top of page

Optimalisasi Kinerja Software ERP dengan Segmentasi Pasar yang Tepat

Diperbarui: 8 Jan

Salah satu strategi bisnis yang perlu dipahami dan memiliki dampak besar bagi perkembangan bisnis yaitu dengan mengerti segmentasi pasar. Dengan menerapkan segmentasi pasar yang tepat, perusahaan juga dapat terhindar dari beragam faktor yang mengakibatkan kerugian.


Pada dasarnya, segmentasi pasar merupakan sebuah strategi agar perusahaan dapat mengenali target konsumen lebih dalam. Sehingga produk yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan konsumen.


Pengertian Segmentasi Pasar

Seperti yang telah disebutkan diatas, penting bagi perusahaan untuk dapat mengenali konsumen secara detail, agar produk yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan ataupun menjadi solusi yang dibutuhkan oleh konsumen.


Secara umum, Segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, atau perilaku konsumen agar perusahaan dapat mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik.

Manfaat Penerapan Segmentasi Pasar yang Tepat

Manfaat Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar dapat membantu perusahaan untuk lebih cermat dalam mengambil langkah ataupun kebijakan yang berkaitan dengan bisnis. Selain hal itu, berikut manfaat lain dari penerapan strategi pasar yang tepat :


  1. Memberikan pesan kuat dan tepat sasaran kepada konsumen

  2. penyusunan strategi marketing yang efektif

  3. Meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap perusahaan

  4. Memikat konsumen untuk selalu membeli produk yang ditawarkan perusahaan

  5. Mengembangkan produk atau jasa sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh konsumen


Optimalisasi Kinerja Software ERP dengan Segmentasi Pasar

Software ERP dapat berjalan dengan optimal jika didukung dengan kumpulan data yang akurat dan lengkap saat proses implementasi sistem pada bisnis. Salah satu data penting yang dapat menunjang akurasi software ERP yaitu adalah data segmentasi pasar.

Optimalisasi Software ERP dengan Segmentasi Pasar

Hasil data dari segmentasi pasar memuat informasi penting yang berkaitan dengan proses produksi. Perusahaan yang mampu memilah konsumen ke dalam beberapa segmen sesuai dengan produknya, tentu akan dengan mudah meningkatkan kepuasan pelanggan dan penjualan. Karena produk yang diciptakan merupakan sebuah solusi maupun kebutuhan dari kelompok konsumen tertentu.


Selain itu, dari data segmentasi pasar, perusahaan dapat menentukan produk dengan permintaan dalam jumlah besar, sehingga perusahaan dapat melakukan pengadaan sesuai dengan kebutuhan produksi. Sehingga penggunaan biaya menjadi lebih efisien, dan perusahaan dapat mengurangi jumlah stok barang yang tidak diperlukan.


Dari penjelasan diatas, penggunaan data segmentasi pasar yang akurat dan lengkap dapat membantu kinerja software ERP lebih optimal. Seluruh proses perencanaan, pengadaan hingga produksi yang sudah optimal dengan software ERP menjadi lebih efektif dan terarah berkat data akurat dari data segmentasi pasar. Dengan begitu perusahaan akan lebih akurat dalam mengambil keputusan dan melakukan pengembangan bisnisnya.


Gabungkan Software ERP Prieds dengan Segmentasi Pasar yang Tepat agar Bisnis Meningkat

Setiap perusahaan tentu ingin posisi unggul dalam sebuah pasar. Dengan menerapkan segmentasi pasar yang tepat, perusahaan tidak hanya mengetahui permasalahan yang dialami oleh konsumen, akan tetapi juga perusahaan dapat menciptakan solusi yang tepat dan mengetahui kompetitor bisnis dengan akurat. Selain itu, memanfaatkan kemajuan teknologi seperti Software ERP, Perusahaan dapat lebih mudah untuk meningkatkan produktivitas bisnis, dan mengoptimalisasi kinerja meningkatkan penjualan produk.


Sebagai startup penyedia ERP, Prieds Technology hadir sebagai solusi optimalisasi bisnis melalui software yang dapat terhubung dengan hardware melalui teknologi IoT dan software ERP. Beragam fitur dari Software ERP Prieds dapat membantu bisnis menjadi lebih efisien, efektif dan akurat.


Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait ERP melalui konsultasi dengan tim ahli Prieds. Dapatkan hasil data yang akurat serta bisnis yang meningkat dengan menggabungkan segmentasi pasar yang tepat dan Software ERP Prieds pada bisnis Anda.

20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page