• kevramadhani

Perhatikan 4 Hal berikut saat Melakukan Inbound Stok Barang dalam Gudang

Proses inbound dan outbound adalah istilah yang umum ditemukan pada aktivitas pergudangan. Inbound merupakan tahap awal dalam rangkaian pengelolaan gudang, sedangkan outbound adalah tahap akhir.


Secara umum inbound dapat dipahami sebagai sebuah proses memasukkan stok barang ke dalam gudang. Proses inbound meliputi penerimaan stok barang, kontrol kualitas stok barang, pendataan stok barang dan pembuatan laporan.


4 Hal penting saat Inbound Stok Barang

Inbound stok barang saat proses pengelolaan gudang

Agar proses pengelolaan gudang berjalan dengan optimal dan perusahaan dapat menjaga kualitas produk, penting untuk memperhatikan seluruh proses pengelolaan. Salah satu tahap yang penting untuk diperhatikan yaitu saat inbound stok barang. Berikut 5 hal yang wajib diperhatikan saat melakukan proses inbound :


Perhatikan Jenis Stok Barang

Penting bagi staff gudang untuk mengetahui tiap jenis stok barang yang akan masuk ke dalam gudang, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penanganan barang. Mengetahui dengan pasti jenis dan nilai stok barang yang akan dimasukkan akan mengurangi risiko kerusakan yang mungkin terjadi. Dan juga staff gudang dapat memilah stok barang untuk disimpan pada tempat yang sesuai dengan jenis stok barang tersebut.


Mengetahui Waktu Pengiriman Stok Barang

Mengetahui kapan barang akan dikirimkan merupakan hal yang juga penting untuk diperhatikan oleh staff gudang. Sehingga staff memiliki cukup waktu untuk mempersiapkan gudang untuk proses inbound. Hal ini penting dilakukan karena dapat menghemat waktu proses inbound dan juga staff memiliki waktu untuk mengorganisir stok barang yang sudah ada sehingga tidak terjadi over-load pada gudang.


Menyiapkan Lokasi Penyimpanan Stok Barang

Selain mengetahui jenis dan waktu kedatangan stok barang, staff gudang juga perlu untuk mempersiapkan lokasi penyimpanan. Ketika inbound stok barang dalam gudang terjadi, staff gudang tidak perlu menunggu untuk memetakan lokasi penyimpanan. Selain itu, mempersiapkan lokasi penyimpanan berarti mengetahui ruang penyimpanan yang dibutuhkan dan dikelompokkan dengan jenis stok barang serupa agar memudahkan perpindahan stok barang.


Memantau Proses Inbound

Hal pertama yang penting untuk dilakukan saat proses inbound yaitu melakukan pengecekan kondisi dan jumlah stok barang sebelum diturunkan ke gudang. Setelah itu, stok barang dapat diturunkan dan lakukan proses pendataan stok barang menggunakan sistem seperti aplikasi pengelolaan gudang. Jika terjadi kendala pada barang seperti ketidaksesuaian barang (jenis dan jumlah) atau kerusakan barang,staff gudang perlu untuk membuat laporan beserta bukti foto kondisi tersebut untuk dilaporkan di Berita Acara.


Baca Juga:

  1. Alur Proses Manajemen Pergudangan yang perlu Anda Ketahui

  2. 10 Hal yang wajib dikelola dalam Supply Chain Management

  3. Pentingnya Tracking Inventory saat mengelola gudang


Optimalisasi proses Inbound Stok barang dengan Aplikasi Pengelolaan Gudang Prieds

Terapkan aplikasi pengelolaan gudang Prieds untuk inbound stok barang yang optimal

Setiap tahappada manajemen stok barang wajib diperhatikan dan dievaluasi untuk dapat meningkatkan kinerja. Agar perusahaan dapat menjaga kualitas stok barang hingga ke konsumen, maka perusahaan wajib mengetahui proses pengelolaan gudang. Salah satu tahap penting dalam pengelolaan yaitu proses inbound stok barang, karena stok barang yang datang dapat menentukan kualitas produk yang akan dihasilkan dan dikirim ke konsumen.


Menerapkan Aplikasi pengelolaan gudang dapat membantu perusahaan untuk mengawasi dan mengoptimalkan proses inbound dengan memperhatikan aspek penting saat inbound.

Sebagai startup penyedia Aplikasi Pengelolaan Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen distribusi perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan sistem WMS. Beragam fitur dari Aplikasi Pengelolaan Gudang Prieds dapat membantu bisnis anda untuk mengawasi dan mengoptimalkan proses inbound stok barang dalam gudang.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi supply chain management ataupun manajemen distribusi melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan berbagai keuntungan dengan menerapkan Aplikasi pengelolaan gudang Prieds pada bisnis Anda.


3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua