top of page

Tingkatkan Efisiensi Perencanaan Produksi dengan Penerapan ERP

Diperbarui: 9 Des 2023

Perencanaan produksi merupakan salah satu langkah penting dalam proses manufaktur. Agar perusahaan dapat menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan pasar, tentunya tahap perencanaan menjadi tahap penting yang perlu dipersiapkan dengan berbagai data pendukung, seperti riset pasar, data stok bahan, data riwayat pembelian dan lainnya.


Tentu dalam praktiknya proses produksi tidak terlepas dari berbagai kesulitan, salah satunya pada tahap perencanaan. Perencanaan produksi yang efektif dapat dilakukan dengan bantuan teknologi seperti sistem ERP yang dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kinerja serta mengatasi beberapa tantangan dalam perencanaan produksi.


Tantangan dalam Perencanaan Produksi pada Perusahaan

Perencanaan Produksi dengan ERP

Belum memiliki Manajemen yang Lengkap

Perusahaan skala kecil umumnya memiliki sedikit karyawan, terutama yang berposisi sebagai manajer dalam melakukan rencana produksi. Hal ini tentu akan menimbulkan resiko karena proses operasional bergantung pada satu orang tersebut. Memiliki satu pemimpin atau manajer untuk melakukan perencanaan produksi akan menjadi tidak optimal apabila staff tersebut sedang berhalangan hadir. Hal ini tentu akan berimbas pada keseluruhan proses produksi perusahaan.


Penyusunan Perencanaan yang dilakukan secara Manual

Masih banyak dijumpai, perencanaan produksi yang dilakukan secara manual pada berbagai perusahaan, baik skala kecil hingga besar. Hal ini menjadi tantangan dalam melakukan perencanaan produksi, terutama saat permintaan pesanan meningkat. Kesalahan dalam perencanaan dan proses produksi umumnya terjadi akibat proses yang dilakukan secara manual. Mulai dari pembengkakan biaya operasional, data yang tidak lengkap hingga waktu proses produksi yang terhambat bisa terjadi akibat proses penyusunan perencanaan secara manual.


Memperkirakan Waktu Produksi

Dalam melakukan penyusunan perencanaan produksi, tentu perusahaan membutuhkan data data pendukung agar perencanaan yang dibuat sejalan dengan tujuan perusahaan.Kesulitan lain yang disebabkan oleh proses manual adalah proses produksi menjadi tidak efektif dalam merencanakan siklus produksi dan pada saat pesanan diterima. Proses estimasi mencakup terlalu banyak variabel, sehingga jika dihitung secara manual, pengiriman sebenarnya mungkin memakan waktu lebih dari yang diharapkan pelanggan.


Tingkatkan Efisiensi Perencanaan Produksi dengan ERP

Perusahaan juga dapat mempertimbangkan untuk menerapkan sistem otomatis dalam proses perencanaan melalui integrasi perangkat lunak. Menerapkan sistem ERP dengan fitur perencanaan produksi dan manajemen yang fleksibel dapat membantu perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh data dan memastikan aktivitas perencanaan produksi perusahaan menjadi transparan dan mudah di akses oleh seluruh pihak terkait. Sehingga, perusahaan tidak lagi bergantung pada catatan atau database yang terpisah akibat proses manual.


Melalui ERP, manajemen dan akuntansi yang terintegrasi dapat membantu meningkatkan proses perencanaan dan menghilangkan kesalahan dengan memanfaatkan data real-time tentang pesanan, stok, penjualan, dan keuangan. Dengan perencanaan produksi yang efektif melalui sistem ERP, perusahaan juga dapat lebih mudah dalam melakukan koordinasi tim dan mengatur sumber daya dalam merencanakan waktu tunggu produksi yang tepat.


Dapatkan Perencanaan Produksi yang Efisien dengan Sistem ERP Prieds

Proses supply chain management yang optimal membutuhkan kerjasama antar pihak yang efektif dan efisien. Melalui penerapan Software ERP atau enterprise resource planning, perusahaan dapat lebih efisien, cepat dan akurat untuk mengelola proses supply chain management, salah satunya seperti proses perencanaan produksi. Hal ini dikarenakan seluruh proses dapat dipantau melalui satu sistem dengan data yang selalu terbarui secara real-time, sehingga tidak ada proses yang dilakukan secara manual yang rentan terhadap berbagai permasalahan lagi.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi proses manufaktur melalui integrasi software dengan hardware, seperti teknologi IoT dan ERP. Beragam fitur dari Software ERP Prieds dapat membantu berbagai proses seperti pengadaan stok barang atau procurement secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi perencanaan produksi melalui software ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan proses penyusunan perencanaan produksi dengan akurat dan efisien pada bisnis Anda.

50 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page