top of page

Manajemen Pengadaan Stok Barang lebih mudah dengan Modul ERP Procurement

Diperbarui: 9 Des 2023

Dalam menjalankan supply chain management, perusahaan tentu perlu untuk bekerjasama dengan pihak terkait. Agar proses tersebut dapat berjalan dengan efisien, perusahaan dapat menerapkan Enterprise Resource Planning atau ERP dengan berbagai fitur didalamnya.


Salah satu aktivitas penting bagi perusahaan untuk dapat menciptakan sebuah produk yaitu procurement atau pengadaan stok bahan baku. Sehingga, kerjasama dengan pihak supplier perlu dilakukan dengan baik untuk menjaga kualitas produk, ketepatan waktu pengiriman hingga meningkatkan kepuasan konsumen.


Penerapan ERP pada perusahaan dapat mempermudah berbagai aktivitas supply chain management, salah satunya dengan Modul Procurement. Dengan begitu, proses pengadaan stok barang dapat dipantau dan data stok barang yang telah dibeli dapat diintegrasikan dengan berbagai proses lain dalam perusahaan.


Pengertian Procurement

Procurement atau pengadaan merupakan seluruh aktivitas terkait penyediaan barang atau bahan baku, mulai dari perencanaan, hingga pembayaran dan kontrol kualitas dan kuantitas barang.


Dengan Modul Procurement pada ERP, seluruh aktivitas tersebut terintegrasi dalam satu sistem secara praktis dan kolaboratif, sehingga berbagai divisi terkait bisa bekerja sama secara berkesinambungan dan meningkatkan efisiensi kerja.


Keunggulan Modul Procurement pada Enterprise Resource Planning (ERP)

Keunggulan Modul Procurement pada ERP

Penerapan ERP pada perusahaan dapat menghapuskan seluruh proses yang sebelumnya masih dilakukan secara manual. Salah satu proses yang membutuhkan ketelitian dan pengelolaan dokumen adalah pengadaan stok barang. Dengan Modul Procurement pada ERP, seluruh aktivitas pengadaan dapat dilakukan dengan otomatis pada satu sistem. Selain itu, terdapat beberapa keunggulan lain dari Modul Procurement, yaitu :


Menjaga Jumlah Persediaan Stok Barang

Salah satu faktor penting dalam melakukan produksi, yaitu memiliki persediaan stok barang yang cukup. Melalui modul ini, perusahaan dapat lebih mudah memantau tingkat persediaan stok barang yang dibutuhkan. Sistem akan memberikan peringatan ketika jumlah stok barang pada level tertentu, sehingga sebelum stok barang habis, perusahaan dapat melakukan pengadaan stok.


Optimalisasi Penyerapan Biaya untuk Pengadaan

Melalui data dan riwayat transaksi yang dikelola dengan baik dapat mempengaruhi arus kas perusahaan. Kesehatan keuangan dan penyerapan anggaran biaya dapat dipantau dengan detail serta dapat dioptimalisasi, sehingga perusahaan dapat meningkatkan keuntungan dan pelayanan bagi pengguna akhir.


Memantau Kinerja dari Supplier

Pengadaan stok barang tentu melibatkan pihak lain seperti supplier. Fungsi monitoring pada Modul Procurement membantu perusahaan untuk memantau kinerja vendor atau supplier yang digunakan. Beberapa aktivitas yang dapat dipantau melalui ERP yaitu terkait dengan kualitas barang pesanan, pengiriman, dan ketepatan pada aturan yang sudah disepakati.


Menghindari Terjadinya Penipuan

Aktivitas pengadaan stok barang secara manual rentan terhadap penipuan atau manipulasi data. Melalui Modul Procurement pada ERP, urusan pengadaan barang bisa dilakukan dengan lebih aman dan efisien. Manipulasi data yang terjadi bisa benar-benar ditekan hingga titik minimal, dan bisa benar-benar dihilangkan. Dengan begitu perusahaan dapat meningkatkan kredibilitasnya.


Sistem ERP Prieds Permudah Manajemen Pengadaan dengan Modul Procurement

Proses supply chain management yang optimal membutuhkan kerjasama antar pihak yang efektif dan efisien. Melalui penerapan Software ERP atau enterprise resource planning, perusahaan dapat lebih efisien, cepat dan akurat untuk mengelola proses supply chain management, salah satunya seperti pengadaan stok barang atau procurement. Hal ini dikarenakan seluruh proses dapat dipantau melalui satu sistem dengan data yang selalu terbarui secara real-time, sehingga tidak ada proses yang dilakukan secara manual yang rentan terhadap berbagai permasalahan lagi.


Sebagai startup penyedia Software ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi efisiensi proses manufaktur melalui integrasi software dengan hardware, seperti teknologi IoT dan ERP. Beragam fitur dari Software ERP Prieds dapat membantu berbagai proses seperti pengadaan stok barang atau procurement secara efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi pengadaan stok barang melalui modul Procurement pada ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan solusi proses manufaktur dan beragam keuntungan lain dengan Software ERP Prieds pada bisnis Anda.

54 tampilan0 komentar

Kommentare


bottom of page