• kevramadhani

Permasalahan umum Bisnis Distribusi dan cara mengatasinya

Bisnis distribusi bertujuan untuk menghubungkan perusahaan produsen kepada konsumen. Salah satu peran penting pada bisnis distribusi yaitu memenuhi permintaan pasar dengan menyalurkan produk secara cepat dan tepat. Untuk itu, bisnis distribusi memerlukan proses yang efektif, efisien dan akurat.


Tentu untuk dapat mencapai tujuannya, bisnis distribusi tidak terlepas dari permasalahan yang ada. Melakukan identifikasi permasalahan dan mengambil tindakan yang tepat dan cepat merupakan hal yang wajib dimiliki bisnis distribusi agar dapat mencapai tujuan.


Permasalahan umum yang dihadapi oleh Bisnis Distribusi

Umumnya bisnis distribusi memiliki sistem manajemen agar proses bisnis menjadi optimal. Dengan skala perusahaan yang beragam, bisnis distribusi ada yang sistem distribusi sederhana dan ada juga yang kompleks.


Kompleksnya bisnis distribusi membuat perusahaan rentan terhadap tantangan dan permasalahan. Untuk dapat mengatasi permasalahan bisnis distribusi, perusahaan perlu melakukan identifikasi permasalahan dengan akurat. Berikut beberapa permasalahan bisnis distribusi yang umum terjadi :


Tidak memiliki sistem nomor stok yang akurat

Permasalahan yang sering ditemukan pada bisnis distribusi yaitu menjaga stok barang agar jumlah data dengan barang akurat. Kesalahan input nomor stok barang menjadi salah satu penyebab selisih jumlah stok barang. Padahal, bisnis distribusi dihadapkan dengan perpindahan stok barang dalam jumlah besar yang terjadi setiap hari. Tentunya kesalahan jumlah ataupun nomor stok barang berakibat kerugian pada perusahaan karena tidak dapat memenuhi permintaan yang masuk.


Data keuangan tidak tersimpan dengan rapi

Bisnis distribusi skala kecil maupun besar memiliki transaksi keuangan yang sedang berlangsung dengan mitra dan klien. Tentunya riwayat data transaksi bisnis merupakan hal penting bagi kelangsungan perusahaan dan perlu disimpan dengan rapi.


Data keuangan yang tidak terorganisir dengan rapi membuat perusahaan dihadapkan dengan beberapa permasalahan. Sebab,riwayat transaksi tersebut perlu disajikan ketika dibutuhkan. Terutama ketika membuat laporan keuangan ataupun pemeriksaan ulang dengan data milik mitra sebelum mitra melakukan pemesanan berikutnya.


Informasi data belum real-time

Agar bisnis distribusi dapat berjalan dengan lancar, pembaruan data secara real-time sangat diperlukan. Informasi terkait jumlah stok, order stok barang, status stok barang (apakah sudah diambil, dipacking, siap dikirim atau dalam perjalanan) dan waktu distribusi stok barang.


Informasi terbaru dari hal-hal yang telah disebutkan diatas sangat dibutuhkan, terutama bagi pengawas gudang maupun manajer perusahaan sebagai bahan evaluasi kinerja bisnis distribusi. Tentunya, proses diatas tidak dapat terbarui secara real-time apabila dalam proses bisnis distribusi masih ada pencatatan yang dilakukan secara manual. Apabila data tidak diperbarui secara real-time, maka evaluasi dan kebijakan perusahaan yang akan diambil menjadi tidak akurat dan dapat merugikan perusahaan.


Penjadwalan armada pengiriman yang tidak terorganisir

Masalah umum lainnya pada bisnis distribusi muncul ketika kendaraan pengangkut datang bersamaan dalam jumlah besar. Tentunya hal ini membuat kinerja staff gudang menjadi tidak optimal dan rentan terjadi human error saat memuat stok barang.


Bisnis distribusi yang masih bertumpu pada kinerja manual dapat menurunkan performa bisnis akibat beban kerja terlalu berat. Terutama, jika jadwal atau waktu kedatangan armada pengiriman stok barang tidak terorganisir dengan baik.


Kesulitan dalam mengatur harga, skema bonus dan promo

Dalam bisnis distribusi, memliki daftar harga yang beragam sesuai pelanggannya sudah menjadi praktik umum. Tidak semua pelanggan mendapat potongan harga, dan perusahaan perlu memiliki perhitungan matang saat memberikan harga spesial bagi pelanggan tertentu.


Bisnis distribusi perlu memiliki data-data yang lengkap terkait transaksi, riwayat pesanan hingga pembayaran untuk dapat menentukan skema promo. Jika perusahaan melakukan pengumpulan data secara manual, maka kemungkinan pemberian diskon tidak sesuai karena data hilang atau riwayat transaksi tidak lengkap.


Selain itu, pencatatan data manual membuat jumlah stok barang tidak akurat, sehingga perusahaan malah merugi setelah pemberian diskon. Untuk itu, informasi data real-time sangat penting tidak hanya untuk evaluasi kinerja bisnis distribusi, tetapi juga dapat berperan dalam penghitungan promo untuk pelanggan.


Baca Juga:

  1. Manfaat ERP untuk Usaha Grosir Distributor

  2. Safety Stock dan Stock Alert: Fitur pintar yang berguna bagi Distributor

  3. Cara mengatasi permasalahan pada proses Manajemen Distribusi


Cara mengatasi permasalahan Bisnis Distribusi

Tujuan utama dari bisnis distribusiyaitu apabila barang pesanan pelanggan bisa dikirim tepat waktu dan sesuai pesanan. Untuk itu, perusahaan perlu memiliki sistem distribusi yang efektif dan efisien.


Beberapa permasalahan pada bisnis distribusi diatas berakar pada pencatatan yang dilakukan secara manual. Di era teknologi dan arus informasi yang cepat membuat pelaku bisnis distribusi untuk segera mempertimbangkan aplikasi rantai pasok sebagai solusi. Simak bagaimana aplikasi rantai pasok dapat mengatasi permasalahan bisnis distribusi :


Tiap stok barang memiliki nomor dan tercatat secara otomatis

Agar pendataan jumlah stok barang menjadi akurat, penerapan aplikasi rantai pasok dapat membantu proses pencatatan dan penomoran stok barang yang ada. Dengan begitu, staff gudang dapat mendata dengan lebih cepat dan akurat.


Melalui perangkat teknologi seperti RFID/Barcode yang dihubungkan dengan aplikasi rantai pasok, proses pencatatan stok barang akan langsung diperbarui dan terkumpul pada satu sistem dan dapat dipantau secara real-time. Sehingga informasi data yang tersedia menjadi akurat dan dapat dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi kinerja.


Informasi data bisnis distribusi terkumpul dalam satu sistem dan diperbarui secara real-time

Penerapan aplikasi rantai pasok pada bisnis distribusi mempermudah proses pengumpulan data. Sehingga, perusahaan dapat terbebas dari kendala kehilangan data ketika dibutuhkan. Terutama data keuangan seperti riwayat transaksi dan utang-piutang. Dengan aplikasi rantai pasok, data keuangan perusahaan dapat terkumpul dan terorganisir dengan rapi.


Seluruh data yang termuat pada aplikasi adalah data terberu, sehingga pelaku bisnis distribusi dapat melakukan pengawasan secara real-time. Dengan begitu, pengambilan keputusan bisnis dapat dilakukan dengan cepat dan akurat berdasarkan data yang akurat.


Jadwal pengiriman terstruktur

Staff gudang mendapatkan beban kerja yang lebih proporsional dengan aplikasi rantai pasok. Pengiriman stok barang untuk didistribusikan dapat dilakukan lebih optimal dan armada pengiriman dapat terkontrol dengan baik.


Perusahaan juga dapat menghindari overload akibat armada pengiriman yang menumpuk di gudang, atau bahkan tidak ada armada saat dibutuhkan. Dengan menerapkan aplikasi rantai pasok, bisnis distribusi dapat menjadwalkan pengiriman dan memenuhi permintaan pelanggan sesuai dengan urutan.


Kemudahan dalam melakukan perhitungan data

Bisnis distribusi memiliki jaringan pelanggan yang luas, dan beberapa diantaranya merupakan pelanggan tetap. Untuk itu, sangat lumrah bagi pelaku bisnis distribusi untuk memberikan diskon ataupun promo bagi pelanggan tetap. Memberikan potongan harga tentunya berdasarkan data transaksi antara pelaku bisnis distribusi dengan pelanggan yang akan diberi promo.


Perlu adanya pencatatan data keseluruhan manajemen distribusi yang lengkap dan terbaru untuk dapat menunjang proses perhitungan bisnis. Mulai dari evaluasi kinerja bisnis distribusi, perhitungan potongan harga bagi pelanggan, arus keuangan perusahaan, hingga perkiraan penjualan perusahaan. Untuk itu, bisnis distribusi perlu menerapkan aplikasi rantai pasok


Dapatkan Solusi permasalahan bisnis distribusi dari Prieds

Sebagai startup penyedia Solusi Rantai Pasok di Indonesia, Prieds Technology menghadirkan software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan sistem WMS dan juga ERP. Beragam fitur dari Aplikasi Rantai Pasok Prieds dapat membantu bisnis distribusi anda untuk melakukan pengelolaan stok barang dan distribusi lebih efisien, efektif dan akurat.


Banyak kelebihan yang ditawarkan dari aplikasi rantai pasok Prieds mulai dari integrasi sistem WMS dengan ERP, ataupun dengan marketplace. Selain itu, penggunaan software ERP Prieds memiliki modul yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan bisnis anda.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi supply chain management dan konsultasikan dengan tim ahli Prieds untuk dapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan Smart Warehouse Management System pada bisnis Anda.

6 tampilan0 komentar