top of page
  • kevramadhani

Dapatkan 5 keuntungan dari penggunaan Warehouse Management Software

Perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur maupun distribusi tentu memiliki tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kinerja proses pergudangan agar lebih efektif dan efisien. Dengan melakukan implementasi warehouse management software, perusahaan memiliki kontrol lebih terhadap tiap proses pergudangan. Sehingga perusahaan dapat memantau, melakukan evaluasi dan juga optimalisasi proses.


Tentunya, sebelum memutuskan implementasi warehouse management software perusahaan harus melakukan berbagai pertimbangan. Mulai dari kualitas, kompatibilitas, fitur, hingga proses maintenance dari software maupun hardware pendukung. Dengan begitu perusahaan akan mendapatkan sistem yang sesuai dengan kebutuhan dan mendapatkan value yang tinggi.


Manfaat Warehouse Management Software bagi Perusahaan

Manfaat warehouse manajemen software bagi perusahaan

Selain untuk meningkatkan kinerja manajemen gudang, perusahaan melakukan implementasi warehouse management software dikarenakan beberapa manfaat yang didapatkan. Berikut beberapa manfaatnya :


1. Mempersingkat waktu handling proses

Penerapan warehouse management software (WMS) pada manajemen pergudangan dapat mengefisiensi waktu yang dibutuhkan dalam berbagai proses pergudangan.


2. Lokasi penyimpanan stok barang lebih terorganisir

Tidak hanya membantu proses pengelolaan stok barang, warehouse management software juga dapat mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan dalam gudang. Dengan menggunakan barcode RFID, staff gudang dapat menata stok barang sesuai dengan jenisnya dan membuat penyimpanan stok barang lebih terorganisir.


3. Menekan biaya operasional

Penggunaan biaya operasional yang sebelumnya dikelola secara manual dan tidak efektif dalam penggunaannya dapat diperbaiki dengan melakukan implementasi Warehouse management software. Dengan melakukan implementasi wms, perusahaan dapat menghemat biaya operasional seperti gaji, penggunaan listrik, biaya perbaikan dan biaya pengiriman.


4. Membantu meningkatkan Pelayanan

Penerapan warehouse management software yang tepat dapat mempersingkat proses pemesanan hingga pengiriman stok barang. Perusahaan dapat dengan mudah melacak proses stok barang hingga sampai ke konsumen. Selain itu, penggunaan warehouse management software mempermudah proses kontrol kualitas produk. Sehingga konsumen mendapatkan produk dengan kualitas sesuai standar dan merata.


5. Mengoptimalkan Kinerja staff gudang

Penerapan warehouse management software dalam pengelolaan gudang berperan dalam mengoptimalkan kinerja staff gudang. Sehingga, dalam proses pengelolaan, staff gudang dapat mengetahui skala prioritas pekerjaan yang harus dilakukan. Selain itu, warehouse management software mengurangi terjadinya human error ataupun penggunaan tenaga kerja yang berlebihan.


5 Keuntungan dari Warehouse Management Software

5 Keuntungan warehouse management software

Perusahaan yang ingin implementasi warehouse management software perlu memperhatikan keuntungan yang didapat. Setidaknya terdapat 5 keuntungan yang akan didapat jika perusahaan ingin memilih warehouse management software terbaik, diantaranya :


Pengoptimalan sistem berkala

Penggunaan software pada proses manajemen gudang tentu tidak selamanya berjalan dengan mulus. Pada waktu tertentu, mungkin akan terjadi beberapa bug atau error. Akan tetapi, dengan memilih vendor penyedia warehouse management software terbaik, perusahaan tidak perlu panik. Kemudahan yang ditawarkan dari software tersebut yaitu perbaikan dan pengoptimalan berkala. Perusahaan hanya perlu memperbarui versi software terbaru. Dengan begitu error yang sebelumnya terjadi akan hilang, dan perusahaan tentu mendapat pembaruan dari segi keamanan sehingga terhindar dari ancaman siber.


Penambahan fitur terbaru

Pembaruan warehouse management software ke versi terbaru mendatangkan keuntungan lain bagi proses manajemen. Dengan pembaruan software, perusahaan akan mendapat fitur terbaru yang telah dikembangkan oleh vendor. Dan tentunya fitur-fitur tersebut semakin menunjang kinerja manajemen pergudangan perusahaan.


Dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Kelebihan dari proses manajemen melalui software yaitu perusahaan dapat menyesuaikan fitur-fitur sesuai dengan kebutuhan pengelolaan gudang. Perusahaan dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tim ahli dari vendor agar fitur yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, perusahaan juga dapat menghemat dana saat ingin melakukan implementasi warehouse management software.


Kompatibel dengan beragam Software lain

Keuntungan lain dari implementasi warehouse management software yaitu dapat dihubungkan dengan software manajemen lain. Jika perusahaan sudah memiliki sistem ERP, atau software akuntansi, warehouse management software yang baik dapat dihubungkan untuk meningkatkan fungsionalnya. Selain itu, integrasi data dari manajemen akan terkumpul menjadi satu sehingga perusahaan dapat lebih mudah untuk melakukan analisa dan evaluasi kinerja.


Proses implementasi mudah

Rumitnya proses pengelolaan gudang membuat perusahaan butuh sistem yang mudah diimplementasikan agar dapat segera digunakan. Warehouse management software terbaik menawarkan kemudahan dalam proses implementasi. Perusahaan juga dapat memilih bagaimana aliran data yang terkumpul pada sistem dapat diintegrasikan. Ditambah lagi tim ahli dari vendor memiliki berbagai pengalaman dalam melakukan implementasi warehouse management software di beragam perusahaan besar.


Dengan melakukan implementasi warehouse management software pada proses pengelolaan gudang, perusahaan dapat melakukan pengawasan, evaluasi dan optimalisasi secara akurat dan cepat. Selain itu, perusahaan mendapatkan berbagai keuntungan dan manfaat bagi bisnis.


Sebagai startup penyedia Sistem Pengelolaan Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam kelebihan yang ditawarkan oleh Warehouse Maagement Software Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses manajemen secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen supply chain melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Sistem Pengelolaan Gudang Prieds pada bisnis Anda.


11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua