• kevramadhani

Pentingnya Tracking Inventory saat mengelola gudang

Pengelolaan gudang yang baik memiliki kemampuan untuk dapat mengetahui perpindahan, kondisi dan jumlah stok barang. Perusahaan perlu memiliki pencatatan yang baik dan lengkap agar pengelolaan gudang dapat berjalan dengan baik.


Istilah untuk mengetahui stok barang pada gudang adalah tracking inventory. Semakin banyak jenis stok barang yang dimiliki, maka tingkat kerumitan untuk melakukan tracking inventory semakin tinggi. Sehingga, akurasi tracking inventory perusahaan perlu ditingkatkan jika memiliki produk bervariasi.


Pentingnya Tracking Inventory

Tracking inventory adalah aktivitas pengelolaan gudang untuk memantau jumlah persediaan stok barang pada gudang tertentu dan letak stok dalam gudang. Dengan bantuan teknologi dan data yang terintegrasi, Perusahaan juga dapat mengetahui status perjalanan stok barang.

Pentingnya tracking inventory saat mengelola gudang

Proses mengelola gudang penting untuk memiliki tracking inventory yang baik. Selain melihat persediaan stok barang, tracking inventory memungkinkan perusahaan untuk mengetahui jumlah stok barang yang siap dikirim, jika terjadi order dan memperkirakan pengadaan stok barang berdasarkan volume order.


Apabila perusahaan anda memiliki lebih dari satu gudang dan produk beragam, maka tracking inventory perlu diterapkan secara efektif dan akurat. Sehingga, perusahaan dapat melakukan pemantauan stok barang pada gudang dan terhindar dari kendala saat mengelola gudang.


Manfaat Tracking Inventory

Pemantauan Stok barang yang baik

manfaat tracking inventory pengelolaan stok barang yang baik

Tracking inventory memungkinkan perusahaan untuk dapat memantau stok barang satu per satu secara detail di seluruh proses manajemen gudang. Mulai dari proses stok barang masuk, peletakan stok barang pada gudang hingga pengiriman stok barang. Dengan begitu, perusahaan memiliki data terkait lokasi terbaru dari stok barang, jumlah stok barang yang tersedia, order pembelian dan lainnya.


Menghindari kekurangan stok barang

tracking inventory meminimalisir kekurangan stok barang

Manfaat dari tracking inventory selain dapat mengetahui jumlah pasti dari stok barang yaitu perusahaan dapat mengetahui jumlah stok barang yang menipis, sehingga perusahaan dapat melengkapi jumlah stok barang sebelum kehabisan. Dengan menerapkan tracking inventory, perusahaan dapat terhindar dari permasalahan seperti kehabisan stok barang dan tidak dapat memenuhi order.


Dapat memperkirakan stok barang yang dibutuhkan

tracking inventory mempermudah prediksi kebutuhan stok barang

Memiliki perhitungan jumlah stok barang yang akurat dan dilakukan secara berkala, memungkinkan perusahaan untuk dapat melakukan perkiraan stok barang yang dibutuhkan untuk dapat memenuhi permintaan yang akan datang. Data lengkap dari tracking inventory dapat membantu perusahaan untuk dapat mengambil keputusan lebih cepat dan menghindari kelebihan ataupun kekurangan stok barang.


Deteksi permasalahan lebih cepat

tracking inventory bermanfaat untuk mendeteksi permasalahan sejak dini

Melakukan tracking inventory secara rutin bermanfaat bagi perusahaan untuk dapat mengidentifikasi anomali yang terjadi lebih awal, seperti terjadinya eror, penurunan atau peningkatan penjualan atau pengeluaran biaya yang tak terduga. Keuntungan dari mengetahui permasalahan sejak dini yaitu perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan sebelum kerugian meningkat.


Baca Juga:

  1. Minimalisir dokumen hilang saat mengelola gudang dengan Penerapan WMS

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. WMS Prieds: Tingkatkan efisiensi ekosistem supply chain


Tingkatkan akurasi Tracking Inventory saat mengelola gudang dengan aplikasi gudang Prieds

Pencatatan stok barang pada gudang wajib memperhatikan akurasi data. Dengan menerapkan tracking inventory melalui Aplikasi Gudang Prieds, perusahaan dapat menggantikan proses pencatatan secara manual dan meningkatkan akurasi pengawasan stok barang.


Sebagai startup penyedia Aplikasi Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi permasalahan pengelolaan stok barang pada gudang melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan sistem WMS dan juga ERP. Beragam fitur dari Aplikasi Gudang Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan tracking inventory secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi supply chain management dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.


5 tampilan0 komentar