• kevramadhani

Perfect Order Fulfillment: Ukur kemampuan bisnis dalam memenuhi permintaan pasar

Manajemen supply chain menjadi salah satu strategi penting bagi perusahaan untuk membangun keunggulan saat bersaing dalam pasar. Aktivitas manajemen supply chain meliputi pemenuhan (fulfilment) pasokan barang dari supplier ke manufaktur hingga pemenuhan order fulfilment dari pelanggan.


Manajemen supply chain berperan penting pada proses produksi, karena dengan produk yang tercipta perusahaan dapat memenuhi permintaan konsumen. Untuk itu, perusahaan harus mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan manajemen risiko pada manajemen supply chain..


Salah satu indikator untuk dapat mengukur kinerja supply chain adalah Perfect Order Fulfillment. Berikut pengertian dan fungsi indikator tersebut


Pengertian Indikator Perfect Order Fulfilment

Perusahaan yang memiliki gudang wajib memiliki kontrol dan pengawasan yang baik terhadap keseluruhan aktivitas supply chain. Tahap yang tidak kalah penting dalam proses supply chain yaitu adalah pengiriman stok barang. Untuk dapat mengukur tingkat kepuasan dan kesuksesan pengiriman pada pelanggan, perusahaan perlu menggunakan indikator Perfect Order Fulfillment.

Apa itu Perfect Order Fulfilment?

Indikator Perfect Order Fulfillment (POF) adalah persentase keberhasilan pemenuhan pesanan ke tempat tujuan yang tepat, dengan produk yang sesuai, jumlah produk yang tepat, pengiriman yang tepat waktu beserta dokumentasi yang lengkap dan sesuai. Sesuai dengan nama indikatornya ‘perfect’ yang berarti sempurna, proses pemenuhan pesanan dapat diukur dari beberapa aspek pada penjelasan diatas.


Fungsi POF dalam Manajemen Supply Chain

Tentunya indikator POF memiliki berbagai fungsi untuk menjaga pemenuhan pesanan secara sempurna. Berikut beberapa fungsi indikator Perfect Order Fulfillment dalam manajemen supply chain :


Mengukur Kondisi Supply Chain saat ini

Mengukur kinerja keseluruhan proses manajemen supply chain menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Mengukur dan melakukan evaluasi pada aktivitas tersebut, akan membantu perusahaan untuk menentukan titik mana pada proses supply chain yang perlu dilakukan peningkatan.


Salah satunya yaitu perusahaan perlu mengukur tingkat pemenuhan pesanan secara sempurna dengan indikator Perfect Order Fulfillment. Karena hal ini memiliki banyak kaitan dengan berbagai aspek bisnis, mulai dari tingkat kepuasan konsumen, branding, market share dan lainnya. Maka dari itu, baik dari segi penataan stok barang, pengambilan, packing hingga pengiriman, perlu dilakukan secara teliti.


Melakukan pemantauan terhadap peningkatan performa

Penting bagi perusahaan untuk dapat mengukur performa proses supply chainnya, dan juga bagaimana untuk meningkatkan performa supply chain. Dengan memiliki pemahaman terhadap indikator supply chain seperti Perfect Order Fulfillment, perusahaan dapat meningkatkan titik penting pada proses supply chain.


Tentunya, implementasi teknologi seperti aplikasi manajemen pergudangan dapat membantu perusahaan untuk dapat melakukan pemantauan performa supply chain sesuai dengan indikator POF. Selain itu, data performa dapat dipantau secara real-time dan dapat dilihat hasil peningkatan performanya.


Menjaga Performa Supply Chain

Jika dirasa performa supply chain pada perusahaan sudah baik, maka tantangan terberat yaitu menjaga performa tersebut. Indikator-indikator pada supply chain berperan penting untuk dapat mengukur dan meningkatkan performa aktivitas pergudangan.


Sebagai contoh yaitu indikator POF yang memiliki beberapa aspek penting yang perlu dieksekusi dengan sempurna. Baik dari segi kondisi barang, ketepatan waktu, dokumen lengkap, jumlah barang sesuai dan dikirim ke tujuan yang tepat, perusahaan perlu memantau dan menjaga seluruh hal tersebut. Sehingga perusahaan dapat memenuhi permintaan dan menjaga kepuasan pelanggan.


Baca Juga:

  1. Pengertian Warehouse Management System dan manfaatnya bagi Bisnis anda

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. WMS Prieds: Tingkatkan efisiensi ekosistem supply chain


Pantau aktivitas supply chain dengan Aplikasi Manajemen Gudang dari Prieds

Untuk dapat melakukan evaluasi terhadap keseluruhan proses Supply Chain, perusahaan perlu memiliki data yang lengkap sesuai Indikator Supply Chain. Penggunaan Aplikasi manajemen gudang Prieds dapat membantu bisnis untuk melakukan pemenuhan pesanan ke tempat tujuan yang tepat, dengan produk yang sesuai, jumlah produk yang tepat, pengiriman yang tepat waktu beserta dokumentasi yang lengkap dan sesuai. Sehingga perusahaan memiliki jejak rekam secara digital dan dapat melakukan evaluasi sesuai dengan Indikator Perfect Order Fulfillment.


Penerapan Warehouse Management System memiliki banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.


17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua