top of page

Ukur Average Order Value dengan Sistem ERP agar Penjualan Meningkat

Diperbarui: 9 Des 2023

Salah satu cara agar bisnis dapat berkembang, yaitu dengan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumennya. Untuk itu perusahaan perlu mengetahui kebiasan dan pola dalam konsumen. Selain mengetahui pola pasar, perusahaan juga membutuhkan data penjualan seperti Average Order Value atau AOV.


Average order value merupakan salah satu tolak ukur yang harus terus diperhatikan dalam melakukan analisa penjualan. Metrik ini dapat memberikan gambaran bagi perusahaan terkait pendapatan yang dihasilkan. Sehingga, memiliki data AOV yang akurat dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnis.


Definisi Average Order Value (AOV)

Average order value merupakan tolak ukur untuk mengetahui nilai rata-rata pada setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Cara menghitung AOV yaitu dengan membagi total pendapatan yang dihasilkan dari seluruh transaksi dengan jumlah transaksi yang dilakukan.


Dengan menghitung average order value perusahaan mendapat informasi penting terkait dengan efektivitas strategi penjualan, kesuksesan kampanye pemasaran, hingga memahami kecenderungan pembelian konsumen. Memiliki nilai average order value yang tinggi dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan bagi bisnis dan meningkatkan loyalitas konsumen sehingga mampu meningkatkan nilai transaksi yang dilakukan.


Manfaat Average Order Value

Manfaat Mengukur Average Order Value

Seperti yang telah disebutkan diatas, melakukan perhitungan average order value memiliki beberapa manfaat bagi performa bisnis dan penjualan produk. Selain itu, berikut beberapa manfaat lain dari melakukan analisa AOV, yaitu :


Penentuan strategi harga

Melalui perhitungan average order value, perusahaan dapat menentukan strategi harga yang optimal agar pendapatan meningkat. Memiliki nilai AOV tinggi, menunjukkan bahwa perusahaan mendapat keuntungan yang optimal. Namun, jika angka AOV rendah, maka perusahaan perlu merubah strategi dengan mempertimbangkan kenaikan harga produk atau menawarkan produk dalam bentuk paket agar transaksi pelanggan meningkat.


Perencanaan stok barang

Selain berkaitan dengan keuntungan perusahaan, menghitung average order value juga dapat membantu perusahaan dalam manajemen stok barang. Berdasarkan nilai rata-rata transaksi, dan juga produk yang sering dipesan, perusahaan akan mampu membuat estimasi jumlah stok barang yang harus dipersiapkan untuk memenuhi setiap permintaan.


Optimalisasi kampanye pemasaran

Memanfaatkan data average order value, perusahaan dapat mengevaluasi dan melakukan optimalisasi efektivitas kampanye pemasaran. Dengan melakukan evaluasi, Bisnis dapat melihat apakah kampanye tertentu telah berhasil meningkatkan nilai transaksi yang dilakukan konsumen dan menyusun strategi pemasaran yang dapat membantu lebih meningkatkan transaksi bagi perusahaan.


Menyusun Perkiraan pendapatan

Hasil perhitungan average order value berguna bagi bisnis untuk menyusun perkiraan pendapatan yang lebih akurat. Dengan gambaran perkiraan pendapatan, perusahaan akan lebih mudah untuk menyusun perencanaan keuangan dan menentukan target penjualan untuk periode tertentu.


Peningkatan keuntungan

Memiliki nilai average order value yang tinggi, menandakan peningkatan pendapatan dan keuntungan perusahaan. Untuk dapat menjaga dan terus meningkatkan average order value, penerapan strategi yang mengarah pada peningkatan nilai transaksi bisa diterapkan. Selain itu, upaya dari segi pemasaran dan faktor lain juga perlu dioptimalisasi guna meningkatkan keuntungan bisnis.


Cara Menghitung Average Order Value

Setelah mengetahui definisi dan manfaat dari average order value, perusahaan perlu mengetahui rumusnya. Menghitung AOV dilakukan dengan membagi total pendapatan yang dihasilkan dari semua transaksi dengan total transaksi. Hasilnya yaitu nilai rata-rata dari setiap transaksi. Berikut rumus dari perhitungannya :


AOV = Total Pendapatan / Jumlah Transaksi


Melihat dari rumus tersebut, maka untuk mendapatkan nilai average order value yang tinggi perusahaan perlu mengupayakan agar setiap transaksi memiliki nilai yang tinggi. Hal ini dapat dilakukan jika perusahaan memiliki produk yang sangat dibutuhkan oleh konsumen atau menerapkan promo tertentu untuk menunjang nilai transaksi yang lebih banyak. Dengan begitu, keuntungan yang didapat perusahaan juga meningkat.


Dapatkan Perhitungan Average Order Value yang Akurat dan Tingkatkan Penjualan Perusahaan dengan ERP Prieds

Dengan adanya teknologi seperti Software ERP, perusahaan akan lebih mudah melakukan evaluasi dan optimalisasi berbagai proses bisnis. Mulai dari kinerja manajemen gudang, proses supply chain, keuangan perusahaan hingga penjualan melalui beragam KPI dan standar.


Salah satu tolak ukur yang penting dalam bisnis dan berkaitan dengan keuntungan, yaitu adalah Average Order Value. Melalui ERP, perusahaan akan mendapat data secara lengkap dan akurat terkait transaksi pesanan serta nilai per transaksi yang masuk. Dari data tersebut, perusahaan dapat menghitung AOV, yang berguna untuk menyusun strategi penjualan yang lebih optimal, agar penjualan produk meningkat.


Salah satu solusi untuk mengoptimalkan proses bisnis melalui perhitungan data seperti Average Order Value yaitu dengan menggunakan ERP pada Perusahaan. Sebagai startup penyedia ERP yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis, Prieds Technology hadir sebagai solusi bisnis melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan ERP Prieds dapat mengoptimalkan berbagai proses manajemen gudang seperti Put Away.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait penggunaan data ERP untuk menghitung average order value bisnis anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem ERP dengan keamanan terbaik, manajemen data yang terpusat dan akurat dengan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan Anda.

108 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page