• kevramadhani

Hindari kegagalan saat memenuhi Permintaan dengan Demand Management

Persaingan pasar yang kian ketat membuat perusahaan tidak punya pilihan selain beradaptasi. Perusahaan perlu menerapkan demand management dalam perencanaan manajemen supply chain agar bisnis berjalan dengan efektif dan efisien.


Perusahaan yang bergerak pada industri manufaktur maupun distribusi perlu memiliki perencanaan yang matang agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, perusahaan juga membutuhkan supplier untuk dapat memenuhi permintaan.


Tantangan bagi perusahaan yaitu menyeimbangkan kebutuhan produksi sekaligus pemenuhan permintaan agar dapat memenangkan persaingan dan mengembangkan bisnis. Maka dari itu, penting untuk menerapkan Demand Management saat perencanaan manajemen supply chain.


Apa itu Demand Management

pengertian demand management

Demand management dapat dipahami sebagai cara untuk menyeimbangkan permintaan konsumen dengan kemampuan manajemen supply chain. Beberapa aspek penting dalam demand management meliputi perkiraan produksi, pengadaan stok bahan baku, dan distribusi stok barang.


Peran dari penerapan demand management yaitu menentukan cara untuk mengurangi perbedaan pada permintaan dan meningkatkan kemampuan adaptasi operasional. Penerapan demand management berdampak besar terhadap keuntungan perusahaan, konsumen, dan supplier.


Mengenal proses Demand Management

Proses Demand Management

Perusahaan perlu memperhatikan pentingnya proses perancangan dan operasional dalam menyusun demand management. Kedua proses tersebut saling berkorelasi dan berperan penting dalam mengoptimalkan manajemen supply chain perusahaan. Sehingga, penting bagi perusahaan untuk mengenal proses Demand Management seperti berikut :


Pengumpulan Informasi dan Data

Informasi dan data yang relevan bagi demand management dapat dikumpulkan dari dua sumber. Pertama, pengumpulan informasi diperoleh dari hubungan konsumen dengan perusahaan saat pemenuhan permintaan. Lalu, sumber informasi dan data yang kedua datang dari masukan manajemen supply chain yang menyediakan informasi relevan terkait permintaan yang tidak terantisipasi dan berpotensi gagal saat pemenuhan permintaan.


Menyusun rencana Demand Management

Dalam proses penyusunan demand management, pihak manajemen menyusun strategi operasional dengan mempertimbangkan kapasitas supply chain dan batasan finansial. Informasi yang telah terkumpul dapat ditambahkan sebagai langkah untuk mengantisipasi kendala saat penyusunan demand management.


Setelah pengumpulan informasi, manajemen dapat menyusun perkiraan demand management berdasarkan analisis kesalahan perkiraan, menggabungkan feedback serta mempertimbangkan kapabilitas manajemen supply chain.


Melakukan evaluasi Resiko dan Peluang

Agar manajemen supply chain perusahaan optimal, perlu dilakukan evaluasi terhadap resiko dan peluang. Resiko bisa datang dari perbedaan pada permintaan konsumen. Untuk mengantisipasinya, perusahaan dapat melakukan riset untuk mencari peluang dengan cara adaptasi rencana demand management. Sehingga perusahaan dapat menghindari kegagalan saat pemenuhan permintaan.


Demand management dapat dikatakan sebagai kunci sukses manajemen supply chain. Implementasi penyusunan rencana yang matang serta penerapan rencana demand management yang mulus akan bermanfaat bagi perusahaan. Dengan manajemen yang optimal, perencanaan dan eksekusi yang matang akan membuat perusahaan lebih adaptif dalam menghadapi kendala yang datang.


Baca Juga:

  1. Perhatikan 4 Hal berikut saat Melakukan Inbound Stok Barang dalam Gudang

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. WMS Prieds: Tingkatkan efisiensi ekosistem supply chain


Manfaat penerapan Demand Management


Demand management merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen supply chain. Untuk itu perusahaan perlu memahami, mengantisipasi perbedaan permintaan pelanggan agar dapat memenuhi kapasitas produksi.


Implementasi demand management yang baik memiliki beragam manfaat. Perusahaan pada industri manufaktur maupun distributor dapat merasakan beberapa manfaat berikut, yaitu meningkatkan permintaan stok barang perusahaan, meningkatkan kinerja supply chain, menggunakan biaya produksi yang lebih efisien, mengelola permintaan pelanggan dengan tepat dan cepat, peluang untuk mengembangkan bisnis dan memenangkan persaingan pasar.


Terapkan Demand Management dengan mudah melalui Software Manajemen Suply Chain Prieds

Terapkan Demand management dengan software supply chain management Prieds

Sudah menjadi tujuan utama dalam perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan pasar. Melihat perubahan permintaan konsumen yang cepat, serta membutuhkan akurasi untuk dapat memenuhi permintaan, perusahaan dapat mempertimbangkan Software Manajemen Supply Chain, baik software ERP maupun sistem WMS. Dengan melakukan implementasi software tersebut, perusahaan dapat meningkatkan pemenuhan, merancang demand management yang matang sekaligus bekerjasama dengan supplier untuk dapat memproduksi stok barang berkualitas.


Sebagai startup penyedia Software Manajemen Suply Chain, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen distribusi perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT, software ERP dan WMS. Beragam fitur dari Software Manajemen Suply Chain Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan demand management secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen supply chain melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Software Manajemen Suply Chain Prieds pada bisnis Anda.

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua