top of page

Pentingnya Mengukur Keberhasilan Implementasi ERP pada Perusahaan

Diperbarui: 9 Des 2023

Penerapan teknologi dalam proses bisnis dihadapkan dengan beragam tantangan, terutama jika proses implementasi tidak dilakukan dengan baik dan benar. Beberapa alasan kegagalan penerapan teknologi seperti ERP pada perusahaan yaitu, kesalahan memilih vendor ERP, implementasi teknologi yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis hingga memiliki tenaga kerja yang kurang terlatih.


Kendala tersebut dapat menggagalkan keberhasilan penerapan Software Enterprise Resource Planning (ERP) pada perusahaan. Untuk dapat memastikan keberhasilan implementasi ERP, perusahaan perlu memiliki tolak ukur sebagai patokan keberhasilan. Mengukur keberhasilan penerapan software erp dilakukan saat sebelum implementasi dan setelah proses implementasi.


4 Tolak Ukur Keberhasilan Implementasi ERP pada Perusahaan

Untuk dapat mengukur keberhasilan implementasi ERP, perusahaan perlu memiliki beberapa tolak ukur atau key performance indicators (KPIs) untuk menjadi standar keberhasilan saat proses maupun juga target hasil yang ingin diraih. Beberapa contoh KPI untuk implementasi ERP diantaranya yaitu :

4 Tolak Ukur Keberhasila ERP Perusahaan

Peningkatan Kepuasan Konsumen

Memberikan pengalaman yang baik kepada konsumen berpengaruh pada kesuksesan bisnis. Agar kepuasan pelanggan meningkat, perusahaan perlu menetapkan objektif pada ERP yang memiliki pengaruh pada pelayanan konsumen. Beberapa KPI yang dapat membantu Perusahaan memberikan tingkat kepuasan pelanggan yang baik diantaranya adalah :

  1. Penilaian konsumen

  2. Pengulangan pesanan

  3. Waktu respon

  4. Komplain konsumen

Data tersebut dapat dikumpulkan oleh sistem ERP yang telah diimplementasi. Selain data dari ERP, perusahaan juga bisa membuat survey kepuasan konsumen untuk mendapat feedback yang lebih komprehensif.


Setelah melakukan penilaian pada KPI tersebut, perusahaan dapat meningkatkan performa bisnis dan juga penggunaan sistem ERP yang lebih baik lagi. Dengan begitu, perusahaan dapat memperbaiki dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.



Performa Penjualan yang Baik

Salah satu tujuan implementasi ERP pada perusahaan yaitu untuk mengoptimalkan kemampuan dan mencari peluang pasar untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Perusahaan dapat menentukan KPI untuk mengukur penjualan dan melihat progresnya. Berikut beberapa KPI yang dapat digunakan :

  1. Nilai rata-rata pesanan

  2. Rata-rata margin per penjualan

  3. Persentase penjualan gagal

Tolak ukur diatas dapat dipergunakan perusahaan untuk menentukan dampak inisiatif strategi terhadap peningkatan penjualan, ataupun juga sebagai pertimbangan saat evaluasi, sehingga perusahaan dapat mengambil langkah optimalisasi yang bisa meningkatkan kesuksesan. 


Jika dalam praktiknya penjualan dan margin keuntungan kian meningkat, dan persentase penjualan gagal menurun, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi ERP pada perusahaan berhasil. Namun, jika keadaan yang dialami sebaliknya, maka perusahaan dapat mengidentifikasi kesalahan ataupun kendala pada penerapan ERP dan bisa melakukan optimalisasi.


Produktivitas lebih Optimal

Implementasi software ERP bertujuan untuk merampingkan proses bisnis serta meningkatkan produktivitas perusahaan. Beberapa KPI untuk mengukur produktivitas dengan adanya software ERP diantaranya yaitu :

  1. Transaksi terproses dan order selesai

  2. Jumlah penawaran atau penjualan melalui telepon

  3. Rata-rata pekerjaan yang sudah diselesaikan

Setelah ERP diimplementasikan, staff dapat menjalankan pekerjaannya dengan lebih efisien, mengurangi jenis pekerjaan yang rumit dan memiliki data akurat yang selalu terbarui secara real-time. Produktivitas ini berkaitan dengan kinerja dari staff, yang juga berkaitan dengan seluruh komponen dalam bisnis. Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi baik dari sistem, manajemen tenaga kerja hingga keseluruhan bisnis.


Keuntungan Bisnis Meningkat

Secara ideal, penerapan ERP dapat membantu bisnis untuk berkembang, meningkatkan keuntungan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini dikarenakan implementasi ERP pada perusahaan memiliki beberapa keuntungan berikut :

  1. Mengoptimalkan pengambilan keputusan bisnis berdasarkan data yang terbarui secara real-time

  2. Mempermudah proses evaluasi dan optimalisasi keseluruhan kinerja bisnis

  3. Penerapan teknologi yang lebih hemat biaya dengan fitur beragam

  4. Analisa keuntungan dari operasional, produk atau jasa lebih mudah

  5. Memiliki kontrol dan pemantauan yang lebih menyeluruh pada setiap proses bisnis

  6. Meningkatkan akurasi data saat melakukan forecasting


Tingkatkan Keberhasilan Implementasi ERP sesuai Kebutuhan Perusahaan hanya di Prieds.

Penerapan ERP pada perusahaan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses. Agar proses implementasi berhasil dan memiliki dampak bagi bisnis, perusahaan perlu memiliki tolak ukur sebagai acuan dalam menentukan kesuksesan penerapan ERP. selain itu, dengan memiliki tolak ukur yang jelas, perusahaan dapat menghindari berbagai permasalahan yang menghambat kinerja software ERP.


Sebagai startup penyedia Software ERP yang menyediakan sistem pre-build dan kemampuan kustomisasi sesuai kebutuhan, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi pengelolaan dan manajemen perusahaan melalui integrasi antara hardware dengan software. Beragam fitur dan kelebihan yang ditawarkan ERP Prieds dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan proses implementasi dapat dipantau oleh perusahaan. Sehingga, perusahaan dapat mengukur keberhasilan penerapan ERP.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi ERP yang sesuai dengan bisnis anda melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Tingkatkan keberhasilan implementasi ERP pada perusahaan Anda.

99 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page