• kevramadhani

Permudah proses Stock Take dengan Sistem Gudang Prieds

Diperbarui: 22 Nov

Aktivitas distribusi stok barang dalam manajemen gudang perusahaan membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi guna menjaga kelancaran penjualan. Untuk menjaga jumlah stok agar tidak terjadi selisih antara data dengan stok fisik, maka staff gudang perlu melakukan pembaruan stok barang, atau bisa disebut juga stock take.


Stock take berperan penting bagi sistem gudang perusahaan, dapat memperlancar proses pengadaan untuk memenuhi aktifitas produksi maupun distribusi. Selain itu, proses stock take berkaitan juga dengan penjualan dan juga tingkat pemenuhan permintaan dari konsumen.


Apa yang dimaksud dengan Stock Take

Pengertian Stock Take

Proses stock take merupakan aktivitas pencatatan dan penghitungan stok barang pada gudang yang dilakukan secara manual, yang kemudian dicocokkan jumlahnya dengan data pada sistem untuk memastikan manajemen stok barang berjalan dengan baik. Stock take perlu dilakukan untuk menjaga jumlah persediaan stok barang dan meningkatkan efisiensi penjualan agar perusahaan tidak mengalami kerugian akibat tidak dapat memenuhi permintaan.


Stock take umumnya dilakukan setiap satu atau dua kali dalam satu tahun. Akan tetapi, perusahaan dapat mempersingkat waktu stock take sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan manajemen gudang perusahaan.


Manfaat proses Stock Take bagi Perusahaan

Manfaat stock take bagi perusahaan

Selain berguna untuk memantau jumlah stok secara akurat, stock take memiliki beragam manfaat lainbagi perusahaan, yaitu :


Mampu mendeteksi kehilangan stok barang

Stock take berguna sebagai instrumen keamanan dalam aktivitas gudang. Penerapan proses ini dapat mendeteksi kesalahan atau selisih jumlah saat perhitungan stok barang akibat kelalaian, pencurian maupun kesalahan lain yang mungkin saja terjadi.


Selain itu, penerapan stock take juga dapat membantu perusahaan untuk dapat mengukur kinerja staf gudang. Dan juga perusahaan dapat mengawasi jika terjadi tindak kecurangan dalam aktivitas pengelolaan stok barang.


Mengidentifikasi performa stok barang

Manfaat lain dari stock take yaitu mengetahui performa dari seluruh stok barang. Melalui stock take perusahaan memiliki gambaran dari produk yang dipasarkan dan dapat melakukan analisis penjualan yang lebih efektif untuk produk yang memiliki performa rendah.


Perusahaan juga dapat mengambil keputusan untuk menghentikan produk dengan performa rendah. Sehingga, perusahaan dapat menghemat biaya pengadaan dan produksi dari produk tersebut.


Meningkatkan keuntungan perusahaan

menerapkan stock take pada sistem gudang membantu perusahaan untuk mengetahui stok barang yang paling diminati konsumen. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan produksi dan penjualan untuk memenuhi permintaan konsumen sekaligus memenangkan persaingan pasar.


Dengan data akurat yang dihasilkan melalui stock take, perusahaan juga dapat melakukan perkiraan penjualan pada periode berikutnya. Sehingga perusahaan dapat mempersiapkan stok barang yang kira-kira dibutuhkan pada periode berikutnya.


Baca Juga:

  1. Kenali 4 metode pengelolaan stok barang agar manajemen gudang optimal

  2. Memaksimalkan kinerja Staf Gudang dengan Aplikasi Manajemen Gudang

  3. 3 tanda perusahaan perlu implementasi Aplikasi Gudang


Tips melakukan Stock Take yang efektif dan efisien dengan Sistem Gudang Prieds

Tips melakukan Stock Take yang efektif dan efisien dengan Sistem Gudang Prieds

Berkaca dari perubahan permintaan konsumen yang cepat, serta membutuhkan akurasi untuk dapat memenuhi permintaan, perusahaan perlu menerapkan stock take saat mengelola gudang. Sehingga perusahaan dapat memenuhi dan beradaptasi dengan permintaan konsumen. Beberapa tips yang dapat dilakukan saat proses stock take agar lebih efektif dan efisien yaitu :


  1. Pastikan bisnis dapat memenuhi target

  2. Memiliki pemahaman terhadap produk secara detail

  3. Tentukan periode pencatatan dan perhitungan stok barang secara rutin

  4. Melakukan pengecekan kesiapan alat pendukung, seperti menggunakan sistem gudang dari Prieds

  5. Terapkan metode penghitungan yang sesuai dengan kebutuhan



Sebagai startup penyedia Software Manajemen Suply Chain, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen stok barang perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan Sistem Gudang Prieds. Beragam keunggulan dari sistem gudang Prieds dapat mempermudah proses stock take perusahaan anda secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi stok barang pada gudang ataupun konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Sistem Gudang Prieds pada bisnis Anda.


5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua