top of page
  • kevramadhani

Tren fitur Aplikasi ERP di tahun 2023 yang wajib dimiliki perusahaan

Kondisi pandemi yang mulai dapat dikontrol, membuat banyak bisnis kembali beroperasi seperti normal. Tentunya pandemi memberikan dampak dengan merubah kondisi pasar dan kebiasaan konsumen. Selain itu, dampak yang dirasakan seperti sumber daya terbatas, keterbatasan waktu hingga peningkatan dan perubahan permintaan konsumen merupakan tantangan yang akan dihadapi oleh perusahaan bahkan hingga tahun 2023.


Agar perusahaan selalu siap menghadapi perubahan pasar, perusahaan juga perlu menerapkan dan memperbarui Aplikasi ERP yang digunakan. Dengan melakukan peremajaan aplikasi ERP, parusahaan akan mendapat beragam fitur terbaru, tingkat keamanan yang baik dan juga perbaikan dari bug yang ada. Dan bagi perusahaan yang ingin melakukan implementasi aplikasi ERP, maka dengan mengikuti tren perkembangan software akan mengerti konfigurasi yang paling cocok bagi bisnisnya.


Tren Fitur Aplikasi ERP tahun 2023

Tren Aplikasi ERP di tahun 2023

Agar dapat beradaptasi dengan perubahan permintaan pasar, maka aplikasi ERP harus mampu mengikuti dengan melakukan beberapa pembaruan dan penambahan fitur. Berikut beberapa tren fitur aplikasi ERP di tahun 2023 :


Aplikasi ERP berbasis teknologi Cloud

Tren penerapan aplikasi berbasis teknologi cloud untuk berbagai industri mulai meningkat. Hal ini dikarenakan sistem cloud menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam penerapannya pada proses bisnis, salah satunya yaitu aplikasi ERP. perusahaan dapat memilih beberapa teknologi cloud pada aplikasi ERP mulai dari cloud pribadi, cloud umum hingga menerapkan sistem hybrid.


Migrasi ke teknologi cloud memiliki lebih banyak keuntungan. Selain fleksibiilitas dalam penerapannya, perusahaan dapat mengurangi biaya pemeliharan dengan sistem in-house. Aplikasi ERP berbasis cloud juga menawarkan pembaruan sistem yang lebih cepat, dan memiliki tingkat keamanan yang lebih baik.


Dapat dihubungkan dengan perangkat IoT

Untuk meningkatkan fungsi dan efektifitas perencanaan sumber daya pada perusahaan, implementasi aplikasi ERP harus dapat dihubungkan dengan perangkat IoT. Dengan begitu fungsi dari aplikasi tidak hanya sebatas sebagai sarana pengolahan data dan perencanaan, tetapi juga sebagai pusat pengumpulan dan pengambilan data melalui peraangkat seperti RFID Barcode.


Keuntungan dari integrasi aplikasi ERP dan IoT memangkas banyak biaya dari proses koleksi data dan proses pemantauan. Segala proses dalam pengelolaan sumber daya dapat terekam dan dilihat secara langsung melalui beragam perangkat. Selain itu, dari segi keamanan dan arus informasi, perusahaan dapat memberikan akses tertentu sesuai dengan posisi dan tanggung jawab dari staff yang ada.


Dapat diakses melalui Mobile

Saat ini, sebagian besar orang lebih memilih menggunakan mobile dari pada komputer untuk dapat melakukan beragam aktivitas. Hal ini juga berlaku dalam bisnis, yang lebih mengandalkan aplikasi pada mobile. Selain ringan, perangkat mobile saat ini memiliki kecepatan yang menyamai komputer. Terlebih lagi perangkat mobile benar-benar terbukti memiliki pengaruh pada produktivitas jika dilihat secara keseluruhan.


Solusi pengelolaan sumber daya menggunakan aplikasi ERP saat ini membutuhkan akses yang dapat dilakukan dari bermacam perangkat. Untuk itu, salah satu fitur aplikasi ERP yang harus dimiliki perusahaan yaitu dapat diakses melalui mobile. Hal ini tentu tidak begitu sulit dilakukan mengingat sudah banyak aplikasi ERP yang berbasis teknologi cloud.


Aplikasi ERP yang dapat diakses melalui mobile tentu memiliki value lebih, terutama dalam melakukan analisis data dan perencanaan. Dengan begitu, petinggi perusahaan juga dapat melakukan pemantauan secara lebih mudah dan fleksibel, dan meningkatkan akurasi dalam mengambil langkah dalam mengoptimalisasi bisnis.


Manajemen Data yang lebih Optimal

Agar perusahaan dapat mengukur kinerja proses manajemen, serta dapat membuat perkiraan permintaan pasar, maka pengambilan data yang akurat menjadi hal yang penting. Manajemen data yang optimal tentu memiliki dampak besar bagi pengembangan bisnis. Selain itu proses data-driven memiliki permintaan yang tinggi karena memiliki beragam fungsi dalam pengelolaan bisnis.


Integrasi ERP yang lebih mudah

Pengelolaan proses bisnis melalui sistem menghadirkan fleksibilitas dan kemudahan melalui beragam fitur yang ada. Aplikasi ERP sebagai contohnya, dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem lain yang menunjang bisnis. Jika bisnis menjual stok barang melalui e-commerce, maka data penjualan dapat diintegrasikan dengan aplikasi ERP. selain itu, aplikasi ERP memiliki berbagai modul untuk menambah fungsi, seperti pengelolaan gudang dengan integrasi WMS, modul akuntansi, modul pengelolaan data, dan beragam modul penunjang proses bisnis lainnya.


Proses integrasi aplikasi ERP tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi, beberapa vendor menyediakan kompatibilitas modul yang baik, sehingga perusahan hanya perlu melakukan konsultasi, dan proses integrasi dilakukan dengan mudah dan cepat.


Menawarkan Update Keamanan dan Perbaikan

Pengelolaan sumber daya berbasis sistem, memiliki kelebihan dari segi efisiensi, efektifitas dan juga keamanan. Terlebih lagi, jika sistem yang digunakan berbasis cloud. Di era serba digital, serangan terhadap keamanan sistem kian meningkat, terlebih lagi pada sistem yang digunakan pada Industri, yang masih minim perhatian terhadap keamanan.


Aplikasi ERP, terutama yang berbasis cloud, menawarkan pembaruan sistem secara berkala. Pembaruan ini umumnya memberikan fitur terbaru, perbaikan pada sistem dan juga pembaruan dari segi keamanan.


Gunakan Aplikasi ERP Terbaik dan dapatkan beragam fitur terbaru yang bergunda bagi Perusahaan

Gunakan Aplikasi ERP Terbaik dan dapatkan beragam fitur terbaru yang bergunda bagi Perusahaan

Fitur-fitur diatas dapat dijadikan perusahaan sebagai pertimbangan sebelum melakukan implementasi sistem ERP dalam bisnis. Selain itu, perusahaan yang telah menggunakan aplikasi ERP, namun tidak mendapat fitur diatas, maka dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ERP terbaik yang selalu update dengan tren. Dengan mengikuti tren teknologi, perusahaan akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan pasar yang terjadi.


Sebagai startup penyedia Aplikasi ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen perencanaan sumber daya perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT. Beragam kelebihan dan fitur yang ditawarkan oleh Aplikasi ERP Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses bisnis secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen inventory melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan beragam keuntungan dengan menerapkan Aplikasi ERP Prieds pada bisnis Anda.

28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua