Manfaat ERP dan IoT untuk Industri Otomotif

Industri otomotif sangatlah dinamis karena melibatkan berbagai pelaku seperti supplier dan paarik. Industri ini juga cukup luas karena terdapat di dalamnya beberapa kegiatan seperti produksi, shipping, penjualan, hingga layanan servis. Untuk itu diperlukan sistem untuk menjalankan kegiatan bisnisnya secara efisien. Salah satunya caranya dengan menerapkan sistem ERP otomotif (Enterprise Resource Planning) berbasis IoT (Internet of Things). Nah, berikut beberapa manfaat ERP dan IoT untuk otomotif!



1. Meningkatkan Kemampuan Tracking

Perkembangan industri mobil saat ini berfokus pada kenyamanan dan keselamatan berkendara dengan berbagai komponen komunikasi dan elektronik yang canggih. Dengan menggunakan sistem ERP, pabrik dapat mengidentifikasi asal komponen yang digunakan, bagaimana proses produksi, departemen yang menangani, hingga konsumen yang membeli. Pabrik dapat menghindari kerugian seperti adanya produk yang rusak dan berakibat pada hilangnya kredibilitas. Selain itu, ERP dapat memperkuat pengawasan dalam proses produksi.

2. Dukungan Online untuk Pabrik dan Supplier

Sistem ERP memberikan antar muka (interface) yang memungkinkan adanya kolaborasi yang dapat diakses secara bersamaan baik oleh pabrik maupun supplier terkait dengan pemesanan dan pengiriman. Sistem ERP sebagai database pusat yang dapat diakses oleh pabrik dan supplier akan sangat membantu dalam rantai pasok (supply chain). Sistem ini juga bisa diakses remote, sehingga memungkinkan koordinasi dan pengawasan dari jarak jauh. Kegiatan supply chain akan berlangsung lebih efisien dan secara tidak langsung juga meningkatkan kepuasan konsumen.

3. Dukungan untuk Konsumen

Berkaitan dengan poin nomor 2, ERP dan IoT dapat meningkatkan kepuasan konsumen dengan memberikan dukungan yang menyeluruh pada konsumen. Dengan adanya IoT, mobil dapat mentransmisikan dan mengirimkan data melalui jaringan internet tanpa memerlukan bantuan manusia atau perangkat komputer. Misalnya, dengan mengirimkan notifikasi kemacetan dan kondisi lalu lintas ke smartphone secara real-time. Dari sini, pabrik dapat menerima data yang dikirimkan langsung dari produknya. Sistem ERP dapat mengorganisasi data yang dikirimkan tersebut untuk dikelola dan memilih informasi relevan untuk diteruskan kepada customer relationship management (CRM). CRM akan menggerakan bagian customer service untuk menindaklanjuti permasalahan yang dihadapi oleh konsumen.

4. Fleksibilitas di Lingkungan yang Mudah Berubah

Sistem ERP cukup fleksibel dan cepat beradaptasi pada lingkungan yang mudah berubah dengan biaya yang tidak banyak dan tidak menimbulkan kekacauan. Perkembangan dalam industri otomotif seperti penggunaan komponen elektronik menambahkan kegiatan produksi baru dimana pabrik dan juga supplier harus cepat beradaptasi. Terlebih dengan perkembangan industri otomotif yang mulai mengarah pada kendaraan listrik dan teknologi self-driving tentunya membutuhkan dukungan yang andal dari segi produsen. Dengan menggunakan ERP berbasis IoT, industri otomotif dapat selalu mengikuti perkembangan di masa depan.


Penggunaan ERP cukup penting untuk melancarkan kegiatan industri otomotif Anda terlebih dengan sistem ERP berbasis IoT di Prieds. Dengan teknologi kami, Anda dapat mengontrol komponen produksi dari mana saja. Anda juga dapat mengurangi konsumsi energi dengan teknologi otomasi dari Prieds, meningkatkan produktivitas dan performa para pekerja dengan adanya kolaborasi dan perampingan prosedur, serta meningkatkan efisiensi dengan menghilangkan tugas yang tidak diperlukan. Prieds juga mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan untuk mencegah penyebaran pandemi saat ini.





Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garment, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik disini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.

20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua