatan kantor.

  • Biaya pemasaran (bagi perusahaan logistik pihak ke-3).

Biaya Lain

Biaya yang adalah pengeluaran untuk keperluan di luar proses sistem pergudangan, seperti ongkos kirim dokumen, asuransi, biaya jasa hukum, funding, biaya layanan bank, biaya komunikasi dan yang terakhir biaya untuk melakukan audit.


Tips untuk Menekan Biaya Operasional Gudang

Manajemen gudang merupakan aktivitas yang kompleks dan umumnya memerlukan biaya yang besar untuk mengelola dengan baik. Namun, biaya operasional gudang masih dapat ditekan tetapi kualitas produk tetap terjaga. Simak beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menurunkan biaya operasional gudang!


Maksimalkan area penyimpanan gudang

Cara pertama untuk mengurangi biaya operasional yaitu dengan memaksimalkan area penyimpanan barang di gudang. Langkah yang perlu dilakukan yaitu mengatur tata letak barang sesuai dengan standar penyimpanan yang ada, mengelompokkan barang sesuai dengan jenisnya dan menggunakan rak penyimpanan.

Maksimalkan area penyimpanan dalam gudang

Langkah tersebut dapat menekan biaya penyewaan gudang, mempercepat arus pergerakan barang serta menjaga kualitas stok barang. Baca lebih lengkap cara maksimalkan area gudang disini.


Mengoptimalkan kinerja Karyawan Gudang

Mengurangi jumlah karyawan bukanlah solusi untuk menghemat biaya perusahaan. Tips kedua untuk menghemat biaya operasional yaitu dengan menunjang kinerja karyawan. Dengan memberikan pelatihan, pengenalan sistem teknologi, mengatur SOP kerja yang jelas akan membantu performa karyawan lebih efektif dan efisien.

Maksimalkan kinerja karyawan gudang

Pengenalan dan penerapan perangkat teknologi juga mampu membantu mempermudah karyawan untuk menyelesaikan tugasnya. Aplikasi gudang saat ini banyak digunakan untuk membantu proses manajemen gudang agar lebih efektif dan efisien.


Efisiensi proses Produksi dan Pembelian Stok Barang

Pengawasan yang ketat pada seluruh aktivitas gudang perlu dilakukan jika ingin menekan biaya operasional. Pengadaan barang untuk menjaga jumlah stok pada gudang wajib diperhatikan dan diperhitungkan secara rinci. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekurangan atau kelebihan stok.


Kekurangan stok barang pada gudang menyebabkan perusahaan untuk mengeluarkan biaya pengiriman barang dan membuat pihak lain seperti konsumen harus menunggu. Disisi lain, kelebihan stok pada gudang akan mengganggu kualitas barang dan membuat penempatan barang di gudang menjadi tidak optimal.


Menekan biaya Operasional dan Transportasi yang tidak perlu

Biaya operasional gudang meliputi biaya seperti, listrik, BBM, air, serta biaya transportasi. Tips untuk menekan biaya tersebut adalah dengan mengatur anggaran pergudangan dengan baik dan rinci.

Beberapa langkah yang dapat dilakuikan untuk mengurangi biaya operasional yaitu pemilihan rute pengiriman barang yang baik untuk menghemat bahan bakar dan waktu, menggunakan kendaraan operasional yang hemat bahan bakar, mengawasi proses pengadaan stok barang dan mengatur jadwal operasional gudang sehingga tidak terjadi pemborosan listrik.


Semua hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah dengan menerapkan aplikasi manajemen gudang pada bisnis anda. Banyak fitur pada aplikasi gudang yang akan membantu bisnis untuk menghemat biaya operasional.


Hemat Biaya dengan menerapkan Aplikasi Gudang Prieds

Penggunaan Aplikasi Gudang dari Prieds dapat membantu bisnis untuk mengoptimalkan biaya operasional gudang. Beberapa kelebihan yang ditawarkan meliputi memaksimalkan ruang penyimpanan barang, meningkatkan kinerja karyawan, menghindari kelangkaan maupun kelebihan stok barang dan menjaga jumlah stok barang. Karena dari proses Inbound, Inventory Outbound hingga Purchase Order produk memiliki jejak rekam yang detail dan tentunya dapat dipantau dengan mudah.


Penerapan Aplikasi Gudang Prieds memiliki banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.


82 tampilan0 komentar