top of page
  • kevramadhani

Pahami Jenis Software ERP sebelum melakukan implementasi dalam Perusahaan

Software Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem untuk melakukan perencanaan dan pengelolaan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan dari penerapan ERP yaitu agar proses perencanaan dapat dilakukan secara efisien dan perusahaan dapat terus meningkatkan pelayanan yang diberikan untuk konsumen.


Perusahaan perlu menyeleksi software ERP yang akan digunakan sesuai proses bisnisnya agar dapat mengoptimalkan biaya sesuai dengan alokasinya. Dengan memilih jenis software ERP yang tepat, perusahaan perusahaan dapat merasakan berbagai manfaat dan keuntungan dari implementasi yang dilakukan.


Industri yang cocok untuk menerapkan Software ERP

Industri yang tepat untuk menerapkan Software ERP

Salah satu kelebihan dari Software ERP yaitu dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Baik UMKM hingga perusahaan besar dapat mengoptimalkan proses bisnisnya melalui implementasi ERP. Beberapa industri di mana bisnis kecil dan besar biasanya menggunakan ERP System adalah:

  1. Manufaktur

  2. Distribusi

  3. Ritel

  4. Industri IT

  5. Perhotelan

  6. Konstruksi

  7. Pertahanan

Tiap-tiap industri diatas tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda. Untuk itu, perusahaan perlu mencari vendor software ERP yang menyediakan fleksibilitas konfigurasi. Dengan begitu, implementasi yang dilakukan perusahaan dapat meningkatkan kinerja, dan menjadi solusi permasalahan bisnis.


Selain menyediakan fleksibilitas konfigurasi, perusahaan juga perlu mempertimbangkan biaya yang perlu dikeluarkan untuk melakukan implementasi. Untuk tahap implementasi memang membutuhkan biaya yang cukup besar, sehingga perusahaan perlu mencari vendor software ERP yang memberikan nilai lebih dari budget yang dimiliki perusahaan.


Beberapa Jenis Software ERP yang perlu diketahui

Beberapa Jenis Software ERP

Jenis software ERP dapat dikategorikan berdasarkan pilihan metode implementasinya pada perusahaan. Secara umum, terdapat 3 jenis metode implementasi yaitu On-premise, Hybrid dan Cloud-base.


Tentunya dari tiap jenis implementasi software ERP memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, saat ini hingga tahun 2023, tren software ERP mulai beralih menggunakan sistem berbasis cloud. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan dari 3 jenis software ERP :


Software ERP jenis On-Premise

Jenis software ERP on-premise yaitu implementasi dilakukan langsung ke server milik perusahaan. Kelebihan yang ditawarkan dari jenis ini yaitu perusahaan memiliki kontrol penuh dalam mengelola software ERP dan data dari perusahaan dibagikan melalui local network sehingga lebih mudah menjaga kerahasiaan.


Disisi lain, menerapkan software ERP on-premise juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya, dengan memiliki kontrol penuh, perusahaan perlu memiliki tim IT yang handal untuk mengelola dan melakukan pemeliharaan software ERP beserta server perusahaan yang mana akan membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, fitur-fitur terbaru yang diciptakan oleh vendor software ERP tidak dapat langsung dinikmati, dan perusahaan harus menghubungi pihak vendor jika ingin melakukan penambahan konfigurasi.


Software ERP Hybrid

Seperti namanya, software ERP jenis hybrid merupakan gabungan dari jenis on-premise dan cloud-base. Jenis ini menawarkan kelebihan yang dimiliki masing-masing jenis. Dengan menerapkan Software ERP jenis hybrid, perusahaan akan dapat tetap menjalankan proses bisnisnya tanpa harus terhubung dengan internet. Disisi lain, ketika software terhubung dengan internet, perusahaan dapat melakukan pembaruan sistem dan peningkatan keamanan berkala yang diberikan oleh vendor tanpa perlu repot melakukan implementasi ulang.


Software ERP Cloud-base

Jenis software ERP ini disebarkan melalui web yang memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem kapan pun dan dimana pun, dengan memiliki koneksi internet. Cloud-base Software ERP memiliki kelebihan yaitu perusahaan tidak perlu melakukan instalasi apapun dan tidak perlu memiliki server internal. Selain itu, software ERP berbasis cloud menawarkan pembaruan dan pemeliharaan sistem secara berkala dengan cepat melalui internet. Dengan begitu, ketika perusahaan mengakses sistem, maka akan otomatis akan mendapatkan versi sistem terbaru.


Secara proses implementasi, software ERP cloud dapat diterapkan pada perusahaan melalui 3 cara, yaitu :


  1. Software ERP menggunakan private cloud, yaitu dengan menggunakan hosting yang dimiliki oleh perusahaan, ataupun perusahaan dapat menggunakan layanan pihak ketiga sebagai “instalasi” Software ERP. dengan menerapkan cara ini, perusahaan akan memiliki kontrol dan keamanan data yang lebih baik.

  2. Software as a Service (SaaS) merupakan ERP yang dapat diimplementasikan melalui sistem berlangganan. Dengan menggunakan cara ini, perusahaan dapat mengatur biaya yang dibutuhkan, karena biaya langganan umumnya dihitung dari jumlah pengguna.

  3. Public cloud Software ERP, mirip seperti cloud pribadi, namun public cloud ERP menawarkan biaya paling murah dan kemudahan saat melakukan proses implementasi. Selain itu, dengan menggunakan public cloud, perusahaan terhindar dari biaya pemeliharaan dan sumber daya sistem yang tersebar di internet dapat langsung digunakan.


Namun dibalik keunggulan dan beragam cara implementasi pada perusahaan, software ERP berbasis cloud tidak terlepas dari kekurangan. Salah satu kekurangan terbesarnya yaitu agar sistem dapat berjalan, perusahaan harus selalu terhubung dengan internet, karena seluruh aliran data disimpan pada web.


Dapatkan Software ERP yang tepat sesuai dengan kebutuhan Perusahaan Anda!

Agar proses implementasi software ERP berhasil, perusahaan perlu mempertimbangkan vendor software agar dapat menemukan yang terbaik. Setelah memilih vendor, perusahaan perlu mengetahui kebutuhan sesuai dengan industrinya, dan juga jenis implementasi yang paling optimal bagi perusahaan. Dengan begitu, proses implementasi software ERP dapat berhasil dan mampu mengoptimalkan proses bisnisnya.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan ERP. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Software ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses bisnis secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait implementasi software ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan beragam keuntungan dengan menerapkan jenis Software ERP Prieds yang tepat pada bisnis Anda.

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua