top of page

Tentukan Strategi Produk yang Akurat dengan Enterprise Resource Planning

Diperbarui: 8 Jan

Strategi produk merupakan salah satu bagian penting dalam proses bisnis. Penggunaan strategi yang tepat memiliki dampak besar pada keberhasilan penjualan suatu produk. Maka dari itu, dalam melakukan penyusunan strategi produk, perusahaan perlu mengerti solusi yang dibutuhkan oleh konsumennya.


Terdapat beberapa aspek penting dalam strategi produk diantaranya meliputi perencanaan target konsumen, alasan penciptaan produk, dan juga bagaimana produk tersebut akan dipasarkan. Untuk itu, perusahaan perlu mengetahui dengan detail tentang strategi produk.


Apa itu Strategi Produk?

Secara umum, strategi produk dapat dipahami sebagai suatu proses perencanaan dalam mengidentifikasi tujuan dan maksud produk yang akan dijual berdasarkan visi perusahaan. Sehingga perusahaan dapat menyampaikan visi kepada konsumen melalui penciptaan produk tersebut.


Aspek penting dalam Strategi Produk

Aspek Penting dalam Strategi Produk

Untuk dapat menyusun strategi produk yang baik, perusahaan perlu memahami beberapa aspek penting didalamnya, berikut beberapa aspek dalam strategi produk yang perlu dipahami :


Tujuan Produk

Inisiatif merupakan tujuan spesifik yang menjadi dasar perilaku perusahaan. Umumnya, dalam hal ini mencakup berbagai hal yang bisa mempengaruhi pencapaian penjualan, misalkan meningkatkan retensi pelanggan, mendidik pelanggan, menelusuri saluran penjualan baru, atau juga meningkatkan penjualan.


Value Proposition

Value proposition atau proposisi nilai suatu produk pada dasarnya menunjukkan alasan pemilihan yang dilakukan oleh pelanggan.


Dalam hal ini, Anda menguraikan beragam manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan produk terkait, mengidentifikasi masalah apa saja yang berhasil diatasi produk terkait dan juga keunikannya.


Hal ini dapat Anda manfaatkan dalam proses pemasaran, taktik penjualan, maupun pengembangannya agar menjadi lebih baik lagi. Dalam artian, value proposition membantu Anda mengetahui kekurangan ataupun kebutuhan pasar hingga menjelaskan bagaimana produk Anda mampu mengatasinya.


Pricing

Metode penetapan harga juga perlu diuraikan dengan jelas agar perusahaan mampu memperoleh keuntungan dan mendapat modal kembali sehingga biaya operasional produksi pun bisa ditutupi.


Bagian ini meliputi analisis struktur harga, margin keuntungan ideal suatu produk, hingga perkiraan jumlah pelanggan yang bisa dicapai.


Target Pasar

Strategi produk juga mengidentifikasi jangkauan sasaran pasar yang diinginkan dan alasan mereka menggunakan produk Anda.


Dalam hal ini, Anda perlu merincikan atau mengelompokkan siapa saja yang menjadi target pasar Anda beserta penjelasan lainnya mengapa mereka merupakan pelanggan ideal.


Di samping itu, Anda juga wajib memperhatikan faktor lainnya, misalkan kondisi pasar, tingkat kejenuhan, serta kompetitor di dalamnya. Ini dilakukan untuk mengetahui peluang terbaik bagi produk Anda.


Manfaat Strategi Produk

Dibalik memenangkan persaingan pasar serta peningkatan penjualan, terdapat strategi yang tepat terhadap sebuah produk yang diciptakan sebagai solusi atas kebutuhan konsumen. Tidak hanya sekedar unggul dari kompetitor, berikut beberapa manfaat dari penerapan strategi produk yang tepat dalam sebuah bisnis :

  1. Mengetahui kebutuhan konsumen secara mendalam

  2. Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dari perusahaan

  3. Memiliki prioritas penggunaan sumber daya

  4. Menjadi tolak ukur kesuksesan penjualan

  5. Efisiensi proses produksi


Dapatkan Strategi Produk yang Tepat dengan Enterprise Resource Planning Prieds

Untuk dapat menyusun strategi produk yang baik, perusahaan membutuhkan data dari penjualan, produksi, pemasaran hingga pengembalian produk secara lengkap dan akurat. Maka dari itu, Enterprise Resource Planning (ERP) digunakan dalam sebuah perusahaan. Karena dengan kemajuan teknologi seperti ERP, Perusahaan dapat lebih mudah untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk menunjang proses penyusunan strategi produk.


Sebagai startup penyedia Software Enterprise Resource Planning, Prieds Technology hadir sebagai solusi manajemen supply chain melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT, dan software ERP. Beragam fitur dari Software Enterprise Resource Planning Prieds dapat membantu bisnis untuk membuat strategi produk yang tepat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait solusi ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan kemudahan dalam menciptakan strategi produk dan rasakan beragam keuntungan dengan menerapkan Software Enterprise Resource Planning Prieds pada bisnis Anda.

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page