• kevramadhani

10 Hal yang wajib dikelola dalam Supply Chain Management

Supply Chain Management adalah proses mengelola pasokan bahan baku, produk, informasi, ataupun jasa yang dibutuhkan menjadi produk melalui proses yang efektif dan efisien. Proses supply chain management mencakup semua hal, mulai dari produksi hingga pengembangan produk hingga penggunaan sistem informasi yang dibutuhkan sebagai petunjuk dalam seluruh proses usaha tersebut.


Umumnya, perusahaan menerapkan supply chain management menginginkan untuk dapat mengontrol proses produksi, pengiriman dan distribusi produk secara terpusat. Dengan begitu, perusahaan dapat memangkas pengeluaran berlebih untuk pengiriman dan meningkatkan ketepatan waktu dalam pendistribusian produk pada konsumen. Selain mengontrol seluruh proses secara terpusat, baiknya perusahaan tidak melupakan hal-hal yang wajib dikelola dalam supply chain management berikut agar seluruh proses berjalan dengan optimal.


10 hal pada Supply Chain Management yang wajib dikelola

10 hal yang harus diperhatikan saat pengelolaan supply chain

Agar berjalan dengan optimal, terdapat berbagai hal dalam pengelolaan Supply Chain Management yang harus diperhatikan dan dikelola oleh perusahaan. Berikut 10 hal yang wajib dikelola dalam supply chain management :


Aliran informasi data

Supply chain management pada perusahaan harus bisa mengelola informasi data dari seluruh pihak, dari informasi data pihak awal hingga pihak akhir pengguna produk.


Proses Produksi

Untuk menciptakan pengelolaan supply chain yang efektif dan efisien, perusahaan wajib melakukan kontrol pada aliran produksi dari berupa bahan baku sampai produk jadi yang diterima oleh konsumen.


Customer Relationship Management (CRM)

Mengelola supply chain wajib untuk menciptakan ikatan emosi antar pihak yang terlibat agar seluruh pihak dapat berkontribusi demi tujuan bersama menggunakan prinsip ‘win-win solution’.


Supplier Relationship Management (SRM)

Membangun relasi yang baik dengan pihak supplier juga penting dilakukan agar proses supply chain management berjalan dengan lancar.


Customer Service Management (CSM)

Perusahaan wajib memiliki pengelolaan supply chain management yang mampu memberikan solusi yang tepat bagi semua pihak yang terlibat. Selain itu, perusahaan juga wajib membangun hubungan baik dengan pihak diluar perusahaan.


Demand Management (DM)

Supply chain management yang dikelola dengan baik mampu memberikan dukungan bagi perusahaan dalam meningkatkan permintaan produk perusahaan.


Pemenuhan pesanan

Mengelola supply chain perusahaan dengan efektif dan efisien berarti dapat bertanggung jawab pada proses pemenuhan pesanan dari mulai penerimaan pesanan, memproses pesanan, hingga pemenuhan pesanan. Selain memenuhi pesanan yang diterima, pengelolaan supply chain management baiknya memberikan standar kualitas yang baik, seperti memenuhi 6R, right goods, right place, right time, right price, right quality, and right quantity.


Akuntabilitas

Mengelola supply chain berarti bertanggung jawabuntuk mengintegrasikan seluruh proses penciptaan produk maupun jasa, dari desain awal hingga produk jadi dan diterima oleh konsumen.


Pengembangan produk dan inovasi

Tidak hanya proses produksi, pengiriman dan distribusi, pengelolaan dalam supply chain management juga bertanggung jawab atas proses pengembangan produk baru hingga proses pemasaran produk.


Pengembalian produk

Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik pada konsumen, perusahaan melalui proses supply chain management, juga mencakup pengembalian produk akibat kesalahan pengiriman, kerusakan barang, atau proses isi ulang.


Baca Juga:

  1. Perfect Order Fulfillment: Ukur kemampuan bisnis dalam memenuhi permintaan pasar

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. Perbedaan antara Warehouse Management System dengan Supply Chain Management


Prieds hadirkan solusi pengelolaan dalam Supply Chain Management yang efektif dan efisien


Mengelola hal-hal diatas dapat meningkatkan kinerja Supply Chain Management perusahaan. Dengan bantuan teknologi, saat ini pengelolaan kebutuhan dan proses rantai pasok dapat dilakukan secara otomatis dan terpusat. Sehingga seluruh informasi data yang dibutuhkan pada proses supply chain management dapat diakses secara real-time dan akurat.

Prieds hadirkan solusi pengelolaan dalam Supply Chain Management

Sebagai startup penyedia solusi Supply Chain Management, Prieds Technology hadir sebagai solusi permasalahan pengelolaan stok barang pada gudang melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan sistem WMS dan juga ERP. Beragam fitur dari solusi Supply Chain Management Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan tracking inventory secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi supply chain management dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan ERP maupun WMS sebagai solusi yang tepat pada bisnis Anda.

40 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua