• kevramadhani

3 tanda perusahaan perlu implementasi Aplikasi Gudang

Perusahaan tentu ingin mengembangkan bisnisnya. Agar dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mengembangkan bisnis Untuk itu perusahaan perlu untuk dapat mengukur dan melakukan evaluasi kinerja proses bisnis, salah satunya yaitu manajemen gudang.


Melakukan optimalisasi proses pengelolaan gudang dengan memanfaatkan teknologi menjadi sebuah opsi yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Dengan implementasi aplikasi manajemen gudang, seluruh aktivitas manajemen dapat dipantau dan dievaluasi berdasarkan data yang dikumpulkan dalam sistem.


Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi manajemen gudang, perusahaan perlu menilai terlebih dahulu tantangan, hambatan dan peluang yang akan didapatkan. Untuk lebih mudah dalam mengambil keputusan, berikut 3 tanda bahwa perusahaan perlu menerapkan aplikasi manajemen gudang.


Tanda-tanda perusahaan perlu Aplikasi Gudang

Proses pengelolaan gudang yang dilakukan dengan cara manual memiliki beberapa kelemahan dan tidak efektif. Melakukan identifikasi permasalahan yang kerap terjadi saat mengelola gudang akan mempermudah perusahaan untuk memilih menerapkan aplikasi gudang. Berikut beberapa tanda perusahaan perlu mengimplementasikan aplikasi manajemen gudang :


Penempatan stok barang tidak efektif

Luas area gudang dan juga volume perpindahan stok barang dalam gudang yang tinggi membuat staff gudang menjadi kewalahan untuk mengelola. Proses manajemen yang dilakukan secara manual akan menciptakan beberapa masalah, salah satunya seperti penempatan stok barang yang tidak efektif.

Penempatan dan penyimpanan stok barang kurang efektif saat melakukan manajemen gudang

Seiring dengan peningkatan volume pergerakan barang, proses pengelolaan gudang perlu ditingkatkan. Jika tidak, stok barang yang beragam akan menjadi tercampur dan sulit untuk ditemukan. Selain itu, staff gudang akan kesulitan untuk melakukan penataan dan proses packing, karena barang tidak dikelompokkan. Sehingga seluruh proses penempatan stok barang menjadi tidak efektif.


Pencatatan stok yang tidak akurat

Pencatatan yang tidak akurat saat melakukan manajemen gudang

Stok barang yang baru saja masuk kedalam gudang perlu dicatat dan dikelompokkan berdasarkan klasifikasi standar pada perusahaan. Jika perusahaan sering mengalami ketidakcocokan data stok barang, maka perlu untuk mempertimbangkan penggunaan aplikasi manajemen gudang. Karena, data yang tidak akurat akan menimbulkan banyak kerugian seperti over-stock, pengadaan yang tidak efektif, gagal memenuhi order dan lainnya.


Sering terjadi kesalahan saat mengambil stok barang

Penyimpanan stok barang yang tidak tertata berdasarkan spesifikasinya akan membingungkan staff gudang saat mengambil stok untuk dipindahkan. Untuk itu, menerapkan sistem rak dan pengelompokan pada gudang perlu dilakukan.

Meminimalisir kesalahan pengambilan stok saat manajemen gudang

Agar dapat lebih efektif, aplikasi manajemen gudang menawarkan kelebihan seperti penggunaan barcode dan RFID yang mempercepat proses pencarian barang dan juga pencatatan stok barang yang selalu terbarui pada sistem.

Baca Juga:

  1. Pengertian Warehouse Management System dan manfaatnya bagi Bisnis anda

  2. Cara Stok Opname yang Efektif Wajib Tahu!

  3. WMS Prieds: Tingkatkan efisiensi ekosistem supply chain


Dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat dari Aplikasi Manajemen Gudang Prieds

Jika beberapa tanda diatas dirasakan oleh perusahaan anda, maka perusahaan perlu mempertimbangkan penerapan Aplikasi Manajemen Gudang Prieds. Aplikasi Gudang Prieds dapat membantu bisnis untuk mengumpulkan data dan memantau aktivitas pada gudang seperti, layouting area penyimpanan pada gudang, jumlah stok barang memantau proses Inbound, Inventory Outbound hingga Purchase Order. Sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi dan meningkatkan proses manajemen gudangnya.


Penerapan Warehouse Management System memiliki banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

7 tampilan0 komentar