4 Manfaat ERP dan IoT di Pabrik

Apa Pentingnya ERP dan IoT dalam Pabrik?

Perkembangan zaman mengharuskan pabrik untuk bergerak cepat mengikuti teknologi yang sedang berkembang. Pabrik yang maju tentunya memerlukan system ERP dan IoT yang dapat diandalkan. Apalagi di tahun 2021 ini dunia bisnis masih dilanda ketidakpastian. Simak artikel ini untuk mengetahui mengapa penggunaan sistem ERP dan IoT akan berguna untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas di pabrik Anda.

Manfaat ERP dan IoT Pabrik

Sourde : Unslpash

Apa itu ERP dan IoT?

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) mengintegrasikan semua aspek bisnis (sumber daya, operasi, pemantauan, pelaporan, penjualan, akuntansi dan keuangan). Sedangkan IoT (Internet of Things) mengintegrasikan mesin dan gawai yang ada ke dalam internet. Sistem ERP yang menggunakan IoT akan memberikan solusi terintegrasi bagi pabrik Anda yang dapat mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan produktivitas pabrik.

Berikut adalah 4 manfaat ERP dan IoT yang dapat memberikan solusi terintegrasi bagi pabrik Anda.

Manfaat ERP dan IoT Pabrik

Sourde : Unslpash

1. ERP Membantu Manajemen Setiap Aspek Usaha

Setiap pabrik memiliki divisi usaha yang berbeda-beda, bergantung dengan kompleksitas pabrik tersebut. Divisi yang berbeda ini membutuhkan manajemen yang terstruktur agar setiap divisi dapat berjalan dengan harmonis dan efisien. Solusi ERP dapat membantu manajemen semua aspek usaha, baik itu divisi operasional, penjualan, produksi, pemasaran, keuangan dan lainnya. Solusi ERP akan menyederhanakan proses bisnis dan mendorong otomatisasi untuk semua bagian di pabrik. Semua data dapat tersedia di lokasi terpusat dengan visibilitas lengkap.

2. IoT Membantu Mengumpulkan Data Real Time

Manfaat ERP dan IoT Pabrik

IoT Membantu Mengumpulkan Data Real Time

Dengan integrasi IoT ke dalam ERP, data disajikan secara real-time, sehingga setiap personel dapat memantau status produksi tanpa bergantung pada orang lain atau tim. Perusahaan juga akan mengurangi ketergantungan pada proses manual berkat otomatisasi proses. Hal ini akan mempercepat proses produk produksi, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan profitabilitas secara signifikan.

3. Menanggapi Kondisi Pasar dengan Lebih Cepat

Saat Anda menggunakan sistem ERP, analisis data dapat dilakukan secara real-time sehingga membantu bisnis Anda memperkirakan, merencanakan, menyesuaikan, dan merespons perubahan kebutuhan pasar dengan lebih baik dan lebih cepat. Hal ini tentunya penting untuk menjawab kebutuhan pasar dan konsumen yang selalu berubah. Dengan memakai sistem ERP, bisnis Anda akan lebih efisien dan dinamis.

Baca juga:

  1. 4 Peluang Bisnis Online di Tahun 2021

  2. Daftar Usaha? Ini Hal yang Harus Kamu Ketahui

  3. Manfaat ERP dan IoT untuk Industri Ritel

  4. Pandemi COVID-19 Percepat Transformasi Digital, Apa Dampaknya?

  5. Smart Living dengan IoT : Gaya Hidup Terbaru Abad 21

4. ERP dan IoT Mendukung Smart Supply Chain

Manfaat ERP dan IoT Pabrik

ERP dan IoT Mendukung Smart Supply Chain

Di era pandemi seperti sekarang, industri perlu menerapkan smart supply chain untuk mendukung peningkatan semua indikator kinerja operasional. Pabrik perlu mengupayakan fleksibilitas operasional, terutama kemampuan untuk menambah atau mengurasi kapasitas produksi. Dengan sistem ERP yang terintegrasi dengan IoT, semua lini usaha seperti produksi, inventaris, dan pengiriman dapat dilacak secara real time sehingga dapat mengurangi biaya dan risiko supply chain. Misalnya, sistem ERP dapat menerima sinyal dari mesin saat kehabisan bahan baku atau melacak alur produksi dengan tag geolokasi. Pendekatan yang lebih holistik ini bermanfaat untuk meningkatkan perencanaan dan proses produksi di sepanjang jalur rantai pasok. Perusahaan dapat mendeteksi kesalahan lebih dini dan menanggulangi masalah dengan lebih cepat.

Sistem ERP dari Prieds Technology terintegrasi dengan banyak modul sehingga tidak ada lagi pekerjaan manual yang harus dilakukan antar sistem. Sistem ERP Prieds juga terintegrasi dengan sistem lain untuk memastikan proses usaha Anda berjalan dengan lancar.

Prieds Technology adalah penyedia sistem ERP dan IoT yang dapat diintegrasikan dalam berbagai bisnis, kami telah bekerja dengan lebih dari 12 industri, termasuk manufaktur tekstil atau garmen, otomotif, logistik, FMCG, kesehatan, dan lainnya. Prieds dapat membantu Anda untuk berkonsultasi secara gratis. Klik di sini, email kami hello@prieds.com atau hubungi Whatsapp kami.


Chat on WhatsApp

#StrategiDigital #IoT #Manufaktur #AplikasiBisnis #Pabrik #Bisnis #Teknologi #SistemERP

29 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua