• kevramadhani

3 Fungsi Utama pada Warehouse Management System yang wajib diketahui

Diperbarui: 16 Agu


Warehouse management system dirancang sebagai platform yang dapat mempermudah proses pengelolaan barang dalam gudang. Sebagai pengganti proses manajemen gudang secara manual, penggunaan warehouse management system memiliki keuntungan seperti, mengoptimalkan sumber daya, memaksimalkan ruang penyimpanan barang secara efektif hingga kontrol penuh terhadap data barang maupun keuangan.


Kelebihan dari warehouse management system adalah fleksibilitas yang ditawarkan. Anda dapat menggunakan WMS sebagai sistem yang mandiri, maupun juga dapat diintegerasikan dengan sistem seperti Enterprise Resource Planning (ERP). Tidak hanya itu, saat ini WMS juga dapat diintegrasikan dengan marketplace untuk memberikan kemudahan dalam mengontrol stok sekaligus memantau penjualan.


Selain beberapa hal diatas, masih ada beberapa fungsi dari WMS yang berguna bagi bisnis anda. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.


Fungsi Warehouse Management System bagi Bisnis


Jika bisnis anda menggunakan gudang sebagai penyimpanan, maka investasi pada warehouse management system menjadi langkah yang tepat. Karena banyak fungsi dari WMS yang dapat membantu anda mempercepat proses bisnis dengan biaya yang efektif. Berikut beberapa Fungsi yang wajib ada pada WMS :


Arus Stok Barang Dalam Gudang (Inbound, Warehouse Area, Outbound)

Fungsi WMS mengelola Alur Stok Barang dalam gudang

Inti dari manajemen gudang adalah alur pergerakan stok barang dari barang datang, penyimpanan dalam gudang hingga barang dikirim. Dengan menerapkan WMS, proses tersebut dapat dipantau dan dikelola secara terstruktur dengan melibatkan beberapa perangkat teknologi.


Perangkat teknologi yang wajib ada pada WMS yaitu RFID Scanner, Barcode dan juga sistem WMS yang dapat diakses melalui perangkat apapun. Tentunya perangkat teknologi ini bekerja secara bersamaan dan menghasilkan data yang dapat dipantau pada dashboard WMS anda. Dengan begitu anda dapat melakukan analisa stok barang pada gudang.


Penataan Layout Stok Barang dalam Gudang

Layouting stok barang dalam gudang dengan WMS

Untuk menciptakan ruang penyimpanan yang efisien, anda perlu untuk melakukan layouting pada gudang. Membuat tata ruang pada gudang akan mempermudah proses arus stok barang dalam gudang. Selain itu, menerapkan layouting akan membuat gudang dapat menampung stok barang lebih banyak dan mengurangi kerugian seperti stok barang hilang maupun rusak.


Pencatatan dan Pelacakan Stok Barang yang Akurat

Pencatatan dan Tracking Stok Barang dengan WMS

Salah satu fungsi dari warehouse management system adalah mempermudah pencatatan stok ketika masuk dan keluar. Pemantauan perpindahan, jumlah serta kondisi stok barang juga dapat dilakukan melalui WMS.


Perusahaan juga dapat menentukan usia barang dan menjaga kualitas barang dengan menggunakan WMS. Dengan menerapkan metode First In First Out (FIFO), perusahaan dapat memberikan kualitas yang sama disetiap produknya.

Baca juga:

  1. Kenali fitur Multi-site Management dalam Warehouse Management System

  2. Tingkatkan Kualitas Produk melalui Smart Warehouse Management System

  3. WMS solusi permasalahan stok barang hilang saat pengiriman


Kembangkan Bisnis anda dengan menggunakan WMS Prieds


Fungsi Warehouse Management System bagi Bisnis

Proses manajemen stok barang akan lebih efisien dan optimal jika melakukan penerapan Warehouse Management System. Beragam fitur dan kelebihan yang ada pada WMS dapat menunjang bisnis Anda. Para pelaku bisnis pada industri ini dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal dan juga memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga pelaku bisnis dapat berfokus pada pengembangan produk dan bisnis.


Menerapkan Warehouse Management System pada manajemen stok barang, akan banyak keuntungan yang dapat dirasakan bagi bisnis anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Warehouse Management System pada bisnis Anda.

58 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua