top of page
  • kevramadhani

Tingkatkan Performa Bisnis industri Distribusi dengan Implementasi ERP

Diperbarui: 3 Jan

Bisnis distribusi dikenal sebagai industri yang memiliki beragam proses dari mendapatkan stok produk dari manufaktur hingga proses pendistribusian kepada konsumen ataupun retail. Tentunya bisnis distribusi memiliki stok barang yang bervariasi dan dalam jumlah yang besar. Untuk itu, perlu bagi perusahaan distributor untuk dapat mengoptimalkan proses bisnisnya agar dapat bersaing dan memenuhi permintaan pasar.


Industri distributor merupakan salah satu industri yang dapat memanfaatkan teknologi ERP untuk dapat meningkatkan kinerja bisnisnya. Implementasi teknologi ini sangat dibutuhkan terutama jika keseluruhan atau sebagian proses bisnis masih dilakukan secara manual, yang rentan terjadi kesalahan akibat human error. Untuk menghindari permasalahan tersebut, maka perusahaan perlu mempertimbangkan untuk melakukan investasi ERP Distributor.


Manfaat ERP bagi performa bisnis Distributor

Manfaat ERP Distributor

Mengoptimalkan penggunaan biaya operasional

Perusahaan yang bergerak pada industri apapun menginginkan penggunaan biaya operasional untuk lebih optimal. Dengan menerapkan ERP untuk Distributor, perusahaan dapat melakukan pengelolaan biaya operasional secara optimal. Salah satu contohnya yaitu perusahaan dapat mempercepat proses pencatatan dengan ERP. Dengan adanya ERP perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya operasional yang besar untuk staf, dan tentunya hasil pencatatan tersusun dengan rapih dan akurat. Selain itu, ERP Distributor memungkinkan perusahaan untuk membuat perkiraan penjualan dan pemasukan. Dari data tersebut, perusahaan akan lebih mudah untuk mengoptimalkan biaya operasional.


Penyaluran Informasi secara Lengkap, Akurat dan Real-Time

ERP Distributor memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan dan menyalurkan informasi secara lengkap dan akurat secara real-time. Artinya, ketika staf gudang melakukan pencatatan stok barang, maupun perencanaan manajemen stok, seluruh staf hingga petinggi perusahaan dapat mengetahui aktivitas yang sedang berjalan. Informasi yang didapatkan secara real-time juga akan meningkatkan kinerja staf untuk menjalankan proses bisnis, sehingga staf mengetahui tugas yang perlu dilakukan berdasarkan skala prioritasnya. Selain itu, informasi real-time akan membantu perusahaan dalam melakukan evaluasi kinerja dan langkah optimalisasi yang diambil akan sesuai dengan kebutuhan proses bisnisnya.


Mempermudah Perusahaan untuk melakukan Pengawasan pada Proses Bisnis

Agar perusahaan dapat selalu meningkatkan performa, maka perlu pengawasan pada seluruh proses bisnis. Dengan menerapkan ERP perusahaan distribusi memiliki visibilitas yang baik terhadap seluruh aktivitas yang sedang berjalan. Selain itu, perusahaan juga dapat memantau riwayat kinerja sebagai bahan evaluasi. Memiliki pengawasan secara menyeluruh tentu bermanfaat bagi perusahaan, terutama untuk terhindar dari kesalahan maupun permasalahan lain pada proses bisnis. Dengan begitu, permasalahan yang ada akan bisa segera teratasi dan proses bisnis menjadi lebih optimal.


Meningkatkan Kinerja Manajemen Stok Barang pada Gudang

Industri distribusi sangat erat kaitannya dengan manajemen stok barang pada gudang. Untuk itu, perusahaan perlu berfokus dalam meningkatkan kinerja manajemen supaya lebih optimal. Dengan melakukan implementasi ERP Distributor, perusahaan dapat melakukan pengelolaan stok barang dengan lebih optimal. Mulai dari pencatatan stok barang, proses pengelolaan stok barang dalam gudang, kontrol kualitas hingga penjualan dapat dikelola melalui satu sistem. Selain itu, beberapa permasalahan yang kerap muncul akibat proses dilakukan secara manual tidak lagi terjadi, sehingga hasil pengelolaan lebih akurat.


Meningkatkan Penjualan Produk

Selain berguna bagi petinggi perusahaan dan staf gudang, implementasi ERP juga bermanfaat bagi staf penjualan. Data manajemen stok barang, biaya dan penjualan akan terorganisir pada satu sistem dan dapat digunakan untuk memperkirakan penjualan produk. Selain itu ERP Distributor juga dapat melakukan monitoring pada status penjualan dan memiliki data riwayat penjualan secara lengkap. Dari data tersebut staf penjualan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, terutama pada konsumen tetap dan juga data tersebut dapat digunakan untuk mempertimbangkan penjualan pada konsumen baru. Salah satu caranya dengan memberikan diskon bagi konsumen tetap ataupun penawaran menarik dengan melihat pendapatan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya melalui peningkatan penjualan serta memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh konsumennya.


Meningkatkan Kepuasan Pelanggan terhadap Perusahaan

Bisnis yang berkembang tentu memiliki pelanggan dengan tingkat kepuasan yang baik. Perusahaan distributor dapat memanfaatkan ERP untuk membantu meningkatkan kepuasan konsumen. Menawarkan kualitas produk yang baik dan merata, tingkat pemenuhan permintaan yang bagus, serta layanan after sales yang memuaskan akan membuat konsumen menjadi loyal dengan produk tertentu ataupun perusahaan tertentu. Tentunya hal yang menunjang kepuasan pelanggan tersebut dapat dilacak pada ERP Distributor. Dengan mengoptimalkan data tersebut kedalam layanan yang ditawarkan perusahaan, maka kepuasan pelanggan akan selalu meningkat dan menjadi konsumen tetap.


Segera Implementasi ERP Distributor dan tingkatkan performa bisnis Anda!

Tingkatkan performa bisnis distribusi dengan implementasi ERP

Implementasi ERP pada bisnis merupakan sebuah langkah yang besar, mengingat perusahaan perlu mengeluarkan biaya yang lebih demi meningkatkan performa bisnis. Untuk itu, perusahaan perlu memilah vendor ERP Distributor yang sesuai dengan kebutuhan dan mampu memberikan value yang lebih. Dengan begitu, proses bisnis distribusi dapat berjalan lebih optimal dengan adanya sistem ERP.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan ERP. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Software ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses bisnis secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait implementasi ERP untuk kebutuhan distribusi melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan beragam keuntungan dengan menerapkan jenis Software ERP Prieds yang tepat pada bisnis Anda.


3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua