top of page
  • kevramadhani

Efisiensi proses stock opname melalui digitalisasi management warehouse

Diperbarui: 13 Des 2022

Perusahaan yang mengandalkan management warehouse dalam bisnisnya tentu tidak asing dengan istilah stock opname. Agar perusahaan memiliki data penjualan yang akurat sebagai bahan data untuk membuat perkiraan permintaan pada periode berikutnya, maka stock opname penting untuk dilakukan secara berkala.


Agar proses stock opname berjalan dengan optimal, maka perusahaan perlu melakukan digitalisasi pada proses management warehouse. Data hasil dari stock opname yang telah menerapkan digitalisasi akan berguna untuk memperkirakan kebutuhan stok barang. Sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian, seperti pengadaan yang berlebih, menyimpan stok barang berlebih atau kekurangan stok bahan.


Pengertian Stock Opname

Stock opname merupakan aktivitas perhitungan dan menyesuaikan jumlah stok barang fisik dengan data pencatatan yang dilakukan oleh staff gudang. Proses stock opname juga dapat digunakan sebagai pencatatan dan perhitungan barang yang digunakan dalam operasional pergudangan.


Melakukan stock opname secara berhati-hati dan berkala akan menguntungkan perusahaan. Mulai dari penghematan biaya operasional, tingkat pemenuhan pesanan yang maksimal hingga waktu produksi yang lebih efisien. Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memenuhi permintaan yang lebih banyak.


Fungsi Stock Opname dalam Management Warehouse

Fungsi Stock Opname dalam Management Warehouse

Stock opname memiliki fungsi penting dalam proses management warehouse. Berikut beberapa fungsi dari proses stock opname :


Mengetahui jumlah stok secara akurat

Perusahaan perlu melakukan pemantauan pada stok barang yang disimpan dalam gudang secara akurat. Hal ini penting karena dengan memiliki pencatatan stok barang secara akurat, perusahaan dapat menganalisa penjualan produk dan memahami permintaan pasar. Selain itu, data hasil stock opname yang akurat dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat perkiraan untuk melakukan pengadaan stok barang dan terhindar dari over-stock dalam gudang.


Menghindari terjadinya selisih jumlah stok barang

Salah satu kendala yang sering terjadi saat management warehouse yaitu selisih jumlah stok barang. Permasalahan ini dapat merugikan perusahaan serta menurunkan tingkat pemenuhan pesanan. Untuk itu perusahaan perlu melakukan stock opname secara berkala.


Cara untuk mengantisipasi terjadinya selisih jumlah stok barang yaitu dengan melakukan stock opname. Dengan melakukan pencocokan catatan dan perhitungan perusahaan memiliki jumlah akurat antara stok barang fisik dengan data.


Sebagai bahan untuk melakukan optimalisasi management warehouse

Data dari stock opname berfungsi untuk bahan evaluasi kinerja management warehouse. Dari perhitungan jumlah stok barang, perusahaan dapat mengerti kebutuhan jumlah pengadaan stok barang, jumlah stok barang dalam gudang dan jumlah stok barang yang sudah dikirim.


Dengan memiliki penghitungan stok barang yang akurat, perusahaan dapat mengerti waktu yang dibutuhkan dari stok barang masuk hingga dikirim. Selain itu perusahaan juga dapat menekan biaya operasional gudang. Dengan begitu, kinerja management warehouse dapat berjalan dengan lebih optimal.


Efisiensi proses Stock Opname melalui Digitalisasi

Efisiensi proses Stock Opname melalui Digitalisasi

Agar proses stock opname menjadi lebih efisien dan efektif, perusahaan dapat menerapkan digitalisasi melalui sistem management warehouse (WMS). selain itu, bagian pengelolaan juga dapat melakukan tips berikut agar proses stock opname menjadi efisien :


Menyusun Jadwal Stock Opname secara Berkala

Stock opname yang dilakukan secara berkala dapat membantu meningkatkan akurasi hasil perhitungan stok barang dalam gudang. Untuk itu, kepala management warehouse perlu memiliki jadwal stock opname berkala, sehingga jumlah stok barang selalu terupdate. Disisi lain, dengan adanya penjadwalan stock opname, kinerja staff gudang menjadi lebih optimal dan selalu siap ketika ada stok barang masuk maupun keluar.


Menerapkan pemetaan Stok Barang

Memilah stok barang berdasarkan ciri tertentu (ukuran, jenis, cara penyimpanan dan usia barang) sebelum disimpan dalam gudang dapat meningkatkan efisiensi proses stock opname. Dengan melakukan pemisahan penyimpanan stok barang, staff gudang akan lebih mudah menghitung jumlah stok barang tertentu. Selain itu, pemetaan stok barang juga dapat meningkatkan kinerja management warehouse.


Gunakan Layout Gudang untuk mempermudah Stock Opname

Menerapkan layouting pada area gudang juga berperan dalam meningkatkan efisiensi stock opname. Hal ini dikarenakan layout gudang berfungsi untuk memisahkan stok barang berdasarkan ciri tertentu. Selain itu, setiap lokasi dari stok barang dapat dilacak melalui sistem, sehingga staff gudang akan lebih cepat untuk mencari lokasi stok barang tertentu untuk dilakukan stock opname.


Implementasi Sistem Management Warehouse terpercaya

Implementasi Warehouse Management Prieds

Dengan melakukan implementasi sistem pada proses management warehouse, perusahaan dapat melakukan pengawasan, evaluasi dan optimalisasi secara akurat dan cepat. Terutama, seperti pemantauan terhadap proses stock opname agar lebih efisien, yang sangat krusial dalam pengelolaan gudang. Untuk itu, perusahaan perlu mengimplementasikan sistem management warehouse terpercaya.


Sebagai startup penyedia Sistem Pengelolaan Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen pergudangan perusahaan melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan WMS. Beragam kelebihan yang ditawarkan oleh Sistem Management Warehouse Prieds dapat membantu bisnis anda untuk melakukan optimalisasi proses manajemen secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi manajemen supply chain melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Sistem management warehouse Prieds pada bisnis Anda.


8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua