top of page

Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Jenis ERP On Premise pada Perusahaan

Diperbarui: 9 Des 2023

Di era digital, proses adopsi teknologi sudah banyak dilakukan pada perusahaan untuk meraih efisiensi serta meningkatkan produktivitas. Salah satu contohnya, dengan menerapkan ERP pada manajemen bisnis perusahaan. Penyedia sistem ERP juga semakin banyak ditemukan dan menawarkan beragam jenis ERP, seperti ERP On Premise, ERP berbasis Cloud dan juga ERP Hybrid.


Salah satu dari ketiga jenis tersebut, yaitu ERP On Premise, adalah sistem manajemen sumber daya perusahaan yang dijalankan di infrastruktur IT internal perusahaan. Banyak perusahaan memilih untuk menggunakan ERP On Premise karena sistem ini menghadirkan banyak manfaat seperti mengutamakan keamanan dan kendali penuh terhadap sistem dan data perusahaan, serta dapat menyesuaikan sistem sesuai kebutuhan bisnis perusahaan.


Pengertian ERP on Premise

Pengertian ERP on Premise

Sistem ERP On Premise adalah sebuah sistem manajemen sumber daya perusahaan yang diinstal dan dijalankan di server perusahaan sendiri atau dalam infrastruktur IT internal perusahaan. Dalam sistem ini, perusahaan memiliki kendali penuh atas sistem dan data mereka serta bertanggung jawab untuk memelihara dan mengelola sistem tersebut.


Sistem ERP jenis ini menghadirkan fitur yang lengkap untuk membantu manajemen bisnis seperti mengelola keuangan, akuntansi, produksi, persediaan, hingga manajemen SDM. Selain itu, dengan adanya integrasi yang baik antara modul-modul ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan proses bisnis mereka.


Kelebihan ERP on Premise

Penerapan ERP On Premise menawarkan beberapa kelebihan dibanding jenis lain dalam meningkatkan operasional perusahaan menjadi lebih cepat dan mudah. Berikut adalah beberapa kelebihan dari penggunaan Sistem ERP On Premise :


  1. Kontrol penuh terhadap sistem dan data

  2. Tingkat keamanan sistem yang lebih baik

  3. Biaya implementasi yang rendah untuk penggunaan jangka panjang

  4. Menawarkan kemudahan dalam kustomasi sistem sesuai kebutuhan


Kekurangan ERP on Premise

Meskipun sistem ERP On Premise memiliki tingkat keamanan yang baik dan menawarkan kendali penuh terhadap sistem dan data perusahaan, tentu sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya :


  1. Kebutuhan tim IT internal yang mumpuni

  2. Biaya perawatan relatif tinggi

  3. Akses ke dalam sistem menjadi terbatas


Manfaat ERP on Premise pada Perusahaan

Manfaat ERP on Premise pada perusahaan

Tentunya, penerapan sistem ERP harus berdampak dan bermanfaat bagi manajemen dan operasional perusahaan. Baik dalam bentuk efektifitas kinerja, efisiensi biaya ataupun manajemen yang lebih optimal. Berikut beberapa Manfaat dari penerapan sistem ERP on Premise pada Perusahaan.


Kontrol penuh terhadap sistem dan data

Menerapkan sistem ERP on Premise pada perusahaan dapat memberikan kendali penuh atas sistem dan data yang tersimpan. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengatur dan mengelola data mereka sendiri, serta menentukan siapa yang memiliki akses ke data tersebut. Hal ini memberikan rasa aman dan juga kepercayaan dalam pengelolaan data perusahaan.


Dapat disesuaikan dengan skala kebutuhan

Penerapan ERP on Premise pada perusahaan bermanfaat ketika perusahaan akan melakukan pengembangan bisnis, seperti mengendalikan kapasitas infrastruktur dan perangkat lunak. Oleh sebab itu, hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan sistem dengan kebutuhan bisnis yang berkembang seiring waktu, termasuk peningkatan kapasitas atau pengguna tambahan.


Efisiensi penggunaan biaya

Biaya penerapan ERP On Premise terbilang cukup tinggi diawal, tetapi dalam jangka panjang, biaya pemeliharaan dan pengoperasian dapat lebih rendah jika dibandingkan dengan ERP jenis lain, seperti ERP berbasis Cloud yang perlu membayar biaya berlangganan bulanan atau tahunan.


Integrasi dengan sistem lokal lebih mudah

Sistem ERP On Premise dapat diintegrasikan dengan aplikasi lokal yang digunakan oleh perusahaan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas karena data dapat bergerak dengan lancar antara sistem yang berbeda.


Dapatkan Jenis ERP sesuai Kebutuhan Perusahaan hanya di Prieds.

Penerapan ERP pada perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas sudah banyak dilakukan. Selain itu, vendor penyedia sistem ERP juga semakin beragam dan menawarkan berbagai Jenis ERP seperti ERP On Premise, ERP Cloud ataupun ERP Hybrid yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jika perusahaan ingin memiliki sistem ERP dengan tingkat keamanan yang baik, dan memiliki kontrol penuh terhadap data, maka perusahaan dapat menerapkan Jenis Sistem ERP On Premise.


Sebagai startup penyedia Sistem ERP yang menyediakan sistem pre-build dan kemampuan kustomisasi sesuai kebutuhan, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi pengelolaan dan manajemen perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dari yang ditawarkan ERP Prieds dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan agar pengelolaan dapat dilakukan dengan optimal.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait jenis sistem ERP yang sesuai dengan bisnis anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan sistem ERP dengan keamanan terbaik dan kemudahan penggunan yang sesuai dengan kebutuhan pada perusahaan Anda.

658 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page