Smart Supply Chain dengan IoT dan ERP

Pandemi akan berdampak lama pada bisnis, bahkan setelah mereda. Di sisi pelanggan, industri mungkin melihat pergeseran permanen menuju pengiriman contactless atau konfigurasi end user yang lebih besar. Untuk itu, penting untuk bisnis untuk memutuskan untuk menerapkan strategi baru di sepanjang supply chain untuk menghindari gangguan di era New Normal.

Selain merundingkan krisis saat ini, perusahaan harus bersiap untuk perubahan tersebut dan berusaha bangkit menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Penerapan IoT (Internet of Things) dan ERP (Enterprise Resource Planning) untuk supply chain dapat menciptakan peningkatan yang signifikan untuk semua indikator kinerja utama operasional. Misalnya, beberapa usaha telah meningkatkan output sebesar 10 hingga 200 persen, mengurangi biaya produk sebesar 5 hingga 40 persen, dan menurunkan waktu pemasaran sebesar 30 hingga 90 persen. Secara keseluruhan, industri perlu terus mengupayakan fleksibilitas operasional yang lebih tinggi, terutama kemampuan untuk mengubah volume produksi bila diperlukan.

Baca juga artikel ini: Penerapan Sistem IoT di era New Normal

IoT and Supply Chain Management

Dua contoh kasus penggunaan IoT berikut menunjukkan bagaimana perusahaan dapat meningkatkan fleksibilitas operasional dan mulai mencapai dampak dalam skala besar.

Integrasi Sepanjang Supply Chain

IoT memfasilitasi pertukaran data real-time antara semua pelaku dalam supply chain, menciptakan tampilan terintegrasi dari produksi, penjadwalan, inventaris, kualitas, dan waktu pengiriman yang diantisipasi. Selain membangun transparansi dan kepercayaan, alat semacam itu juga dapat mengurangi biaya dan risiko supply chain — misalnya, dengan menerima sinyal dari mesin yang terhubung saat mereka kehabisan bahan mentah, atau dengan melacak aliran bahan di sepanjang supply chain menggunakan tag geolokasi.

Dengan pengetahuan ini, perusahaan dapat mengoptimalkan tingkat inventaris, perencanaan produksi, dan pemanfaatan transportasi melalui pendekatan yang lebih holistik. Informasi tentang inventaris digunakan untuk meningkatkan perencanaan di seluruh supply chain, termasuk keputusan tentang memproduksi bahan. Perusahaan juga akan belajar tentang masalah supply chain lebih cepat, memungkinkan mereka untuk bertindak sebelum meningkat.

IoT-driven supply chain (Sumber: scnsoft)

Optimasi Proses In-line

IoT dapat meningkatkan efisiensi produksi mesin tunggal atau seluruh lini produksi dengan menggunakan analitik untuk mengoptimalkan parameter proses. Algoritma dapat menganalisis informasi pada semua variabel yang tersedia, termasuk produksi, penjadwalan, kondisi aset, dan barang masukan. Data dari masing-masing mesin digabungkan dengan informasi tentang program produksi keseluruhan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan pengaturan mesin berdasarkan langkah produksi sebelumnya dan selanjutnya. Hal ini memungkinkan perusahaan menyesuaikan jadwal produksi dengan cepat untuk memperhitungkan perubahan permintaan atau gangguan pada supply chain yang tidak terduga.

Bagaimana Cara Memulai Perubahan?

Perusahaan-perusahaan dalam berbagai industri akan mengambil pendekatan berbeda untuk memanfaatkan kekuatan IoT di masa-masa sulit, tetapi tiga tindakan selalu membantu saat memulai:

1. Bergerak cepat dan memanfaatkan solusi IoT siap pakai, termasuk dari penyedia teknologi dan OEM mesin, untuk mempertahankan operasi penting. Solusi ini dapat memungkinkan peralihan cepat ke operasi jarak jauh dan membantu menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan.

Prieds Technology adalah penyedia sistem IoT dan ERP siap pakai untuk berbagai industri. Klik disini untuk modul yang tersedia.

2. Melakukan perbaikan strategis, termasuk peluncuran konektivitas skala besar dan investasi cybersecurity. Jika operasi berjalan lambat di masa sekarang, ini adalah kesempatan untuk membangun ketahanan dan menjadi lebih kompetitif.

3. Mereformasi model operasi dengan solusi IoT. Karyawan non-operasi yang mungkin memiliki waktu menganggur selama krisis dapat membantu menilai, memprioritaskan, dan menyiapkan solusi jangka panjang yang akan memungkinkan perusahaan untuk berkembang dan muncul lebih kuat dari sebelumnya ketika pandemi mereda.

#Jakarta #SistemIoT #ERP #SupplyChain #IoT #Indonesia #Bisnis #Teknologi #SistemERP #InternetofThings

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua