• kevramadhani

6 Cara ERP bantu tingkatkan hubungan dengan Suplier bagi Bisnis Anda

Diperbarui: 8 Nov

Proses bisnis yang baik memerlukan kombinasi yang harmonis antara penggunaan teknologi dan interaksi manusia. Peningkatan teknologi dalam industri bertujuan untuk mempermudah proses bisnis dengan otomatisasi, konektivitas dan manajemen data yang baik. Selain itu, menjaga interaksi yang baik antar pihak juga berperan penting dalam proses bisnis seperti supply chain. Melakukan interaksi berkala dengan pihak supplier dapat membantu perusahaan untuk menjalin hubungan jangka panjang yang baik dan saling menguntungkan.


Memiliki proses supply chain yang kuat dan responsif membantu bisnis anda untuk dapat tanggap merespon perubahan atau kendala yang terjadi, baik secara internal perusahaan, maupun perubahan pada pasar. Maka dari itu, memiliki hubungan erat dengan supplier berdampak besar dalam proses bisnis anda.


Cara ERP dapat meningkatkan hubungan dengan Supplier

cara Software ERP meningkatkan hubungan bisnis dengan supplier

Penerapan teknologi seperti software ERP berdampak besar pada keseluruhan proses supply chain. Selain membantu proses produksi, distribusi dan lainnya, software ERP juga dapat membantu perusahaan untuk mempererat hubungan dengan supplier. Berikut 6 cara software ERP dapat meningkatkan hubungan dengan supplier :


Membangun hubungan erat dengan Supplier

Kompetensi perusahaan dan keramahan merupakan dua hal yang berharga dalam transaksi bisnis. Kedua hal tersebut sangat krusial untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan pihak supplier. Salah satu penerapannya yaitu untuk memastikan komunikasi yang berkualitas antara perusahaan dengan supplier.


Hadirnya software ERP membantu perusahaan untuk melakukan inventory control yang dapat memberikan gambaran umum seperti penggunaan waktu yang baik, peringatan untuk mengelola jumlah stok dan perkiraan pasar yang akurat. Informasi berikut tidak hanya meningkatkan perencanaan sumber daya, tetapi membagi informasi ini juga dapat mempermudah perusahaan untuk membangun kepercayaan dan dihargai oleh pihak supplier.


Memberikan akses kontrol sistem yang dapat dibagi dan diperiksa

Kemampuan dan keramahan perusahaan juga dapat dipraktikkan melalui kebijakan perusahaan dalam membagi informasi kepada supplier.


Software ERP menyediakan data yang mudah dibagi untuk meningkatkan pengelolaan persediaan dan memantau kinerja proses bisnis. Penggunaan software ERP memangkas kebutuhan perusahaan untuk memiliki e-mail dan dokumen-dokumen terpisah. Dengan begitu, ketika supplier meminta informasi dari perusahaan, software ERP dapat membantu perusahaan untuk menyediakan informasi secara cepat dan mencatat seluruh riwayat komunikasi.


Menciptakan manajemen proses yang lebih baik

Kelebihan dari software ERP yaitu dapat mengelola penjualan dan proses pembelian dari awal hingga akhir transaksi. Proses manajemen yang telah ditingkatkan dapat menunjang hubungan perusahaan dengan supplier. Seluruh catatan supplier seperti pembayaran, waktu penyelesaian proses, harga dan produk dapat dakses dengan cepat dan membuat proses komunikasi dan permintaan menjadi lebih cepat. Hal lain yang juga terbantu dengan software ERP yaitu pembayaran yang tepat waktu berpotensi meningkatkan komitmen bagi supplier.


Transparansi melalui integrasi

Hubungan supplier yang baik memerlukan transparansi. Melalui sistem yang terintegrasi membuat proses supply chain kokoh dan menciptakan bisnis yang tanggap dan dapat diandalkan.


Implementasi dan integrasi software ERP yang baik akan menyeimbangkan permintaan penjualan, proses pembelian dan kontrol inventaris yang selaras dengan kapasitas dan kemampuan supplier bisnis anda. Hal ini mengarah pada transaksi yang lebih transparan dan mendorong pemahaman yang lebih baik antara kedua pihak.


Pengambilan keputusan yang cepat dan tepat

Melakukan peningkatan dan otomatisasi proses bisnis dapat menghemat waktu, meningkatkan produktivitas dan mempererat hubungan perusahaan. Software ERP dapat digunakan untuk menjalin relasi yang baik dengan supplier. Selain itu, menerapkan software ini juga dapat membantu pengelolaan terotomatisasi yang membuat proses bisnis berjalan lebih mulus dan merampingkan proses bisnis bagi keuda belah pihak. Salah satu penerapan software ERP yaitu otomatisasi pengelolaan stok barang yang dapat diterapkan untuk menjaga jumlah stok barang perusahaan pada jumlah tertentu, dan permintaan pembelian dapat bekerja secara otomatis ketika jumlah stok barang yang ada mencapai jumlah minimum tertentu.


Meningkatkan produktifitas perusahaan

Yang dimaksud dengan peningkatan produktifitas adalah penggunaan sumber daya yang lebih optimal, operasional yang hemat biaya dan potensi pengembangan bisnis. Pertumbuhan berarti peningkatan penjualan stok dari supply chain, yang dimana jika perusahaan dapat memperkirakan pertumbuhan perusahaan secara akurat, maka pihak supplier akan dengan senang hati untuk membangun bersama hubungan yang saling menguntungkan.


Baca Juga:

  1. 10 Hal yang wajib dikelola dalam Supply Chain Management

  2. Cara mengatasi permasalahan pada proses Manajemen Distribusi

  3. Manfaat data manajemen gudang yang terintegrasi bagi bisnis


Tingkatkan relasi yang baik antara Perusahaan dan Supplier melalui Software ERP Prieds

Keseluruhan proses supply chain pada perusahaan dapat berjalan dengan optimal, salah satunya jika perusahaan memiliki hubungan baik dengan pihak supplier. Selain peningkatan teknologi untuk kebutuhan proses bisnis, perusahaan juga tidak dapat melupakan aspek interaksi antar pihak. Karena proses supply chain dilakukan oleh beberapa pihak yang saling berhubungan.


Untuk menunjang proses supply chain dan meningkatkan kekuatan relasi dengan supplier, perusahaan membutuhkan akses informasi terkait proses bisnis yang dapat disediakan secara otomatis dan cepat dengan menerapkan software ERP dari Prieds. Sebagai startup penyedia Aplikasi Gudang, Prieds Technology hadir sebagai solusi supply chain management melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan software ERP untuk perusahaan. Beragam fitur dari software ERP dapat membantu bisnis anda untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan supplier dan meningkatkan seluruh proses supply chain agar lebih efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi supply chain management ataupun manajemen distribusi melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi tepat dan banyak keuntungan dengan menerapkan Software ERP Prieds pada bisnis Anda.

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua