top of page

Pentingnya Penerapan Supply Chain Management pada Perusahaan Ritel

Salah satu tantangan terbesar bagi perusahaan ritel adalah kehabisan stok barang disaat volume permintaan mengalami peningkatan yang tinggi. Salah satu upaya untuk dapat mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menerapkan supply chain management.


Tentunya dalam menjalankan supply chain management, perusahaan ritel perlu memperhatikan proses pengelolaan produk dan pengiriman barang, koordinasi dengan beberapa pihak yang berkaitan, hingga memenuhi setiap permintaan yang ada. Memastikan beberapa hal diatas agar berjalan secara optimal dapat membantu perusahaan ritel untuk mengatasi tantangan dalam mengelola bisnis.


Pengertian Supply Chain Management

Supply chain management merupakan proses manajemen aliran stok produk dari supplier hingga sampai kepada pengguna akhir. Dengan memiliki arus stok barang yang efektif dan efisien, perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk, memastikan produk dalam kondisi dan kualitas terbaik hingga mampu membangun kepercayaan konsumen.


Pentingnya Supply Chain Management bagi Perusahaan Ritel

Keunggulan dalam menerapkan supply chain management yaitu dapat membantu mengontrol kualitas produk, tingkat persediaan, waktu, dan pengeluaran. Selain itu, SCM juga dapat meningkatkan kerjasama perusahaan dengan beberapa pihak terkait, salah satunya seperti supplier.


Dengan peran SCM, perusahaan ritel mampu meningkatkan efisiensi biaya dan mengirimkan produk ke konsumen lebih cepat melalui kontrol yang lebih ketat terhadap persediaan dan produksi internal, distribusi, penjualan, dan inventory dari perusahaan ritel. SCM juga dapat membantu konsumen untuk memperoleh produk dari perusahaan ritel dengan lebih mudah.


Tips Menerapkan Supply Chain Management yang Optimal pada Perusahaan Ritel

Tips Menerapkan Supply Chain Management yang Optimal pada Perusahaan Ritel

Untuk dapat meningkatkan penjualan serta memberikan pelayanan terbaik, perusahaan ritel perlu mengoptimalkan supply chain management. Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan SCM :


Memiliki Manajemen Perusahaan yang Baik

Setiap bisnis membutuhkan manajemen. Tanpa manajemen yang baik, SCM tidak memiliki strategi yang jelas untuk efisiensi dan efektivitas operasional. Perusahaan ritel perlu meningkatkan kinerja manajemennya. Dengan menerapkan ini perusahaan ritel akan mampu meningkatkan komunikasi antar manajemen dan menunjukkan nilai SCM yang terorganisir.


Menerapkan teknologi

Agar SCM yang diterapkan pada perusahaan ritel berhasil, perusahaan perlu meninjau dan mengevaluasi teknologi yang akan diterapkan. Dengan mengetahui kebutuhan perusahaan, maka teknologi yang akan diterapkan, seperti software SCM, dapat membantu proses bisnis secara tepat, sehingga bisnis dapat berjalan dengan lebih efisien dan efektif.


Menjaga hubungan baik dengan supplier

Supply chain management membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Agar perusahaan ritel menjadi sukses, perusahaan perlu membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak, seperti supplier. Karena kedua belah pihak bekerja sama untuk meningkatkan hubungan pembeli/pemasok. Hal ini digunakan untuk membangun tujuan bersama untuk melanjutkan peningkatan dan nilai bisnis.


Fokus pada total cost of ownership

Total biaya kepemilikan (TCO) adalah harga pembelian aset ditambah biaya operasi. Biaya akuisisi untuk sebagian besar produk dan layanan umumnya hanya 25% hingga 40% dari TCO. Perusahaan perlu lebih fokus pada TCO yang dapat membantu meningkatkan dan menjaga kelangsungan bisnis anda dalam jangka panjang.


Optimalisasi inventory

Untuk memahami SCM secara efektif, perusahaan perlu memperhatikan Inventory beserta biaya pengelolaan seluruh inventory. Menerapkan SCM secara optimal dengan teknologi, akan mempermudah perusahaan ritel untuk meninjau tingkat inventory secara konsisten dan memastikan jumlah inventory yang dimiliki mampu memenuhi setiap permintaan konsumen.


Terapkan Supply Chain Management pada Perusahaan Ritel dengan Software SCM Prieds

Menerapkan supply chain management yang optimal akan menguntungkan perusahaan ritel dalam mengelola penjualan stok barang kepada pengguna akhir. Melalui SCM, perusahaan dapat menjaga jumlah stok barang dan mengetahui jumlah stok barang secara akurat di seluruh cabang toko. Dengan begitu, perusahaan ritel dapat memastikan produk dapat dengan mudah didapat oleh konsumen.


Sebagai startup penyedia Software SCM yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi pembukuan usaha perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software seperti WMS maupun ERP. Beragam fitur dari yang ditawarkan Software SCM Prieds dapat membantu perusahaan ritel untuk mengelola stok barang pada gudang perusahaan yang tersebar di berbagai lokasi dan melakukan stock opname secara akurat dan efisien melalui satu sistem terpusat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penerapan supply chain management pada perusahaan ritel melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan Software SCM Prieds yang dilengkapi dengan fitur lengkap, keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan.

51 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page