• kevramadhani

Tips Memilih Warehouse management System yang tepat bagi Bisnis Anda

Digitalisasi sudah menjadi kewajiban dalam sebuah bisnis jika ingin berkembang. Menerapkan sebuah sistem kedalam proses bisnis juga membantu proses bisnis agar lebih efisien dan menekan pengeluaran yang tidak perlu. Terutama, bagi bisnis yang bergantung pada penyimpanan stok barang pada gudang, seperti distributor maupun manufaktur.


Melakukan kelola stok barang dalam gudang akan jauh lebih mudah dengan menerapkan Warehouse Management System. Beragam fitur pada WMS dapat membantu bisnis untuk melakukan efisiensi dalam manajemen gudang.


Faktor Perusahaan menggunakan Warehouse Management System dalam Bisnis

Bagi anda yang baru ingin menerapkan WMS kedalam proses bisnis anda, tentu ada beberapa pertanyaan, seperti “apakah menerapkan sistem ini akan menguntungkan bagi bisnis?” maupun pertanyaan-pertanyaan lain. Untuk itu, kami kumpulkan beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan ketika anda ingin menerapkan Warehouse Management System dalam bisnis anda.

Faktor menggunakan Warehouse Management System dalam bisnis

Apakah Bisnis anda menggunakan manajemen stok barang pada gudang?

Jika proses bisnis anda sebagian besar terjadi dalam gudang dan manajemen stok barang, maka digitalisasi dengan sistem manajemen gudang menjadi langkah yang tepat. Untuk menghindari penggunaan sumberdaya dan biaya berlebih, penerapan WMS dapat menjadi solusi bagi bisnis yang ingin melakukan optimalisasi manajemen gudang.


Proses stok opname memakan waktu yang lama

Stok opname yang dilakukan cara manual tentu memakan waktu yang lama. Selain itu, pencatatan mungkin saja tidak terstruktur sehingga data yang didapat menjadi kurang akurat. Jika bisnis anda mengalami permasalahan serupa, maka perlu dipertimbangkan untuk menerapkan sistem manajemen gudang untuk mempercepat proses stok opname.


Pencatatan tidak terstruktur dan mengakibatkan stok barang hilang hingga kadaluarsa

Perusahaan tentu ingin memberikan kualitas produk terbaiknya kepada konsumen. Untuk dapat melakukan kontrol kualitas barang, tentu perlu rekam data yang jelas dari stok barang tersebut mulai dari stok datang hingga keluar dari gudang. Dengan begitu, perusahaan dapat menentukan usia stok barang agar tidak menjadi barang stok mati. Selain itu, mengetahui usia stok barang, akan mempermudah dalam manajemen stok barang, agar produk yang akan dikirim atau dijual memiliki kualitas yang baik dan merata.


Pertimbangan untuk menggunakan WMS dalam Proses Bisnis

Perusahaan yang baru ingin menerapkan sistem manajemen gudang dapat mempertimbangkan beberapa faktor yang telah disebutkan diatas. Selain beberapa faktor diatas, baiknya jika mencari tahu lebih lanjut terkait kelebihan dan juga fitur-fitur yang dimiliki warehouse management system.

Pertimbangan menggunakan warehouse management system dalam bisnis

Ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan jika bisnis ingin menerapkan sistem manajemen gudang, diantaranya :

  1. Ketahui model bisnis anda dan juga besar pasar yang dituju. Pertimbangkan bisnis anda serta jumlah target konsumen, apakah produk anda variatif atau tidak. Dengan begitu anda dapat menyesuaikan fitur dalam WMS sesuai kebutuhan.

  2. Pahami alur bisnis anda mulai awal hingga akhir. Mengetahui tahapan proses dalam bisnis mempermudah perusahaan untuk memilih sistem yang tepat sesuai yang diperlukan, misalkan proses manajemen stok barang dapat dioptimalkan dengan bantuan wms.

  3. Tentukan pain point dalam proses bisnis anda. Setelah anda mengetahui alur proses bisnis anda dari awal hingga akhir, maka anda juga dapat menentukan titik mana yang mengalami hambatan dan perlu diubah. Dengan begitu, proses bisnis anda dapat dioptimalisasi lagi sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen.


Jika perusahaan anda telah menggunakan ERP, sistem WMS dapat diintegrasikan sehingga proses bisnis anda lebih efisien dan optimal. Mulai dari penjadwalan inbound, melacak perpindahan stok hingga laporan data stok barang dapat dilihat di berbagai perangkat.


Cari tahu lebih lanjut tentang Warehouse Management System (WMS):

  1. Pengertian Warehouse Management System dan manfaatnya bagi Bisnis anda

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. WMS Prieds: Tingkatkan efisiensi ekosistem supply chain

WMS Prieds: Solusi tepat bagi bisnis Anda!

Salah satu produk yang ditawarkan oleh Prieds yaitu Smart Warehouse Management System. WMS Prieds membantu bisnis untuk dapat mengoptimalkan ruang pada gudang, menghindari kelangkaan maupun kelebihan stok barang dan menjaga jumlah stok barang. Karena dari proses Inbound, Inventory Outbound hingga Purchase Order produk memiliki jejak rekam secara digital dan dapat dipantau dengan mudah melalui ERP yang sudah ada.

Warehouse Management System Prieds solusi untuk bisnis

Penerapan Smart Warehouse Management System memiliki banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.


3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua