• kevramadhani

Tips hadapi 3 permasalahan Outbound Stok Barang saat mengelola gudang

Untuk dapat memiliki pengelolaan gudang yang optimal, perusahaan harus mengetahui tiap alur yang ada. Salah satu proses penting saat mengelola gudang yaitu proses outbound stok gudang. Proses ini menyangkut alur keluar stok barang dari gudang.


Tentunya kesalahan dalam melakukan outbound stok barang bisa saja terjadi. Untuk itu, dengan mempelajari dan memahami alur mengelola gudang, perusahaan dapat melakukan evaluasi kinerja dan mengantisipasi terjadinya permasalahan saat outbound stok barang.


Pahami alur Outbound Stok Barang

memahami alur outbound stok barang

Outbound stok barang merupakan salah satu alur penting dalam mengelola pergudangan. Perusahaan tidak hanya fokus pada pengadaan atau inbound, tetapi proses pengeluaran stok barang dalam gudang untuk kemudian dikirimkan atau dijual juga menjadu hal yang penting dan berkaitan dengan pendapatan perusahaan.


Outbound dan inbound stok barang adalah dua aktivitas pergudanganberbeda dan tidak dapat dipisahkan. Karena, selain berfungsi untuk melancarkan proses keluar masuk stok barang, dua proses ini juga berpengaruh pada supply chain, juga kelancaran dalam memenuhi permintaan pasar dan tingkat kepuasan konsumen.


Terdapat beberapa tahap dalam proses outbound stok barang, diantaranya :

  1. pengemasan barang

  2. Pengiriman (shipping)

  3. Produk sampai ditangan pelanggan

Oleh karena itu, proses outbound stok barang mempengaruhi kinerja perusahaan karena berhadapan langsung dengan kepuasan pelanggan dan citra produk dari sudut pandang konsumen.


Baca Juga:

  1. Minimalisir dokumen hilang saat mengelola gudang dengan Penerapan WMS

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. WMS Prieds: Tingkatkan efisiensi ekosistem supply chain


Permasalahan yang sering terjadi saat Outbound Stock Barang saat Mengelola Gudang

Permasalahan umum outbound stok barang saat mengelola gudang

Kurang Teliti dalam Pencatatan Stok Barang

Saat proses outbound stok barang, aktivitas pencatatan yang akurat menjadi kunci untuk menyelaraskan jumlah stok barang yang keluar dari gudang, jumlah asli stok barang dan juga dengan data pada sistem pengelolaan gudang. Pencatatan yang tidak akurat dapat menimbulkan masalah dalam proses outbound stok barang.


Sebelum stok barang keluar dari gudang, umumnya staff gudang akan melakukan stock opname untuk memastikan jumlah stok yang ada pada gudang memadai. Jika pencatatan stok tidak sesuai dengan jumlah fisik, maka akan terjadi selisih stok barang yang berdampak pada kinerja proses pengelolaan gudang.


Terjadi selisih Stok Barang

Imbas dari pencatatan dan stock take yang kurang akurat saat proses outbound yaitu terjadi selisih pada jumlah stok barang. Selisih saat stock opname mengakibatkan beberapa kerugian dan menghambat aktivitas mengelola gudang. Beberapa dampaknya yaitu, staff gudang perlu melakukan evaluasi pencatatan yang membuat manajemen tidak efisien, kegagalan dalam memenuhi permintaan yang dapat merugikan perusahaan, dapat menimbulkan dead stock hingga pemborosan waktu akibat stok kurang dan perusahaan perlu melakukan pengadaan stok barang.


Memiliki Dead Stock pada gudang

Selain permasalahan pencatatan dan selisih jumlah, permasalahan lain yang sering terjadi dalam proses outbound adalah dead stock. Pengelolaan yang tidak efisien dan efektif dapat mengakibatkan penurunan kualitas stok barang. Sehingga, ketika stock barang diproses untuk pengiriman, akan ditemukan beberapa stok dalam kondisi yang tidak layak. Jika stok barang tersebut tidak diganti maka akan berimbas pada penurunan kepuasan pelanggan dan dan peningkatan biaya dari perusahaan.


Tips mengatasi permasalahan pada Proses Outbound

Tips hadapi Permasalahan outbound stok barang saat mengelola gudang

Dari permasalahan proses outbound stok barang yang telah disebutkan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kerugian bagi perusahaan. Selain mengantisipasi, tips ini juga bisa digunakan sebagai bahan optimalisasi saat mengelola gudang. Berikut beberapa tipsnya :


Rencanakan Pencatatan dan Stock Take Secara Teratur

Untuk mengantisipasi hasil pencatatan stok barang yang tidak akurat, manajemen gudang dapat menjadwalkan secara rutin untuk dilakukan stock take dan pencatatan jumlah stok barang. Pencatatan dan stock take dapat dilakukan sebelum memasuki proses outbound dan juga setelah proses outbound stok barang selesai.


Hal ini dilakukan agar seluruh proses mengelola gudang dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya permasalahan seperti selisih stok barang ataupun mengakibatkan dead stock. Proses outbound yang berjalan dengan optimal tentunya akan mendatangkan berbagai keuntungan bagi perusahaan.


Menerapkan Layout pada Gudang

Meningkatkan efisiensi proses outbound juga dapat dilakukan dengan cara menerapkan layout pada gudang. Penggunaan tata letak rak barang untuk menyimpan stok dapat memudahkan proses kontrol kualitas dan juga proses picking saat ada permintaan outbound.


Agar proses outbound stok barang lebih efisien dan efektif, rak-rak yang digunakan sebaiknya dibedakan berdasarkan jenis, ukuran serta jumlah stok barang yang ditandai dengan menggunakan sistem kode. Sehingga, proses picking dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.


Implementasi Sistem Pengelola Gudang

Untuk mempermudah proses mengelola gudang serta memantau outbound stok barang, perusahaan dapat berinvestasi pada teknologi seperti sistem pengelolaan gudang. Selain itu, perangkat teknologi seperti RFID juga dapat diterapkan dan disambungkan dengan sistem.


Sistem pengelolaan gudang dapat mempermudah manajemen gudang perusahaan untuk melakukan pencatatan dan stock take saat keluar masuk barang. Sehingga, seluruh proses pengelolaan dapat dipantau dengan baik dan perusahaan dapat melakukan optimalisasi untuk meningkatkan bisnis.


Salah satu kebutuhan perusahaan saat mengelola gudang yaitu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari seluruh proses pengelolaan. Dengan melakukan implementasi sistem pengelolaan gudang, perusahaan dapat melakukan memantau proses outbound stok barang. Sehingga perusahaan dapat memenuhi permintaan pasar, meningkatkan kepuasan pelanggan serta bersaing dengan kompetitor.


Sebagai startup penyedia sistem pengelolaan gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam kelebihan yang ditawarkan oleh Sistem pengelolaan gudang Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan reporting secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen supply chain melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Software Manajemen Gudang Prieds pada bisnis Anda.

4 tampilan0 komentar