5 Keuntungan POS yang Terintegrasi Sistem ERP

Tentunya banyak pebisnis yang sudah familiar dengan sistem POS atau point of sales. Sistem atau aplikasi POS ini adalah sistem penjualan yang digunakan untuk memudahkan transaksi. Namun, sistem atau aplikasi POS seringkali terbatas dan banyak hal yang tidak bisa diatur secara kustom. Sebenarnya, sistem POS hanyalah satu bagian dari sistem bisnis yang lebih luas, atau sistem ERP. Nah, apa saja keuntungannya jika POS anda terintegrasi dengan sistem bisnis atau yang dikenal dengan sistem ERP (Enterprise Resource Planning)?

Keuntungan POS Terintegrasi Sistem ERP

1. Memudahkan Akses Data Real-Time di dalam toko dan di back-office

Akses real-time ke data penting adalah salah satu manfaat paling menarik dari mengintegrasikan sistem POS dan perusahaan Anda.

Agen penjualan Anda dapat mengakses informasi pelanggan terbaru dan riwayat pembelian untuk membantu mereka membuat rekomendasi yang lebih baik dan menutup kesepakatan secara efektif. Saat berada di back-office, bagian akuntansi dan keuangan dapat mengakses data penjualan terbaru untuk mendapatkan lebih banyak wawasan tentang bisnis.

Integrasi yang mulus antara POS dan sistem perusahaan berarti proses seperti pembukuan dasar ditangani secara otomatis. Sistem perusahaan dapat memberikan informasi tentang pendapatan dan profitabilitas, dengan kemampuan untuk menelusuri area tertentu. Ini juga dapat membantu menganalisis data penjualan dan melakukan perkiraan.

Keuntungan POS Terintegrasi ERP

Keuntungan POS Terintegrasi ERP (sumber : unsplash.com)

2. Menghilangkan Input Data secara Manual

Dengan POS terintegrasi dan sistem perusahaan, semua informasi penjualan, pelanggan, dan stok dapat diakses dari database pusat.

Ini berarti bahwa daripada memiliki data penjualan yang ditangani oleh sistem POS yang berdiri sendiri, yang kemudian harus diperbarui secara manual ke dalam sistem akuntansi atau inventaris utama, sistem POS sepenuhnya terintegrasi dengan proses bisnis back-office.

Integrasi ini menghilangkan keharusan memasukkan kembali data, yang merupakan proses yang memakan waktu dan rawan kesalahan.

3. Sistem ERP Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Sistem perusahaan dapat memberikan tampilan terintegrasi dari semua pelanggan Anda dan membuatnya dapat diakses oleh setiap faksi yang relevan dari bisnis Anda – baik di dalam toko maupun di kantor belakang. Dengan semua informasi di ujung jari mereka, perwakilan penjualan Anda dapat membangun hubungan yang lebih dalam dan lebih personal dengan pelanggan.

Dengan data riwayat pelanggan dibagikan antara POS dan sistem perusahaan, berarti penjualan dan pemasaran dapat memperoleh wawasan tentang kebiasaan pelanggan untuk membuat promosi dan kesepakatan yang memenuhi kebutuhan mereka.

Mereka dapat melihat pelanggan mana yang membeli produk apa, sehingga mereka dapat menargetkan iklan dengan lebih efektif dan membangun hubungan pelanggan yang lebih baik. Diskon khusus juga dapat diberikan kepada pelanggan tertentu dan program loyalitas dapat dilaksanakan.

Keuntungan POS Terintegrasi ERP

Keuntungan POS Terintegrasi ERP (sumber : unsplash.com)

4. Sistem ERP Meningkatkan Kontrol Inventaris

Integrasi antara sistem di dalam toko dan back-office berarti lebih banyak visibilitas dan kontrol inventaris. Prosesnya lebih otomatis dan efisien, dengan setiap penjualan mengurangi item stok yang relevan dari inventaris pengecer, memicu aktivitas lain, seperti pemesanan ulang.

Ada juga lebih banyak visibilitas stok di back-office dan di dalam toko. Misalnya, kontrol inventaris back-office dapat memberi tahu perwakilan penjualan ketika sebuah item tersedia di toko lain, sehingga mereka tidak melewatkan penjualan. Berbekal informasi real-time, mereka dapat membuat keputusan tepat waktu tentang mendiskon barang yang bergerak lambat. Mereka juga dapat menerima peringatan tentang potensi masalah, seperti produk yang kehabisan stok.

Baca juga:

  1. 4 Peluang Bisnis Online di Tahun 2021

  2. Daftar Usaha? Ini Hal yang Harus Kamu Ketahui

  3. Manfaat ERP dan IoT untuk Industri Ritel

  4. Pandemi COVID-19 Percepat Transformasi Digital, Apa Dampaknya?

  5. Smart Living dengan IoT : Gaya Hidup Terbaru Abad 21

5. Memberikan Pengalaman Omnichannel yang Sebenarnya

Integrasi antara sistem di dalam toko dan back-office Anda sangat penting untuk memastikan pelanggan Anda memiliki pengalaman belanja yang konsisten dan terintegrasi.

Misalnya, POS terintegrasi dan sistem perusahaan memungkinkan pengalaman pelanggan yang mulus di seluruh toko fisik dan toko online. Pelanggan dapat membeli barang secara online dan mengambil di toko, atau membeli secara online dan kembali di toko.

Nah, demikian beberapa keuntungan gunakan sistem point of sales yang terintegrasi dengan sistem bisnis atau sistem ERP. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut, Prieds POS sudah dilengkapi dengan sistem ERP terintegrasi dan dapat dikustom sesuai kebutuhan dengan solusi lainnya. Chat kami hari ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Chat on WhatsApp

#Jakarta #Keuntungan #ERP #POS #Indonesia #Bisnis #Teknologi #SistemERP

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua