• kevramadhani

Manfaat Day Sales of Inventory dalam mengukur kinerja Supply Chain

Diperbarui: 22 Nov

Perusahaan manufaktur maupun distributor mendapatkan keuntungan melalui penjualan produk. Kebutuhan konsumen yang beragam membuat perusahaan perlu meningkatkan keseluruhan kinerja manajemen supply chain. Salah satunya yaitu dengan mengukur Day Sales of Inventory.


KPI day sales of inventory memiliki dua kegunaan bagi proses manajemen supply chain. Pertama, yaitu memantau penjualan. Kedua, yaitu melacak persediaan stok barang pada gudang.


Pengertian Day Sales of Inventory

Day sales of inventory atau DSI dapat dipahami sebagai indikator yang menghitung waktu rata-rata yang dibutuhkan bisnis untuk mengubah persediaan menjadi penjualan. Rumus ini membutuhkan dua aspek dalam rumus perhitungan, yaitu jumlah hari rata-rata untuk melakukan likuidasi inventaris dan jumlah waktu inventaris yang tersedia bertahan.


Sebagai catatan, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi day sales of inventory, seperti barang yang masih dalam tahap produksi, musim, persaingan pasar dan lainnya. Sehingga, hasil dari Day Sales of Inventory harus dilihat sebagai angka rata-rata.


Cara menghitung Day Sales of Inventory

Indikator Day Sales of Inventory berperan penting bagi perusahaan manufaktur dan distributor. Menggunakan indikator ini memberikan pemahaman yang akurat tentang tingkat perputaran persediaan dalam proses supply chain. Selain itu, perusahaan dapat mengoptimalisasi penjualan berdasarkan hasil perhitungan Day Sales of Inventory.


Berikut rumus untuk mengukur Day Sales of Inventory :

DSI = (persediaan akhir/harga pokok penjualan) x 365

Dalam rumus tersebut terdapat variabel yang perlu dimiliki oleh perusahaan. Pertama, persediaan akhir yang diartikan sebagai jumlah stok barang yang dimiliki pada akhir tahun. Tujuan menghitung jumlah stok barang pada akhir periode berfungsi untuk meningkatkan akurasi hasil perhitungan.


Variabel berikutnya pada rumus tersebut yaitu Harga pokok penjualan atau HPP. harga pada hpp merupakan nilai yang diperlukan untuk memproduksi produk hingga jadi. Didalamnya termasuk biaya tenaga, bahan baku dan biaya yang diperlukan selama proses produksi.


Baca Juga:

  1. Pentingnya Tracking Inventory saat mengelola gudang

  2. Pentingnya menghitung Inventory Turnover pada Manajemen Gudang

  3. Perfect Order Fulfillment: Ukur kemampuan bisnis dalam memenuhi permintaan pasar


Manfaat mengukur Day Sales of Inventory bagi kinerja Manajemen Supply Chain

Berdasarkan pembahasan di atas, day sales inventory merupakan indikator yang mampumenggambarkan kemampuan perusahaan dalam melakukan manajemen supply chain. Karena, dengan menghitung indikator ini akan mempermudah proses pelacakan stok barang dan mengukur inventory turnover.


Berikut beberapa manfaat dari Day Sales of Inventory bagi kinerja Manajemen Supply Chain perusahaan :

  1. Memberikan gambaran bagi investor mengenai likuiditas perusahaan.

  2. Mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk menjual barang yang mudah rusak.

  3. Memberikan informasi kepada manajemen ketika jumlah stok barang menipis dan perlu untuk melakukan pengadaan.

  4. Memudahkan perusahaan untuk mengukur efektivitas manajemen supply chain.

  5. Memberikan gambaran untuk mengetahui kondisi penjualan, perhitungan persediaan serta tingkat perputaran stok barang.


Terapkan Day Sales of Inventory dengan mudah melalui Software Manajemen Suply Chain Prieds

Mengukur kinerja manajemen supply chain berperan penting bagi pengembangan bisnis. Terutama, untuk mengukur penjualan produk kepada konsumen. Untuk dapat mengukur penjualan, salah satu indikator dalam manajemen supply chain yang dapat diterapkan yaitu Day Sales of Inventory.


Dengan kemajuan teknologi seperti Software manajemen supply chain, Perusahaan dapat lebih mudah untuk mengumpulkan informasi kinerja supply chain dan juga dapat melakukan perhitungan Day Sales of Inventory. Sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi kinerja dan meningkatkan penjualan produk.


Sebagai startup penyedia Software Manajemen Suply Chain, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen supply chain melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT, software ERP dan WMS. Beragam fitur dari Software Manajemen Suply Chain Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan demand management secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen supply chain melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kemudahan saat mengukur kinerja manajemen supply chain dan rasakan beragam keuntungan dengan menerapkan Software Manajemen Suply Chain Prieds pada bisnis Anda.

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua