top of page

Ukur 5 KPI Proses Produksi Perusahaan secara Akurat dengan Software ERP

Diperbarui: 9 Des 2023

Penting bagi perusahaan manufaktur untuk dapat mengukur seluruh kinerja dari proses bisnisnya. Salah satu elemen penting dalam bisnis yang perlu diukur kinerjanya yaitu Proses Produksi.


Evaluasi terhadap proses produksi perusahaan dilakukan untuk melihat apakah aktivitas produksi berjalan sesuai dengan rencana, atau perlu dilakukan optimasi untuk dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk dapat mengetahui kinerja produksi, perusahaan membutuhkan riwayat data yang akurat. Data tersebut juga dapat digunakan untuk menyusun target pencapaian kedepan.


Pentingnya Mengukur KPI Proses Produksi Perusahaan

Perusahaan perlu mempertimbangkan untuk menerapkan sistem otomatis dalam proses perencanaan melalui integrasi software, seperti Software ERP. Fitur perencanaan produksi dan manajemen pada Software ERP dapat membantu perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh data dan memastikan aktivitas perencanaan produksi perusahaan menjadi transparan dan mudah di akses oleh seluruh pihak terkait. Sehingga, perusahaan tidak lagi bergantung pada catatan atau database yang terpisah akibat proses manual.


Selain itu, melalui implementasi ERP, proses manajemen dan akuntansi yang terintegrasi dapat membantu meningkatkan proses perencanaan dan menghilangkan kesalahan dengan memanfaatkan data real-time tentang pesanan, stok, penjualan, dan keuangan. Dengan perencanaan produksi yang efektif melalui sistem ERP, perusahaan juga dapat lebih mudah dalam melakukan koordinasi tim dan mengatur sumber daya dalam merencanakan waktu tunggu produksi yang tepat.


Ukur 5 KPI Proses Produksi Perusahaan berikut dengan ERP

Mengukur KPI proses produksi perusahaan manufaktur dengan ERP

Terdapat beberapa KPI yang bisa digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja proses produksi perusahaan. Tentunya, dari hasil evaluasi yang dilakukan untuk dapat meningkatkan kinerja agar dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Berikut KPI yang perlu diukur :


Manajemen pesanan

Dengan mengukur manajemen pesanan, perusahaan bisa mengurangi jumlah pengembalian barang yang harus diproses. Salah satu perhitungan yang dapat digunakan untuk mengetahui manajemen pesanan yaitu melalui perhitungan Perfect Order Fulfillment.


Kapasitas produksi

KPI ini membantu perusahaan untuk dapat mengetahui kuantitas yang bisa diproduksi dalam kurun waktu tertentu. Kapasitas produksi yang baik adalah yang memenuhi permintaan, tetapi tidak menyisakan banyak stok inventori. Berikut rumus perhitungannya :


Kapasitas produksi = kapasitas jam mesin / Waktu produksi


Terdapat beberapa faktor dalam perhitungan kapasitas produksi, yaitu :

  1. Kapasitas Jam Mesin, mengukur tingkat kapasitas ini mengacu pada berapa jam karyawan bisa mengoperasikan semua mesin yang ada untuk mereka di unit manufaktur Anda.

  2. Waktu produksi merupakan waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi 1 barang.


Biaya produksi

Untuk dapat mengetahui kinerja proses produksi, perusahaan juga perlu menghitung biaya yang diperlukan untuk melakukan proses produksi. Untuk mengetahui besaran biaya yang dibutuhkan saat proses produksi, dapat menggunakan rumus berikut :


Biaya Produksi = Persediaan bahan baku di awal + pembelian bahan baku baru – bahan baku tersisa di akhir periode


Rasio sisa bahan dari proses produksi

Dalam proses produksi, pasti akan menghasilkan sisa bahan. Agar perusahaan dapat memaksimalkan kinerja produksi, perusahaan dapat meminimalkan sisa bahan dari proses produksi agar dapat menghasilkan profit maksimal. Salah satunya yaitu dengan menentukan limit dari jumlah sisa bahan yang boleh dihasilkan.


Quality Control (QC) dan Quality Assurance (QA)

Penting untuk mengetahui kualitas bahan baku yang disediakan vendor serta yakin bahwa produk anda aman dan sesuai ekspektasi pelanggan. Selain itu, sebelum produk dikirimkan kepada konsumen, perusahaan perlu melakukan kontrol kualitas produk dan memastikan bahwa produk yang dipasarkan memiliki kualitas baik sesuai standar.


Ukur KPI Proses Produksi dan dapatkan Kinerja yang Efisien dengan Sistem ERP Prieds

Proses produksi yang efektif dan efisien dapat membantu perusahaan untuk dapat meningkatkan pemenuhan pesanan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan. Melalui penerapan Software ERP atau enterprise resource planning, perusahaan dapat lebih efisien, cepat dan akurat untuk mengelola keseluruhan proses produksi. Hal ini dikarenakan seluruh proses dapat dipantau melalui satu sistem dengan data yang selalu terbarui secara real-time, sehingga tidak ada proses yang dilakukan secara manual yang rentan terhadap berbagai permasalahan lagi.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi proses produksi perusahaan melalui integrasi software dengan hardware, seperti teknologi IoT dan ERP. Beragam fitur dari Software ERP Prieds dapat membantu berbagai proses seperti pengadaan stok barang atau procurement secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi dan optimalisasi proses produksi melalui software ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kinerja produksi dengan akurat dan efisien pada bisnis Anda.

80 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

תגובות


bottom of page