• kevramadhani

Ciptakan otomatisasi dalam bisnis FMCG dengan sistem ERP

Diperbarui: 3 Nov

Industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan salah satu bisnis yang dapat dikembangkan dalam waktu yang singkat. Akan tetapi, untuk dapat mengembangkan bisnis FMCG, perusahaan perlu memiliki sistem manajemen yang baik. Inilah pentingnya menerapkan sistem ERP pada industri FMCG agar dapat mengelola beragam proses yang berkaitan dengan bisnis.


Kebutuhan yang terus berkembang dari konsumen membutuhkan manajemen inventory yang solid dari pelaku bisnis FMCG. Agar bisnis FMCG dapat bertahan ditengah persaingan yang kompetitif, penerapan sistem ERP menjadi sangat penting. Karena menerapkan sistem ERP dalam bisnis dapat membantu pengelolaan inventory hingga manajemen konsumen, dan membuat perusahaan lebih unggul dari kompetitor.


Kelebihan yang ditawarkan dari sistem ERP adalah platform ini dapat membantu perusahaan untuk menjaga kualitas supply chain sekaligus proses kontrol kualitas produk. Dengan berbagai modul yang ada, seperti manajemen gudang, purchasing, akuntansi dan keuangan, manajemen supplier, manajemen dokumen dan pengelolaan penjualan, dapat mengoptimalkan proses bisnis FMCG.


Jika dari salah satu aspek diatas bermasalah, maka akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan anda. Selain itu juga, jika aspek diatas tidak dikelola dengan baik, akan berdampak pada loyalitas konsumen dan membuat perusahaan anda kehilangan kredibilitas.


Pentingnya penerapan sistem ERP pada Bisnis FMCG

Pentingnya penerapan sistem ERP pada Bisnis FMCG

Melihat dari kebutuhan bisnis FMCG yang sangat kompetitif dan selalu berkembang, penerapan sistem ERP menjadi hal yang penting. Karena kegagalan pada salah satu aspek dalam proses bisnis memiliki dampak besar yang dapat menentukan keseluruhan prospek bisnis FMCG anda. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, simak bagaimana sistem ERP sangat penting bagi industri FMCG :


Mengoptimalkan manajemen inventory

Tidak dapat dipungkiri bahwa stok barang merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari industri FMCG. Memiliki sistem yang lengkap, mulai dari keuangan hingga pengelolaan inventaris dapat menguntungkan pelaku bisnis FMCG. Terutama jika perusahaan dapat memiliki kontrol terhadap stok dan inventaris yang akan mempermudah perusahaan untuk dapat memenuhi permintaan konsumen.


Penerapan sistem ERP dapat membantu mengoptimalkan manajemen inventaris melalui perannya sebagai pusat penyimpanan dan pengolahan seluruh data dari aktifitas bisnis FMCG. Menariknya, dengan menerapkan sistem ERP, perusahaan dapat membuat perkiraan stok untuk memenuhi permintaan konsumen kedepannya.


Merampingkan alur kerja industri FMCG

Industri FMCG merupakan salah satu industri yang memiliki proses bisnis yang sangat luas. Hal ini yang membuat bisnis FMCG menghasilkan data dalam jumlah yang besar dari beberapa aspek bisnis seperti keuangan, quality control maupun bagian inventory.


Dengan sistem ERP, perusahaan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data dari beragam departemen untuk dianalisa. Sistem ERP sendiri umumnya menggunakan pusat data tunggal untuk mempermudah akses informasi. Selain itu, data pada sistem dapat membantu perusahaan untuk memiliki perencanaan yang lebih baik dan memiliki solusi pada hambatan yang ada. Contohnya seperti perampingan alur kerja melalui otomatisasi yang menggantikan alur kerja yang kompleks jika dilakukan secara manual.


Efisiensi proses supply chain management

Sistem ERP yang digunakan pada perusahaan FMCG juga dapat membantu proses manajemen supply chain. Perlu diingat, industri ini membutuhkan bahan baku yang disediakan oleh pihak supplier untuk menghasilkan produk. Selain itu, industri FMCG juga berhubungan dengan sumber daya yang ada untuk melakukan proses produksi hingga penjualan.


Dengan proses bisnis yang sedemikian rupa, sistem ERP berperan penting dalam mengorganisir kerjasama antar pihak dalam supply chain. Selain itu, perusahaan juga dapat menghindari sisa produksi yang tidak terpakai ataupun penggunaan tenaga kerja yang berlebih. Sehingga integrasi sistem ERP dalam bisnis FMCG dapat menghasilkan pertumbuhan industri.


Sistem pengelolaan gudang yang solid

Pentingnya peranan bagian keuangan dalam bisnis, pelaku industri FMCG juga tidak dapat mengesampingkan pentingnya pengelolaan gudang. Perusahaan yang bergerak pada sektor FMCG harus memiliki manajemen gudang yang solid untuk memastikan efisiensi kinerja pada seluruh proses bisnis. Penggunaan sistem ERP berperan penting untuk merampingkan alur perpindahan stok barang pada gudang. Selain itu, dengan sistem ini, bisnis FMCG juga dapat melakukan penyesuaian alur proses manajemen yang dirasa paling efisien bagi perusahaan.


Baca Juga:

  1. 5 Keuntungan POS yang Terintegrasi Sistem ERP

  2. Manfaat ERP dan IoT untuk Industri Ritel

  3. Beberapa modul software PRIEDS ERP yang wajib dimiliki Perusahaan

  4. Manfaat Integrasi Sistem Manajemen Gudang dengan ERP


Sistem ERP Prieds bantu ciptakan otomatisasi bisnis FMCG

Sistem ERP Prieds ciptakan otomatisasi bisnis FMCG

Kemudahan yang ditawarkan teknologi melalui implementasi sistem ERP dapat membantu bisnis FMCG untuk mengawasi seluruh proses manajemen bisnis. Dengan data yang terintegrasi pada satu sistem, proses evaluasi dan analisa menjadi lebih cepat dan akurat. Selain itu, proses bisnis FMCG juga dapat diotomatisasi dengan sistem ERP. Dengan begitu perusahaan dapat dengan cepat dan tepat mengambil keputusan bisnis agar perusahaan lebih berkembang.


Sebagai startup penyedia sistem ERP di Indonesia, Prieds Technology hadir sebagai solusi permasalahan pengelolaan bisnis FMCG melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan sistem ERP. Beragam fitur dari Sistem ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk mengawasi proses pengelolaan stok barang secara efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi supply chain management dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua